Blog post

Tips Sukses Beradaptasi di Tempat Kerja Baru (Part 2)

29/11/2022Dwi

Halo Klobbers!

Dalam artikel sebelumnya, kita telah membahas beberapa tips agar kamu bisa sukses beradaptasi di tempat kerja baru. Nah, sekarang kita akan membahas beberapa tips lainnya yang juga bermanfaat untuk membantu kamu beradaptasi di lingkungan kerja baru. Yuk, simak informasi berikut ini!

Mengatur Skala Prioritas

Saat kamu beradaptasi di lingkungan kerja baru, ada berbagai hal yang perlu kamu pelajari. Misalnya mempelajari budaya organisasi, aplikasi atau sistem yang digunakan dalam bekerja, dan lain sebagainya. Selain beberapa hal tersebut, harap diingat bahwa kamu juga memiliki berbagai tugas yang perlu diselesaikan dengan baik. Oleh karena itu, manajemen waktu yang baik dan mampu mengatur skala prioritas menjadi hal penting.

Manfaatkan waktu yang ada dengan sebaik mungkin untuk belajar berbagai hal baru dan mengerjakan berbagai tugas yang ada. Atur waktu kamu dengan sebaik mungkin dan pastikan kamu tidak melewatkan berbagai deadline yang ada, ya.

Fokus

Saat ini, ada berbagai metode kerja yang diterapkan oleh perusahaan. Ada organisasi yang menerapkan kebijakan WFO setiap hari, WFH, ataupun bekerja secara hybrid. Bagi beberapa orang, WFH menjadi pilihan yang menyenangkan karena kamu bisa bekerja dari rumah sehingga menghemat waktu perjalanan serta ongkos transportasi.

Namun, WFH juga memiliki tantangannya sendiri. Mungkin ada berbagai distraksi, seperti aktivitas dari anggota keluarga lain atau tetangga, pekerjaan rumah yang perlu dilakukan, dan lain sebagainya. Berbagai hal tersebut mungkin akan mengganggu konsentrasi sehingga kamu jadi tidak fokus bekerja.

Jika kamu masuk lingkungan kerja baru dan harus menjalani metode kerja WFH atau hybrid, maka salah satu tantangannya ialah menjaga fokus. Bagaimanapun juga, meskipun sulit, mampu menjaga fokus dalam bekerja menjadi suatu hal yang sangat penting. Kamu harus mampu untuk menangani berbagai distraksi yang ada serta produktif dalam bekerja.

Sikap yang Positif (Positive Attitude)

Adakalanya kamu akan menghadapi suatu tantangan maupun situasi sulit dalam hidup atau pekerjaan. Mungkin saja kamu merasa sedih, kesal, atau kecewa karena suatu hal. Namun, jangan sampai kamu melampiaskannya dengan cara yang agresif atau bahkan melampiaskannya kepada orang lain yang tidak terkait, termasuk rekan kerja.

Bukan berarti kamu tidak boleh merasakan emosi negatif yang menyertai situasi tersebut, tapi ingatlah bahwa kamu juga dituntut untuk bersikap profesional. Dengan demikian, kecerdasan emosional atau emotional intelligence juga menjadi hal penting.

Harap diingat bahwa menunjukkan sikap yang positif menjadi salah satu hal penting untuk dilakukan, terlebih lagi dalam proses beradaptasi di lingkungan kerja baru. Selain itu, menunjukkan sikap yang positif juga dapat membantu kamu mengurangi stres dari situasi sulit yang sedang dihadapi, Klobbers.

Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Semangat dan antusiasme bekerja merupakan hal yang baik. Akan tetapi, jangan sampai lupa menjaga kesehatan fisik dan mental, Klobbers. Jika kondisi kesehatan kamu terganggu, maka akan berpengaruh juga terhadap produktivitas kerja. Oleh karena itu, jagalah kesehatan kamu dengan sebaik mungkin, ya. Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan ialah dengan mengonsumsi makanan sehat serta rutin berolahraga.

Itulah beberapa tips untuk bisa sukses beradaptasi di tempat kerja baru. Meskipun demikian, harap diingat bahwa tidak semua hal bisa berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Mungkin kamu sudah membuat rencana dan berusaha sebaik mungkin, namun ternyata hasilnya tidak sesuai dengan yang dibayangkan. Jika terjadi hal seperti itu, jangan sampai kamu terus-menerus menyalahkan diri sendiri, ya. Jangan lupa untuk bersikap baik terhadap diri kamu, Klobbers.

Memasuki lingkungan kerja baru juga bisa dilihat sebagai langkah yang kamu ambil untuk keluar dari zona nyaman sebelumnya. Selain skill, kamu juga perlu mempersiapkan diri dengan baik. Perlu untuk berpikiran terbuka agar bisa mempelajari budaya organisasi yang baru. Selain itu, diperlukan juga usaha, strategi, dan kesabaran dalam menjalani prosesnya. Semoga informasi ini bermanfaat. Good luck, Klobbers!

Sumber

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.