Blog post

Tips Sukses Beradaptasi di Tempat Kerja Baru (Part 1)

29/11/2022Dwi

Halo Klobbers!

Apakah kamu baru mulai bekerja di suatu perusahaan? Atau mungkin sedang mempersiapkan diri untuk bekerja di tempat baru?

Saat memasuki lingkungan baru, tentunya kamu perlu beradaptasi. Dalam fase tersebut, mungkin ada berbagai kekhawatiran yang kamu rasakan. Misalnya, khawatir apakah kamu akan cocok dengan lingkungan kerja di sana, dapat membangun hubungan baik dengan rekan kerja, atau mungkin khawatir akan berbagai hal lainnya.

Memiliki berbagai kekhawatiran tesebut merupakan hal yang wajar, namun jangan sampai kamu jadi overthinking. Sebaiknya, kamu fokus terhadap hal yang dapat dilakukan saat ini dan mempersiapkan diri untuk beradaptasi di lingkungan kerja baru. Yuk, simak beberapa tips berikut untuk membantu kamu sukses beradaptasi di tempat kerja!

Memperkenalkan Diri

Jika di awal bekerja kamu merasa tidak ingin menjadi pusat perhatian, hal tersebut wajar kok, Klobbers. Akan tetapi, kamu juga perlu mengenalkan diri dan menjalin hubungan pertemanan dengan rekan kerja. Oleh karena itu, carilah waktu yang tepat dan perkenalkan diri kamu pada orang yang baru kamu temui.

Terlebih lagi jika mengenal banyak orang menjadi hal yang esensial terkait pekerjaan kamu, maka kamu juga bisa meminta bantuan pada orang lain. Mintalah bantuan kepada atasan untuk mengetahui berbagai orang yang perlu kamu kenal. Kemudian, kamu bisa meminta agar diberikan waktu untuk bisa mengenalkan diri pada mereka, mungkin saat di awal atau akhir meeting.

Harap diingat bahwa jangan sampai kamu menginterupsi meeting untuk memperkenalkan diri atau berbicara terlalu keras di ruang umum. Berikanlah perhatian pada lingkungan sekitar dan orang lain. Kamu bisa memperkenalkan diri dengan singkat, jelas, dan percaya diri.

Selain itu, jika ada yang mengenalkan dirinya juga dengan kamu, maka berusahalah untuk mengingat wajah dan namanya. Mungkin kamu bisa mencatat nama dan ciri-ciri serta role kerja mereka di handphone atau buku catatan kamu. Namun, jangan sampai hal ini menyulitkan diri kamu sendiri. Apabila kamu lupa namanya, maka kamu perlu bersikap jujur dan minta maaflah dengan tulus.

Mencari Teman

Setelah kamu memperkenalkan diri dan berkenalan dengan rekan kerja, saatnya kamu menjalin pertemanan. Mungkin kamu pernah mendengar tentang pro dan kontra berteman dengan rekan kerja. Meskipun demikian, menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja bisa membantu kamu untuk merasa lebih nyaman dan beradaptasi dengan baik di tempat kerja. Oleh karena itu, carilah teman yang bisa kamu percaya dan membuat kamu nyaman ya, Klobbers.

Kamu bisa terus menjalin koneksi dan membangun networking dengan orang-orang baru di kantor dari berbagai divisi atau departemen, bahkan mungkin anak perusahaan lain (jika ada). Akan tetapi, jangan sampai lupa untuk membangun koneksi dengan tim kamu. Cobalah pahami terlebih dahulu bagaimana karakter dari masing-masing anggota tim dan bagaimana cara berkolaborasi dengan mereka.

Dengan menjalin pertemanan dan memperhatikan orang-orang terdekat, bisa membantu kamu untuk mendapat insight mengenai cara bekerja yang efektif dan efisien, baik saat bekerja sendiri maupun sebagai anggota tim. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan insight mengenai budaya organisasi sehingga bisa beradaptasi dengan lebih baik.

Membangun Kebiasaan Baik

Apakah kamu memiliki kebiasaan lama yang kurang baik dan ingin menghilangkannya? Misalnya, prokrastinasi atau menunda-nunda mengerjakan tugas, datang terlambat, dan lain sebagainya. Jika iya, maka ini salah satu momen yang tepat untuk menghilangkan berbagai kebiasaan kurang baik tersebut.

Memasuki dunia kerja atau lingkungan kerja yang baru dapat diumpamakan seperti membuka lembaran baru. Kamu bisa membuat goals untuk membangun kebiasaan baik dan menjadi individu yang lebih baik dari sebelumnya.

Bisa dengan membuat goals agar kamu selalu datang dan mulai kerja tepat waktu, meminimalisir prokrastinasi, hingga mempelajari berbagai skill baru yang bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kamu. Nah, menghilangkan kebiasaan buruk dan membangun kebiasaan baik tidak hanya bermanfaat untuk membantu kamu beradaptasi di lingkungan kerja baru, namun bermanfaat juga untuk diri kamu sendiri, Klobbers.

Membangun Batasan

Pada saat awal beradaptasi, mungkin kamu mengeluarkan usaha ekstra untuk bisa diterima di lingkungan tersebut. Misalnya, kamu datang lebih pagi dan pulang terlambat demi membantu rekan-rekan kerja yang meminta bantuan terkait project mereka. Sebenarnya, ini merupakan hal yang wajar dan baik apabila kamu ingin menolong orang lain sehingga bisa diterima oleh mereka.

Akan tetapi, jangan sampai kamu jadi kewalahan sendiri ya, Klobbers. Kamu juga perlu membuat batasan agar tetap bisa mengerjakan tugas-tugas yang ada dengan optimal. Harap diingat bahwa membantu rekan kerja yang membutuhkan bantuan merupakan hal yang baik. Namun, sesuaikan juga dengan beban kerja serta kondisi diri kamu, ya. Jangan sampai menjadi yes manyang tidak dapat menolak permintaan bantuan dari siapa pun sehingga membuat kamu kesulitan sendiri.

Nah Klobbers, itulah beberapa tips untuk membantu kamu beradaptasi di tempat kerja baru. Selain beberapa tips di atas, akan ada beberapa tips lainnya juga dalam artikel “Tips Sukses Beradaptasi di Tempat Kerja Baru (Part 2)”. Sampai bertemu di artikel berikutnya, Klobbers. Good luck!

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.