Blog post

Manfaat Mengatur Waktu dengan Teknik Pomodoro

05/06/2022Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!
Mengatur waktu adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan agar tetap produktif dalam bekerja. Dalam situasi
work from home, atau sebagai pekerja lepas (freelancer) banyak pekerjaan biasanya dilakukan tanpa pengawasan secara langsung oleh rekan kerja atau atasan. Jika lalai, pekerjaan dapat terganggu dengan hal-hal lain. Selain itu, kita juga suka lupa untuk meluangkan waktu istirahat sehingga tubuh mudah lelah. Untuk mencegah terjadinya hal ini, sebuah teknik time management yang dikenal sebagai pomodoro technique dikembangkan oleh seorang murid di Italia bernama, Francesco Cirillo.

Secara singkat, teknik pomodoro adalah teknik mengatur waktu yang dapat diaplikasikan dalam sederhana. Kamu hanya membutuhkan timer dan pekerjaan yang ingin diselesaikan. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pasang timer selama 25 menit untuk bekerja
  2. Setelah itu, istirahat selama 5 menit
  3. Ulangi siklus kerja selama 25 menit dengan istirahat 5 menit
  4. Setelah mengulang siklus kerja 3 atau 4 kali, silahkan mengganti waktu istirahat menjadi 15 atau 30 menit pada siklus terakhir.

Pada mulanya Francesco Cirillo menggunakan timer berbentuk tomat yang biasanya digunakan di dapur. Oleh karena itu teknik ini disebut dengan pomodoro, yang artinya tomat dalam bahasa Italia. Namun, untuk menerapkan teknik ini, kamu tidak perlu menggunakan timer konvensional. Saat ini, fitur timer tersedia dimana-mana. Kamu bisa menemukannya pada smartphone kamu atau kamu bisa menggunakan video YouTube yang sudah disesuaikan dengan teknik pomodoro sebagai berikut:

Dengan melakukan teknik ini, kamu dapat mengatur waktu kerja serta istirahat dengan baik. Menurut linkedin kamu juga akan mendapatkan beberapa manfaat saat menerapkan teknik Pomodoro. Manfaat tersebut antara lain:

1. Merasa lebih produktif

Dengan mengetahui total waktu bekerja, kamu dapat merasa lebih produktif. Selain itu kamu juga dapat mengatur waktu untuk menyelesaikan proyek tertentu. Untuk membuat rencana kerja ke depan, kamu juga dapat menghitung kemungkinan waktu untuk kamu menyelesaikan suatu pekerjaan. Waktu yang kamu gunakan untuk bekerja dengan teknik pomodoro dapat menjadi sebuah data yang bisa kamu ukur sehingga pekerjaan kedepan dapat kamu selesaikan sesuai dengan ekspektasimu. Dengan menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu, rasa percaya diri juga akan meningkat.

2. Membangun Kebiasaan Berencana

Membuat rencana kerja adalah sesuatu yang baik untuk dilakukan setiap hari. Seperti yang telah disebutkan di atas, kamu bisa menggunakan teknik pomodoro untuk menghitung kemungkinan waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan sesuatu. Setiap tahapan dalam mengerjakan suatu pekerjaan bisa kamu ganti dalam format pomodoro. Contohnya, jika kamu ingin membuat konten video kamu bisa membuat dalam bentuk seperti berikut:

  • Membuat ide konten: 2 pomodoro
  • Mempersiapkan alat untuk merekam: 1 pomodoro
  • Merekam konten: 2 pomodoro
  • Mengedit dan merelease konten: 2 pomodoro

3. Mengurangi Interupsi

Selain memiliki rencana, kamu juga butuh melaksanakannya perencanaan dengan baik. Saat bekerja banyak sekali godaan yang dapat mengganggu kemajuan dalam menyelesaikan suatu tugas. Dengan menggunakan teknik Pomodoro, kamu dapat mengalokasikan waktu untuk fokus menyelesaikan tugas tersebut. Kamu akan diajak untuk fokus dalam waktu 25 menit setiap kali bekerja. Dalam waktu singkat ini, kamu bisa menjadi lebih fokus menyelesaikan satu tugas dan menghiraukan gangguan yang ada di sekitarmu sehingga kamu bisa menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Secara efektif pomodoro dapat mengurangi multitasking sehingga pekerjaan terselesaikan lebih maksimal.

4. Meningkatkan Motivasi

Karena motivasi rendah, biasanya memulai pekerjaan menjadi sebuah hal yang sulit. Namun, dengan mengetahui bahwa kamu hanya perlu bekerja dalam waktu yang singkat, beban bekerja akan terasa lebih ringan. Ketika memulai, kamu pun akan menjadi lebih terbiasa. Selain itu, kamu bisa mencoret daftar pekerjaan kamu setelah menyelesaikan satu siklus pomodoro saat bekerja. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih produktif. Dengan adanya waktu istirahat diantara setiap sesi, kamu tidak akan merasa mudah lelah karena bekerja tanpa henti. Kamu dapat menggunakan waktu istirahat itu untuk berolahraga singkat, berjalan sekitar tempat kerja, menonton video singkat, meditasi, atau hal-hal lain yang kamu nikmati yang dapat mengurangi stress.

Kunci sebuah kesuksesan adalah mengatur waktu yang baik. Jika kamu berhasil mengatur waktu dengan baik, setiap tugas yang diberikan padamu akan selesai dengan lebih maksimal. Teknik pomodoro adalah teknik sederhana yang bisa membantu dalam mengatur waktu lebih baik lagi. Yuk manfaatkan teknik pomodoro sehingga kamu bisa menjadi lebih produktif dalam bekerja. Selamat mencoba Klobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.