Blog post

Tips untuk Membangun Trust dalam Dunia Kerja (Part 1)

26/05/2023Dwi

Halo Klobbers!

Kepercayaan (trust) menjadi salah satu bagian penting dalam komunikasi dan interaksi manusia. Jika tidak ada rasa percaya, maka kamu akan lebih sulit untuk berkomunikasi secara jujur dan terbuka. Nah, hal ini berlaku dalam setiap jenis hubungan, baik hubungan dengan teman, keluarga, bahkan termasuk dalam situasi dunia kerja.

Saat bekerja, tentunya kamu tidak akan sendirian. Kamu perlu bersosialisasi dan berinteraksi dengan rekan kerja dan atasan untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas yang ada. Selain itu, mungkin juga kamu akan berinteraksi dan berbagi informasi atau melakukan aktivitas lain selain bekerja. Artinya, dunia kerja menjadi salah satu lingkungan di mana kamu akan berinteraksi dan membangun hubungan dengan orang lain. Oleh karena itu, trust menjadi salah satu hal penting yang harus terbangun agar bisa menjalani kehidupan kerja dengan lebih menyenangkan. Kemudian, mengapa penting membangun trust di tempat kerja? Bagaimana caranya? Yuk, simak informasinya dalam ulasan berikut ini!

Mengapa Penting Membangun Trust di Tempat Kerja?

Salah satu komponen penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif ialah dengan membangun trust, baik antar rekan kerja atau anggota tim, maupun antara karyawan dengan pemimpin atau atasan. Dilandasi dengan kepercayaan, maka akan lebih mudah dalam menyelesaikan berbagai tugas yang ada dengan tepat waktu. Saat atasan memberi kepercayaan pada karyawannya untuk mengerjakan berbagai tanggung jawab yang diberikan, artinya mereka memiliki keyakinan bahwa karyawannya dapat berkerja dengan efektif dan dapat diandalkan.

Jika karyawan merasa dipercaya untuk melakukan tugasnya, maka produktivitas bisa semakin meningkat karena mereka akan lebih terdorong untuk memenuhi ekspektasi yang diberikan. Lebih lanjut, tempat kerja dengan fundamen kepercayaan yang kuat pada karyawan dapat meningkatkan kerja sama tim, menurunkan level stres, dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih positif dan ramah. Artinya, hal ini akan berpengaruh juga dengan kebahagiaan karyawan di tempat kerja.

Tidak hanya bermanfaat untuk karyawan, namun juga bermanfaat bagi organisasi. Jika suatu organisasi memiliki lingkungan kerja yang positif dengan melibatkan rasa saling percaya antara anggota timnya, maka motivasi dan kinerja pegawai dapat semakin meningkat sehingga kemungkinan organisasi untuk mencapai goal-nya juga semakin besar. Selain itu, kemungkinan pegawai untuk loyal terhadap organisasi juga semakin tinggi.

Apa Arti dari Trust antar Rekan Kerja?

Mungkin Klobbers masih bertanya-tanya, kira-kira bagaimana cara melihat bahwa trust dengan rekan kerja sudah terbangun? Nah, jika demikian, kamu bisa melihatnya dari beberapa tanda berikut ini, yaitu:

  • Dapat merasa aman dan percaya diri ketika perlu berurusan dengan orang lain
  • Mampu memprediksi bagaimana orang lain akan bertindak dan dapat diandalkan oleh orang lain
  • Memiliki kredibilitas yang telah dibangun dari waktu ke waktu

Dari beberapa ciri di atas, dapat dilihat bahwa membangun kepercayaan bisa ditandai dengan orang lain merasa nyaman untuk mengandalkan kamu, merasa yakin dengan kemampuan dan intensi yang kamu miliki, serta termotivasi untuk bekerja sama dengan kamu. Lebih lanjut, kepercayaan yang terbangun dengan baik di tempat kerja akan membantu kamu untuk bisa berkomunikasi dengan lebih efektif. Saat komunikasi berjalan dengan efektif dan terbuka, maka kolaborasi antar rekan kerja akan berjalan dengan lebih baik.

Tips Membangun Trust di Tempat Kerja

Dari pembahasan di atas, dapat dilihat bahwa trust menjadi aspek penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang positif untuk mendukung produktivitas dan kebahagiaan karyawan dalam bekerja. Nah, kepercayaan perlu dibangun antara karyawan dengan atasan serta antara karyawan dengan rekan kerja lainnya. Jika ingin menjalani kehidupan kerja dengan lebih nyaman dan menjalani kerja sama tim dengan lebih baik, maka kamu juga perlu membangun trust dengan rekan kerja dan atasan kamu. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, antara lain:

1. Menepati Janji

Salah satu cara sederhana untuk bisa memperoleh kepercayaan orang lain ialah dengan menepati apa yang kamu katakan. Jika menjanjikan sesuatu, baik berkaitan dengan urusan pekerjaan atau di luar pekerjaan, sebaiknya kamu menepati apa yang sudah dikatakan atau dijanjikan dengan orang lain. Jika kamu tidak menepati janji, maka bukan hal yang mustahil jika kepercayaan yang telah diberikan oleh orang lain kepada kamu akan menjadi rusak atau hilang. Jika demikian, akan lebih sulit untuk dapat membuat orang tersebut bisa mempercayai kamu lagi. 

2. Berkomunikasi dengan Efektif

Cara berikutnya yang bisa dicoba ialah dengan menerapkan komunikasi yang efektif, baik secara langsung maupun melalui email. Saat mengirimkan email, pastikan bahwa kamu mampu memberikan kesan profesional namun isi pesannya tetap mudah dipahami dan bernada ramah. Kemudian, saat berkomunikasi secara langsung dengan orang lain, sebaiknya berikan perhatian penuh dan terapkan kemampuan mendengarkan secara aktif (active listening). Dengan demikian, lawan bicara kamu akan merasa lebih dihargai karena kamu menunjukkan atensi terhadap hal yang disampaikan oleh mereka.

Nah Klobbers, demikian informasi seputar pentingnya membangun trust di tempat kerja serta beberapa tips yang bisa kamu coba. Selain beberapa tips di atas, masih ada beberapa tips lainnya yang akan dibahas dalam artikel part 2. Sampai jumpa dalam artikel berikutnya, Klobbers!

Referensi:

Sumber

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.