Blog post

5 Tips untuk Membantu Kamu Mengelola Stres

09/01/2023Dwi

Halo Klobbers!

Dalam menjalani hidup, kita semua pasti merasakan stres. Baik dalam kehidupan sehari-hari maupun bekerja, pasti ada berbagai kejadian atau peristiwa yang membuat kita merasa kewalahan. Namun, bagaimana jika stres yang dirasakan terasa menumpuk sehingga kamu merasa semakin kewalahan?

Dampaknya ialah dapat memengaruhi kemampuan kamu untuk berpikir dengan jernih, melakukan kegiatan secara efektif, hingga kurangnya kebahagiaan dalam menikmati hidup. Jika demikian, dampak dari stres dapat mengganggu fungsi kamu dalam berbagai kegiatan, baik aktivitas sehari-hari maupun pekerjaan. Kemudian, apa yang dapat kamu lakukan dalam menghadapinya?

Nah, hal yang dapat dilakukan ialah kamu bisa coba untuk mengelola stres yang dirasakan sehingga dampaknya dapat diminimalisir, Klobbers. Dengan mengelola stres secara efektif, kamu bisa melepaskan stres yang dirasakan sehingga menjadi lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih produktif. Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk, simak beberapa tips berikut ini!

Fokus Bernapas

Salah satu cara paling sederhana namun dapat menurunkan tingkat stres kamu ialah dengan memfokuskan diri saat bernapas. Jika dilakukan dengan tepat, teknik bernapas ini dapat menenangkan tubuh dan pikiran kamu dalam beberapa menit, lho. Ada berbagai teknik latihan bernapas yang dapat kamu pelajari, salah satunya ialah sebagai berikut:

  • Tarik napas melalui hidung dan hitung perlahan sampai hitungan ketiga. Kemudian, tahanlah selama satu detik. Setelah itu, hembuskan napas perlahan melalui hidung sambil menghitung sampai tiga lagi.
  • Bernapaslah melalui hidung. Kemudian, bayangkan bahwa kamu menghirup udara yang tenang dan udara tersebut menyebar ke seluruh tubuh kamu. Setelah itu, saat kamu menghembuskan napas, bayangkan bahwa kamu sedang menghembuskan semua stres dan ketegangan yang dirasakan.

Jika ingin lebih fokus, kamu bisa melakukan teknik ini sambil menutup mata. Cara ini juga dapat kamu lakukan di mana saja sebagai teknik relaksasi sederhana dan membutuhkan waktu yang singkat. Lakukanlah beberapa kali sampai kamu merasa lebih tenang ya, Klobbers.

Menggunakan Minyak Esensial

Apakah ada Klobbers yang suka menggunakan minyak esensial? Ternyata, minyak esensial memiliki manfaat untuk meredakan stres, lho. Menggunakan minyak esensial dapat membantu kamu untuk merasa lebih berenergi, lebih relaks, dan fokus terhadap situasi atau momen saat ini.

Melansir dari Hello Sehat, penelitian membuktikan bahwa minyak esensial dapat membantu mengurangi kadar stres, depresi, dan kecemasan pada individu sehingga kamu bisa menjadi lebih tenang dan berpikir jernih. Beberapa jenis minyak esensial yang bermanfaat untuk meredakan stres yaitu lavender, jeruk bergamot, chamomile, dan kenanga.

Melakukan Aktivitas Fisik atau Berolahraga

Selain bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan fisik, melakukan aktivitas fisik atau berolahraga juga bagus untuk menjaga kesehatan mental. Setelah seharian bekerja atau melakukan berbagai aktivitas lainnya, mungkin kamu merasa lelah dan tidak ingin berolahraga. Namun, ada berbagai manfaat olahraga setelah lelah bekerja yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya ialah membantu kamu merasa lebih baik.

Nah, ada juga berbagai ragam olahraga untuk membantu menghilangkan stres yang bisa kamu pilih sesuai dengan preferensi dan kondisi tubuh. Jika kamu tidak sempat olahraga karena membutuhkan banyak waktu atau peralatan, maka cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan ialah berjalan kaki. Berjalan di area sekitar rumah atau tempat bekerja bisa membantu kamu untuk mengubah suasana serta menyegarkan kembali tubuh dan pikiran.

Connect dengan Orang Lain

Jika kamu senang menghabiskan waktu bersama dengan orang terdekat, maka ini bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk meredakan stres. Kamu bisa menceritakan masalah atau hal yang menggangu pikiran dengan orang-orang yang kamu percayai. Namun, harap diingat bahwa sebaiknya kamu tidak berekspektasi jika mereka dapat menyelesaikan sumber stres kamu. Sekadar terhubung dan menikmati waktu bersama orang-orang terdekat yang kamu percaya, bisa membuat kamu merasa lebih relaks, aman, dan dapat dipahami.

Menikmati Waktu Sendiri

Terkadang, salah satu penyebab stres ialah kamu terlalu disibukkan dengan berbagai masalah yang berhubungan dengan orang lain sehingga kurang menikmati waktu yang berkualitas dengan diri sendiri atau “me time”. Padahal, menikmati waktu untuk merawat dan menyenangkan diri merupakan salah satu cara untuk meredakan stres. Oleh karena itu, cobalah luangkan waktu untuk beristirahat dan melakukan berbagai aktivitas yang kamu sukai, seperti melakukan hobi, bermain game, dan lain sebagainya.

Ingatlah bahwa merawat diri sendiri merupakan hal yang sangat penting. Jika kamu bisa meluangkan waktu secara reguler untuk diri sendiri dan menikmatinya, maka akan membantu kamu untuk berada dalam kondisi diri yang optimal. Dengan demikian, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas dengan lebih efektif dan efisien.

Nah Klobbers, itulah beberapa tips untuk membantu kamu mengelola stres. Tidak dapat dihindari, stres merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Hal yang penting ialah kamu berusaha untuk mengelola stres yang dirasakan sehingga tidak hanya terpaku pada masalah atau penyebab stres tersebut. Dengan demikian, kamu dapat menjalani hidup yang lebih seimbang, membagi waktu untuk diri sendiri, pekerjaan, keluarga, dan lain sebagainya.

Mungkin setiap orang akan memiliki cara yang berbeda dalam mengelola stres. Nah, kamu bisa mencoba berbagai tips di atas dan temukan cara apa yang paling efektif bagi kamu untuk mengurangi stres. Namun, jika kamu sudah mencoba berbagai cara tetapi belum ada yang berhasil atau dampak dari stres yang dirasakan semakin mengganggu kehidupan kamu, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk mencari bantuan tenaga profesional, ya. Good luck, Klobbers!

Referensi:

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.