Blog post

5 Hal Sederhana yang Berdampak pada Kesehatan

11/12/2023Dwi

Hi Klobbers!

Apakah kamu pernah memikirkan tentang pola hidup yang dijalani selama ini? Misalnya, apa saja yang kamu konsumsi, apa saja aktivitas yang kamu lakukan, dan lain sebagainya. Mungkin terlihat sepele karena kamu melakukannya setiap hari sehingga menjadi kebiasaan yang sulit dilepaskan. Padahal, belum tentu berbagai hal tersebut baik untuk kesehatan kamu. Kemudian, apa saja hal sederhana yang mungkin kamu abaikan, namun berdampak pada kesehatan? Yuk, simak informasi berikut ini!

Membatasi Minuman Manis

Saat bekerja atau belajar, mungkin akan ada saat di mana kamu merasa lelah dan membutuhkan camilan untuk meningkatkan energi. Bisa mengonsumsi makanan ringan yang asin ataupun manis, seperti coklat dan lain sebagainya.

Apakah ada Klobbers yang hobi mengonsumsi makanan dan minuman manis secara rutin di sela-sela kegiatan sehari-hari? Selain saat sedang lelah setelah beraktivitas, mungkin kamu juga terbiasa untuk memesan minuman dan makanan manis saat sedang berkumpul bersama teman-teman atau keluarga. Bahkan mungkin juga menjadi pilihan utama kamu dalam berbagai kesempatan.

Mengonsumsi makanan atau minuman manis memang terasa nikmat. Namun, coba perhatikan lagi bagaimana kandungan gula yang terdapat di dalamnya, Klobbers. Jika mengonsumsi makanan dan minuman kemasan, mungkin produk tersebut mengandung gula tambahan yang bisa menyebabkan kamu mengonsumsi gula berlebihan. Jika tidak dibatasi, ada berbagai dampak buruk yang bisa terjadi pada kesehatan kamu. Misalnya, risiko meningkatkan berat badan, munculnya jerawat, hingga mempercepat proses penuaan. Oleh karena itu, kamu bisa lebih mencermati kembali kandungan gula dalam makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Salah satu alternatif camilan yang lebih sehat dan bisa kamu lirik misalnya kacang-kacangan dan buah-buahan.

Minum Air Putih yang Cukup

Siapa nih Klobbers yang lebih sering mengonsumsi minuman manis dibandingkan dengan minum air putih? Atau mungkin adakah Klobbers yang jarang minum, termasuk minum air putih?

Saat sedang mengerjakan berbagai aktivitas atau tugas, mungkin kamu akan fokus menyelesaikannya dalam waktu yang cukup lama sehingga melewatkan waktu makan dan bahkan minum. Padahal, mengonsumsi air putih menjadi salah satu kebutuhan utama manusia agar organ tubuh bisa bekerja dengan maksimal. Jika kamu kurang mengonsumsi air putih, maka berisiko mengalami dehidrasi, yaitu kekurangan cairan dalam tubuh yang bisa berdampak negatif pada kesehatan. Oleh karena itu, jangan lupa mengonsumsi air putih yang cukup sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tubuh kamu, Klobbers.

Olahraga

Rebahan memang terasa menyenangkan, namun jangan sampai lupa atau terlalu sedikit bergerak, Klobbers. Jika memungkinkan, kamu bisa menyempatkan waktu untuk berolahraga setiap harinya. Bahkan setelah lelah bekerja, olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, baik kesehatan fisik maupun untuk melepas stres. Lebih lanjut, ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa kamu pilih untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Silakan disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan kemampuan kamu, Klobbers.

Tidur yang Cukup

Harap diingat bahwa istirahat juga menjadi salah satu hal krusial yang dapat memengaruhi kesehatan. Jika kamu mendapatkan tidur yang cukup, maka bisa meningkatkan konsentrasi sehingga produktivitas bisa lebih optimal. Meskipun mungkin sebagian orang tidak terlalu mementingkan waktu tidur, namun jika kurang tidur bisa berisiko memengaruhi performa fisik dan mental. Oleh karena itu, untuk Klobbers yang sering begadang, sebaiknya kurangi atau hindari hal tersebut (jika tidak terlalu penting) dan dapatkan tidur yang cukup. Nah, salah satu tips agar kamu bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas ialah dengan menghindari cahaya lampu yang terlalu terang saat tidur.

Memelihara Hubungan Sosial

Sebagai makhluk sosial, wajar saja jika manusia memerlukan orang lain dalam hidupnya. Koneksi sosial, baik dengan teman, keluarga, atau pasangan bisa memberikan manfaat baik pada kesehatan. Lebih lanjut, terjalinnya hubungan yang sehat dan kuat dengan orang lain juga dapat meningkatkan sistem imun individu. Bahkan, mungkin juga bisa memperpanjang hidup kamu.

Nah Klobbers, demikian informasi seputar beberapa hal yang sepertinya sederhana namun dapat memengaruhi kondisi kesehatan kamu. Memang, dampaknya mungkin tidak langsung dirasakan dalam waktu dekat, namun bisa saja kamu rasakan setelah beberapa bulan atau tahun lamanya. Nantinya, hal ini dapat memengaruhi produktivitas bahkan kualitas hidup kamu. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu memperhatikan lagi apa saja kebiasaan yang kamu lakukan sehari-hari dan bagaimana dampaknya terhadap kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Stay safe and healthy, Klobbers!

Sumber

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.