Blog post

Tips Mengatasi Kelelahan Saat Bekerja

09/10/2022Rahmat S

Hi Klobbers!

Pernahkah kamu mengalami kelelahan saat bekerja? Atau kamu merasa letih setelah melewati jam kerja yang cukup panjang dan berbagai rentetan tugas yang menumpuk?

Tahukah kamu kelelahan akibat jam kerja yang panjang atau rentetan tugas yang menumpuk dapat meningkatkan risiko cedera dan kecelakaan yang berkontribusi pada kesehatan yang buruk. Beberapa studi menunjukkan bahwa jam kerja yang panjang dapat mengakibatkan peningkatan tingkat stres, kebiasaan makan yang buruk, kurangnya aktivitas fisik dan berbagai penyakit lainnya. Untuk itu, memahami beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kelelahan saat bekerja, dapat membantu kamu meningkatkan produktivitas dan mengurangi risiko kecelakaan di tempat kerja. Yuk, simak beberapa tipsnya disini!

1. Atur Waktu Tidurmu

Kurang tidur dapat meningkatkan risiko kecelakaan dan merupakan salah satu penyebab utama kelelahan saat bekerja di siang hari. Waktu tidur yang disarankan untuk kamu yaitu 7 sampai 8 jam setiap hari agar tubuhmu merasa cukup istirahat. Selain itu cobalah untuk konsisten dengan waktu tidurmu, karena tubuhmu beradaptasi dengan waktu tidur, sehingga jika kamu tidur dan bangun pada waktu yang berbeda sepanjang minggu, kamu mungkin akan merasa lebih lelah dari biasanya. Sedangkan jika kamu tidak mendapatkan tidur malam penuh sebelum bekerja, pertimbangkan untuk tidur siang 10 sampai 30 menit setelah makan siang.

2. Makan Makanan Bergizi

Makan makanan sehat dan tetap berolahraga teratur dapat meningkatkan kualitas tidurmu. Selain itu, sebelum kamu tidur hindari makanan dan minuman yang dapat membuat kamu sulit untuk tidur, seperti minuman yang mengandung kafein, minuman beralkohol, makanan berat, dan nikotin.

3. Olahraga 

Saat kamu lelah, berolahraga menjadi hal terakhir yang ada di pikiranmu. Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat membantu kamu terlihat lebih segar dan semangat untuk bekerja. Kamu dapat mencobanya dengan cara menjauh dari meja kerjamu dan cobalah untuk membuat tubuhmu bergerak. kamu bisa naik dan turun tangga, berjalan menuju ruangan lain atau hanya melakukan peregangan di dekat meja kerjamu!

Sedikit gerakan sangat membantu kamu mengurangi kelelahan.

4. Kurangi Stres

Stres menghabiskan banyak energi. Cobalah untuk melakukan aktivitas santai saat kamu bekerja untuk meningkatkan semangat dan mengurangi rasa lelahmu, seperti mendengarkan musik, membaca buku, atau menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga.

5. Jangan lupa Minum Air

Mengonsumsi air yang cukup dapat meningkatkan konsentrasi sehingga kamu dapat lebih produktif serta mengurangi tingkat kelelahan yang kamu alami saat bekerja. Jumlah yang dianjurkan untuk minum air setiap hari adalah 8 gelas, namun hal ini dapat saja berbeda, tergantung dengan kondisi tubuh dan aktivitas yang kamu lakukan.

Sumber

Sumber

 

 

 

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.