Blog post

4 Makanan untuk Meningkatkan Produktivitas

18/11/2022Dwi

Hi Klobbers!

Makanan merupakan salah satu kebutuhan mendasar manusia. Mengonsumsi makanan yang sehat merupakan hal penting agar tubuh mendapatkan energi untuk bisa beraktivitas. Energi ini yang kita manfaatkan untuk mengerjakan berbagai tugas sehari-hari, seperti berbelanja, belajar, dan bekerja. Jika ingin bisa produktif, tentu saja kamu perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Nah, tahukah Klobbers bahwa makanan yang kamu konsumsi bisa berpengaruh terhadap produktivitas? Ternyata, mengonsumsi makanan yang tepat bisa membantu meningkatkan kinerja otak, motivasi, dan produktivitas individu, lho! Penasaran apa saja? Yuk, ketahui beberapa makanan yang bisa membantu meningkatkan produktivitas kamu!

Ikan Salmon

Salmon merupakan salah satu ikan berlemak terbaik yang bisa membantu meningkatkan produktivitas. Hal ini dikarenakan kandungan omega-3 yang terdapat pada salmon cukup tinggi sehingga bisa meningkatkan daya ingat dan kinerja otak. Selain asam lemak omega-3, salmon juga memiliki kandungan antioksidan di mana keduanya berperan penting dalam memelihara kesehatan otak serta mencegah pikun atau demensia, terutama pada lansia.

Ikan salmon ternyata juga memiliki manfaat untuk memelihara kesehatan jantung. Kandungan omega-3 yang tinggi pada salmon dapat mengurangi peradangan dan mencegah penumpukan plak di dinding pembuluh darah jantung. Selain itu, ikan salmon juga bisa mengurangi gejala depresi dan kecemasan karena memiliki kandungan minyak dan omega-3 yang membantu meningkatkan suasana hati.

Telur

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang mudah ditemukan dan harganya juga cukup terjangkau. Pada pagi hari sebelum memulai aktivitas, sarapan menjadi hal yang penting agar kamu bisa mendapatkan energi untuk melakukan berbagai kegiatan. Jika sedang terburu-buru, telur bisa menjadi salah satu pilihan bahan makanan yang dapat diolah dengan cepat menjadi menu sarapan. Rasanya cukup enak dan gampang diolah sehingga bisa dikreasikan menjadi berbagai menu makanan.

Selain itu, telur memiliki kandungan gizi yang kaya. Putih telur merupakan sumber protein, vitamin B2, B6, B12, dan selenium. Sementara itu, kuning telur mengandung lemak, kalori, kolesterol, dan beberapa jenis mineral. Mengonsumsi telur akan memberikan kamu asupan energi, protein, serta vitamin yang bermanfaat untuk menjalankan aktivitas.

Lebih lanjut, telur mengandung kolin, yaitu zat yang bermanfaat untuk pembentukan memori dan beberapa fungsi otak lainnya. Individu yang mendapat banyak asupan kolin cenderung memiliki kemampuan kognitif dan memori yang lebih baik. Dengan demikian, mengonsumsi telur bisa membantu kamu untuk meningkatkan produktivitas.

Alpukat

Setiap organ di tubuh kita bergantung kepada aliran darah, terutama jantung dan otak. Dengan demikian, jika ingin bisa meningkatkan produktivitas, penting sekali untuk menjaga aliran darah agar tetap lancar. Nah, buah alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang beperan baik dalam melawan kadar kolesterol total dan lemak jahat (LDL), serta meningkatkan kadar lemak baik (HDL) dalam tubuh.

Dengan demikian, manfaat mengonsumsi buah alpukat ialah bisa membantu menjaga kondisi jantung agar tetap sehat sekaligus mengurangi risiko serangan penyakit jantung. Buah alpukat ini bisa kamu konsumsi rutin dengan mengkreasikannya menjadi berbagai menu makanan atau minuman. Misalnya dengan membuat jus alpukat, menjadi campuran pada salad buah atau sayur, dan lain sebagainya.

Beras Coklat

Kebanyakan dari kita mungkin lebih familiar dengan beras putih. Namun, kamu juga bisa mempertimbangkan beras coklat sebagai salah satu pilihan makanan sehat. Beras coklat diketahui kaya akan mineral penting seperti zat besi, magnesium, dan lain sebagainya. Kemudian, beras coklat juga mengandung berbagai vitamin, beberapa di antaranya seperti vitamin B6 dan kalsium.

Tidak hanya itu saja, ada berbagai manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi beras coklat. Antara lain yaitu memperlancar sistem pencernaan, membantu meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol tingkat kolesterol, dan lain sebagainya. Berbagai manfaat tersebut dapat membantu tubuh untuk berfungsi dengan baik. Jika dapat berfungsi dengan baik, maka bisa membantu kamu untuk lebih fokus dan pada akhirnya meningkatkan produktivitas.

Nah, demikian informasi seputar beberapa makanan yang bisa membantu meningkatkan produktivitas. Harap diingat bahwa makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari akan memengaruhi kondisi kesehatan serta produktivitas kita.

Perhatikan juga mengenai kondisi kesehatan tubuh kamu, apakah mungkin ada beberapa bahan makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi atau bisa menimbulkan alergi jika dikonsumsi. Jangan lupa juga untuk memperhatikan batas asupan berbagai makanan ya, agar kamu bisa mendapatkan manfaat baiknya.

Selain itu, mungkin beberapa di antara kamu juga senang mengonsumsi camilan sambil bekerja. Oleh karena itu, penting juga untuk memilih camilan yang tepat agar tetap bisa menjaga kesehatan serta membawa manfaat baik untuk produktivitas kamu sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat. Stay safe and healthy, Klobbers!

Referensi:

Sumber

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.