Blog post

Apa Kamu Sering Skip Sarapan Sebelum Kerja?

01/09/2022Nadine K

Hi Klobbers!

Sarapan adalah bagian penting untuk memulai harimu dengan sehat. Namun, seringkali banyak orang dewasa berpilih melewatkan sarapan dikarenakan sejumlah alasan. Beberapa menyatakan bahwa mereka tidak bisa bangun pagi untuk menyiapkan makanan, ada juga mereka yang berkeluh tidak bisa makan terlalu pagi, banyak juga mereka yang hanya mengatakan bahwa mereka terlalu sibuk dan tidak memiliki waktu. Ada ratusan alasan dibalik mengapa orang memutuskan untuk melongkap sarapan, tetapi apakah itu benar-benar pilihan yang sehat? Sarapan adalah waktu makan yang penting karena serangkaian manfaat yang dapat diberikan untuk hari kamu, terutama bagi karyawan yang akan menghadapi hari kerja menantang. Berikut beberapa alasan mengapa kamu tidak boleh melewatkan sarapan sebagai pekerja.

Energi dan Nutrisi

Ketika tidur tubuh kamu melewati jam-jam tanpa makanan dan harus membakar glukosa yang tersimpan sepanjang malam. Saat bangun di pagi hari, kadar glikogen kamu yang membuat energi sudah rendah. Maka kamu harus sarapan untuk meningkatkan energimu kembali ke level yang cukup hingga metabolisme kamu terjaga seluruh hari. 

Selain itu, sarapan menyediakan sebagian besar dari asupan nutrisi total harianmu. Faktanya, orang yang terbiasa sarapan lebih mungkin untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral harian yang direkomendasikan daripada orang yang tidak. Ini memungkinkan kamu untuk lebih aktif secara fisik di pagi hari serta menjaga energi itu sepanjang hari kerjamu.

Manjaga Berat Badan

Satu lagi alasan umum orang melewatkan sarapan adalah karena mereka berusaha menjaga berat badan. Sebenarnya sebaliknya yang benar. Sarapan sehat secara teratur justru dapat membantu mengontrol berat badanmu. Ini dapat mencegah fluktuasi besar dalam kadar gula darahmu serta mengendalikan nafsu makan kamu. Sarapan juga membuat kamu kenyang sebelum kamu benar-benar lapar, sehingga kamu cenderung tidak mengemil diantara waktu makan.

Meningkatkan Kekuatan Otak

Pernahkah kamu merasa lesu saat bekerja atau mengalami brain fog? Kemungkinan ini karena otak kamu belum menerima cukup energi yang dibutuhkan untuk bekerja. Studi menunjukkan bahwa tidak sarapan dapat mempengaruhi kinerja mental kamu, termasuk rentang perhatian kamu, kemampuan berkonsentrasi dan fokus, serta daya ingatanmu. Ini dapat membuat beberapa tugas terasa lebih sulit daripada biasanya dan menghambat produktivitasmu di tempat kerja.

Mengurangi Risiko Penyakit

Terakhir, tahukah kamu bahwa dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan, mereka yang rutin sarapan cenderung memiliki risiko obesitas dan diabetes tipe 2 yang lebih rendah? Ada juga beberapa bukti bahwa orang yang tidak sarapan mungkin berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Oleh karena itu, pastikan untuk bersarapan sehat setiap hari. 

Jarang ada alasan bagus untuk melewatkan sarapan. Kamu selalu dapat menyiapkannya makanan di malam sebelumnya, atau makan selama perjalananmu ke tempat kerja. Sarapan sehat adalah bagian penting dari rutinitas pagi yang sehat dan dapat membantu menyegarkan kamu sepanjang hari kerja yang sibuk. Mulailah hari kamu dengan makanan bergizi dan rasakan perbedaannya. Tetap sehat, Klobbers!

sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.