Blog post

5 Metode Unik untuk Menghilangkan Stres

24/08/2022Nadine K

Hi Klobbers!

Apa cara terbaik untuk mengalahkan stres? Seiring bertambahnya usia dan dengan mulai bekerja, tanggung jawab mulai menumpuk dan begitu juga tekanan. Ini pastinya akan menghasilkan peningkatan stres. Meskipun stres sebenarnya bukan hal yang buruk, stres yang berlebihan dapat merusak tidak hanya pekerjaan tetapi juga kesehatan. Pada titik tertentu dalam kariermu, kamu akan dapat mulai mengembangkan metode sehat tersendiri untuk menangani stres. Beberapa metode yang lebih populer termasuk berolahraga, mendengarkan musik, dan mengambil istirahat terjadwal, tetapi juga ada beberapa cara yang lebih tidak biasa atau unik untuk menghilangkan stres yang juga cukup membantu. 

1. Menangis

Tahukah kamu bahwa air mata mengandung sejumlah hormon stres dan bahan kimia lainnya? Seringkali ketika kamu menjadi kewalahan atau terlalu stres, ada penumpukan hormon ini di badanmu, menangis adalah cara yang baik untuk mengeluarkannya. Bahkan jika kamu belum mencapai batas kecemasan, kegugupan, atau agresi kamu, membiarkan diri kamu menangis dapat membantu kamu merasa jauh lebih tenang setelahnya. Perasaan tenang yang kamu dapatkan setelah menangis adalah tubuh kamu kembali ke tingkat stres normal yang lebih sehat. 

2. Bicara Lebih Pelan

Berbicara cepat disertai berbagai respons fisik. Jantung kamu berdetak lebih cepat dan tubuh kamu menegang. Ini adalah gejala stres yang berlebihan dan cukup melelahkan untuk dialami. Sebaiknya, usahakan dengan aktif untuk luangkan waktu untuk berbicara lebih pelan. Ini adalah praktik yang baik untuk mindfulness. Belajarlah untuk fokus kepada momen yang sedang berlangsung untuk menurunkan kecepatan berbicara kamu dan pada akhirnya kamu akan terbiasa dengan berbicara pelan.

3. Makan Sesuatu yang Renyah 

Menurut BioNutritional Research Group, tiga jenis makanan yang membantu menurunkan tingkat stres adalah: serat, protein, dan makanan renyah. Serat membantu kamu tetap kenyang lebih lama, menghilangkan stres yang kamu dapatkan karena dari kelapar. Protein menyediakan bahan bakar untuk otak kamu yang membantu kamu menjalani hari. Makanan renyah memberikan kepuasan mekanis yang menghilangkan ketegangan di rahang dan leher.

4. Menari

Sebuah laporan tentang Seni dan Psikoterapi menunjukkan bahwa menari memiliki efek positif pada kecemasan dan bahkan depresi. Selain itu, mendengarkan musik sambil menari dapat lebih meningkatkan efek ini. Musik dan tarian merangsang otak, melepaskan zat kimia bahagia, dan mengaktifkan jaringan sensorik dan motorik di dalam tubuh.

5. Letakkan Jempol kamu Di Mulut, Dan Tiup

Ini adalah hack tubuh sederhana yang dapat kamu coba untuk menenangkan diri. Di dalam ibu jari terdapat saraf yang dikenal sebagai saraf vagus. Ini adalah saraf terpanjang dalam sistem saraf kranial kamu dan bekerja sebagai jalan raya sensorik. Dengan meniup ibu jari kamu selama tiga detik, dengan mulut tertutup di sekitarnya, kamu merangsang saraf ini untuk mengirim sinyal ke otak untuk melambat.

Apakah kamu sudah melakukan salah satu dari hal-hal ini untuk menghilangkan stres? Apa pun yang kamu lakukan untuk mengatasi stres, baik itu konvensional atau sedikit aneh, teruslah melakukannya selama kamu dapat mengelola stres kamu ke tingkat yang sehat. Jaga diri kamu dan hindari burnout. Tetap sehat dan bahagia, Klobbers!

sumber
sumber

 

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.