Blog post

Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan di Tengah Kesibukan

15/04/2022Gregorius Yudhistira

Hi Klobbers!

Kesibukan kdalam bekerja kadang bisa membuatmu lupa untuk menjaga kesehatanmu sendiri. Ada baiknya di tengah kesibukanmu, kamu tetap berolahraga agar fisik kamu tetap bugar. Selain itu, berolahraga juga dapat meningkatkan produktivitasmu. Menurut artikel dari Harvard Business Review, olahraga dapat membantumu dengan meningkatkan konsentrasi, ingatan, kemampuan belajar, stamina mental, dan kreativitas, serta merendahkan tingkat stress. Olahraga dalam konteks ini juga tidak perlu terlalu berat seperti berlari, sepeda atau mengangkat barbell. Berikut adalah beberapa olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di tengah kesibukan:

Stretching

Salah satu bentuk olahraga yang paling praktis yang bisa kamu lakukan adalah melakukan peregangan atau stretching. Olahraga ini juga cocok untuk kamu yang seharian kerja sambil duduk di depan laptop kantor kamu. Kamu bisa meregangkan beberapa bagian tubuhmu, mulai dari tangan, punggung, hingga kaki.

Untuk meregangkan tangan, kamu bisa meletakkan tanganmu di atas pangkuan dengan satu telapak telungkup di atas telapak yang terbuka. Lalu, lengan harus membentuk garis lurus dari siku ke siku. Kemudian, geser sedikit kedua tangan, tekuk jari-jari, dan kunci jari-jari tersebut. Tarik sekuat mungkin, tetapi usahakan agar ikatan jari-jari tidak lepas. Sedangkan untuk meregangkan punggungmu, cobalah untuk berdiri sentuh jari  kakimu. Gerakan ini merupakan cara yang baik untuk mengendurkan otot-otot punggung.

Beban Tubuh

Olahraga ringan lainnya yang bisa kamu lakukan di tengah kesibukan kantor adalah olahraga beban tubuh. Bentuk olahraga ini juga cukup sederhana karena bisa kamu lakukan di mana pun tanpa membutuhkan alat-alat tertentu. Dalam olahraga ini, alat yang kamu gunakan hanyalah beban tubuhmu sendiri. Contohnya, kamu bisa melaukan desk push up, dimana kamu melakukan push up menggunakan tumpuan meja kerja. Selain itu kamu juga bisa melakukan sit up atau olahraga beban tubuh lainnya.

Jalan Kaki

Selain dua gerakan di atas, olahraga lainnya yang bisa kamu lakukan juga simple, yaitu jalan kaki. Di luar mudah, jalan kaki juga merupakan olahraga yang bermanfaat. Olahraga ini juga cocok untuk kamu yang kesibukannya adalah duduk di depan laptop dalam waktu yang lama. Jalan kaki juga bisa digunakan sebagai strectching untuk kakimu. Selain itu, jalan kaki juga baik untuk kesehatan jantungmu. Kamu bisa menargetkan juga untuk berjalan misalnya 1000 langkah dalam sehari. Untuk  mendapatkan angka tersebut, kamu bisa berjalan kecil ke halaman kantor apabila kamu sedang WFO, atau ke halaman rumahmu apabila WFH. Namun jangan lupa untuk kembali lagi ke pekerjaanmu ketika sudah selesai jalan ya, Klobbers!

Hand Grip

Olahraga berikutnya yang bisa kamu lakukan sambil bekerja adalah olahraga yang menggunakan alat. Alat pertama yang bisa kamu gunakan sambil bekerja adalah hand grip. Kamu bisa menggunakan hand grip dengan menekannya dengan kepalan tanganmu. Ukuran hand grip yang tergolong kecil membuat penggunaannya sangat praktis. Beberapa jenis hand grip juga memiliki pengaturan berat yang bisa disesuaikan. Dengan ini, kamu bisa melatih lengan dan kekuatan genggamanmu, sembari mengerjakan pekerjaan di kantor.

Angkat Beban

Olahraga dengan alat berikutnya adalah mengangkat beban. Kamu tidak perlu menggunakan beban yang berat. Disarankan kamu menggunakan dumbbell, agar kamu hanya perlu menggunakan satu tangan saja. Kamu juga bisa memilih dumbbell yang tidak terlalu berat. Selain membuat badan tetap aktif, angkat beban juga menjadi cara jitu untuk menjaga kesehatan otot dan meningkatkan kepadatan tulang. 

Itulah beberapa olahraga ringan di tengah kesibukan yang kamu bisa lakukan Klobbers! Mudah dan simple kan? Dengan bacaan ini, semoga kamu bisa mempraktikkan olahraga tersebut ya, agar tetap sehat dan bisa lebih produktif. Salam Klob!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.