Blog post

4 Ragam Olahraga untuk Membantu Menghilangkan Stres

03/08/2022Dwi

Halo Klobbers!

Melakukan olahraga secara rutin akan bermanfaat untuk kesehatan kamu. Bukan hanya kesehatan fisik, namun olahraga juga bermanfaat untuk menjaga kesejahteraan diri atau well-being. Nah, tahukah kamu bahwa olahraga juga bisa membantu menghilangkan stres? Mengutip dari Mayo Clinic, berikut ini beberapa manfaat berolahraga:

  • Membantu melepaskan hormon endorfin

Melakukan aktivitas fisik dapat membantu melepaskan hormon endorfin yang berperan untuk menghilangkan rasa sakit alami serta memberikan rasa senang atau bahagia. Kemudian, hormon endorfin juga berfungsi untuk mengurangi stres, depresi, dan rasa cemas. Hormon ini memiliki banyak fungsi penting bagi fisik, bahkan bisa memberikan energi positif dalam diri seseorang.

  • Meningkatkan mood

Melakukan olahraga secara teratur dapat meningkatkan kepercayaan diri, memperbaiki mood atau suasana hati serta membantu kamu untuk lebih rileks. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur yang bisa terganggu karena rasa stres, depresi, dan kecemasan.

  • Membantu lebih fokus

Setelah melakukan latihan fisik seperti berjalan jauh atau berlari, berenang beberapa putaran, mungkin kamu sering menyadari bahwa berbagai gangguan atau rasa kesal yang terjadi di hari itu dapat terlupakan setelah berolahraga. Saat kamu mulai secara teratur melepaskan rasa penat melalui gerakan dan aktivitas fisik serta berfokus pada hal ini, maka kamu bisa menjadi lebih tenang dan fokus dalam segala hal yang dilakukan.

Melihat manfaat dari olahraga yang begitu banyak, apakah kamu menjadi tertarik untuk berolahraga? Yuk, simak beberapa pilihan olahraga berikut ini yang bisa membantu kamu untuk menghilangkan stres!

Latihan Aerobik

Beberapa olahraga seperti lari, menari, dan in-line roller skating dapat meningkatkan denyut jantung. Ketika detak jantung kamu semakin cepat, tubuh akan melepaskan hormon endorfin sehingga kamu dapat merasa lebih baik secara fisik dan mental. Akan tetapi, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk memulai latihan dengan intensitas yang tinggi ya, Klobbers! Hal ini penting agar kamu bisa mengetahui olahraga mana yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan serta riwayat penyakit yang mungkin kamu miliki.

Yoga

Yoga menjadi salah satu latihan untuk menghilangkan stres yang sangat baik. Melakukan yoga, melibatkan serangkaian pose atau postur bergerak dan diam, yang dikombinasikan dengan pernapasan dalam. Yoga merupakan olahraga tubuh dan pikiran untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Jika ingin menghilangkan stres, kamu bisa coba melakukan yoga untuk pemula.

Olahraga Secara Berkelompok

Salah satu cara untuk bisa menghilangkan stres sambil berkumpul bersama orang-orang terdekat ialah melakukan olahraga secara tim atau kelompok, seperti bola basket, sepak bola, tenis, dan lain-lain. Tidak hanya senang karena bisa berkumpul dengan mereka, tapi kamu juga akan mendapatkan manfaat lain, yaitu berolahraga dan melepaskan hormon endorfin. Selain itu, jika kamu berolahraga bersama dengan teman atau rekan, bisa memotivasi kamu untuk berusaha lebih keras agar tetap kompetitif.

Seni Bela Diri (Martial Arts)

Menjalani latihan bela diri (martial arts) menjadi salah satu cara yang efektif untuk bisa melepaskan energi dan stres. Ada beberapa pilihan martial arts, antara lain: pencak silat, judo, karate, tae kwon do, dan lain sebagainya. Selain melatih fisik dan mengurangi stres, olahraga ini juga memiliki manfaat lain, yaitu untuk membantu kamu mempertahankan diri saat menghadapi ancaman  atau bahaya dari orang lain serta melatih kedisiplinan.

Nah, itulah empat macam olahraga yang bisa membantu kamu untuk menghilangkan stres. Berolahraga secara rutin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita, baik fisik maupun mental. Oleh karena itu, sebaiknya sempatkan sedikit waktu untuk berolahraga ya, Klobbers! Harap diingat, sebaiknya kamu juga berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu jika memiliki riwayat penyakit tertentu atau ingin memeriksakan kondisi kesehatan fisik kamu. Hal ini sangat penting agar kamu bisa mengetahui olahraga apa yang tepat dilakukan sesuai dengan kondisi kesehatan kamu.

Jika kamu bingung olahraga apa yang cocok dilakukan di tengah padatnya aktivitas, silakan baca artikel berikut ini yang berjudul “Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan di Tengah Kesibukan”. Untuk kamu yang sedang WFH dan ingin tahu olahraga apa yang dapat dilakukan, silakan baca artikel berikut ini yang berjudul “Ragam Olahraga Ringan untuk Kamu yang sedang WFH!”. Stay safe and healthy, Klobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.