Blog post

Tips Menjaga Kesehatan dan Produktivitas Saat Lembur

28/09/2022Dwi

Hi Klobbers!

Selesai atau pulang bekerja dengan tepat waktu menjadi hal yang didambakan sebagian orang. Namun, terkadang tidak dapat dihindari saat-saat kamu harus bekerja lebih lama atau lembur demi berbagai project atau tugas penting yang harus diselesaikan. Ketika lembur, terkadang pola makan, istirahat, dan lain-lain bisa menjadi terganggu. Padahal, kamu tetap harus menjaga kesehatan agar bisa produktif bekerja dan menyelesaikan berbagai tugas dengan baik. Jika demikian, apa nih yang bisa kamu lakukan? Yuk, simak 4 tips berikut ini!

Ingatlah Bahwa Kamu Tetap Perlu Beristirahat

Saat kamu memiliki daftar tugas yang banyak, sangat wajar jika kamu merasa harus tetap fokus sehingga semua pekerjaan tersebut dapat segera diselesaikan. Walaupun begitu, jangan sampai kamu lupa bahwa tetap harus beristirahat sejenak saat bekerja. Hal ini dikarenakan saat kamu fokus bekerja dalam waktu yang lama, tubuh kamu bisa merasa lelah dan mengalami penurunan konsentrasi sehingga mengganggu hasil kerja kamu. Bisa saja kamu mulai salah meng-input data atau salah mengetik kata dalam laporan yang dikerjakan.

Selain itu, jika kamu bekerja menggunakan perangkat teknologi digital (misal: komputer hingga smartphone) dan menatap layarnya terlalu lama bisa menimbulkan masalah eye strain atau ketegangan mata. Beberapa gejalanya antara lain seperti pandangan kabur atau ganda, sakit kepala, sulit berkonsentrasi, dan lain sebagainya. Jika hal ini sampai terjadi, maka akan mengganggu hasil atau kualitas pekerjaan kamu. Akibatnya, bisa saja kamu merevisi pekerjaan tersebut berkali-kali atau malah sampai harus mengulang pekerjaan tersebut. Jika demikian, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu tugas bisa menjadi lebih lama dari yang seharusnya.

Nah, salah satu cara yang bisa kamu coba untuk mengatur waktu kerja dan istirahat ialah dengan mengaplikasikan teknik Pomodoro. Secara singkat, teknik ini membantu kamu untuk fokus bekerja dan beristirahat dalam rentang waktu tertentu, menggunakan bantuan timer. Menerapkan teknik ini bisa membantu kamu untuk lebih produktif dan tetap memiliki waktu istirahat.

Minum Air Putih yang Cukup

Konsumsi air putih yang cukup diperlukan agar kamu bisa berkonsentrasi saat bekerja. Selain itu, ada banyak manfaat lain dari minum air putih saat bekerja, seperti menghindari dehidrasi, mengurangi stres, hingga membantu mencegah penyakit. Oleh karena itu, jangan sampai kamu lupa minum air putih ya Klobbers, meskipun kamu sedang sibuk bekerja bahkan sampai harus lembur. Jika kamu merasa bosan hanya minum air putih, kamu bisa menambahkan potongan buah segar seperti lemon, jeruk, atau apel untuk memberikan sedikit rasa. Harap diingat bahwa menjaga hidrasi tubuh dengan baik tidak hanya memberi manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kamu, tapi juga membantu mengurangi stres.

Berolahraga

Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga menjadi salah satu hal penting yang jangan sampai terlewatkan. Meskipun sedang sibuk bekerja, ada lho beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan di tengah kesibukan. Contohnya ialah melakukan stretching atau mungkin berjalan-jalan sebentar dengan berkeliling kantor, rumah, atau lokasi dimana kamu bekerja. Berolahraga ringan seperti itu akan membantu kamu untuk merelaksasi otot-otot yang tegang setelah duduk dalam waktu yang lama saat bekerja.

Mengonsumsi Snack yang Sehat

Saat bekerja, apalagi sampai lembur, akan mendorong sebagian orang mengonsumsi camilan (snack) untuk menemani bekerja. Apakah ada Klobbers yang relate dengan hal ini? Jika iya, biasanya snack apa sih yang kamu konsumsi? Mungkin ada Klobbers yang suka membeli martabak, pizza, mi instan, junk food, atau makanan lainnya yang tinggi garam atau tinggi lemak. Meskipun makanan tersebut rasanya enak dan penyajiannya cukup cepat, namun jika dikonsumsi secara terus-menerus dapat meningkatkan berat badan kamu secara bertahap.

Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi snack yang sehat untuk membantu meningkatkan energi. Beberapa contoh snack sehat seperti buah pisang, salad sayur dengan sedikit olive oil sebagai seasoning, yoghurt, dan kacang-kacangan (seperti edamame, pistachio, almond) yang dipanggang atau direbus bisa menjadi pilihan untuk menemani kamu lembur. Selain itu, jangan lupa juga mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan sistem imun kamu serta perhatikan juga kandungan kalori dalam setiap snack yang akan dikonsumsi ya, Klobbers.

Nah, itulah 4 tips untuk menjaga kesehatan dan produktivitas di saat kamu harus lembur. Meski kondisi lembur kadang menjadi hal yang tidak dapat dihindari, tapi jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan ya, Klobbers. Menjaga kesehatan, baik fisik dan mental, menjadi hal penting untuk mendukung produktivitas kamu. Stay safe and healthy!

Referensi:

Sumber

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.