Blog post

Yuk Intip Tips Berhemat Setelah Kamu Resign!

24/07/2022Gregorius Yudhistira

Hi Klobbers!

Mungkin saat ini ada beberapa Klobbers yang sedang berencana atau sudah resign. Kamu bisa saja resign karena ingin mencari karier baru, atau karena tidak betah dengan pekerjaanmu sekarang. Apapun alasannya, tentunya dengan resign, kamu menjadi tidak bekerja dan keuanganmu bisa terdampak karena minimnya sumber pemasukan. Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas cara untuk berhemat atau mengatur keuanganmu saat sedang tidak bekerja.

Kurangi Pengeluaran yang Tidak Penting

Memotong pengeluaran yang dirasa tidak penting bisa menjadi awal dalam mengatur keuanganmu saat tidak bekerja. Di luar kebutuhan pokok, coba kurangi pengeluaran yang kurang diperlukan. Misalnya nih, kamu dulu berlangganan layanan film, ke salon secara bulanan, atau selalu membeli video game terbaru. Mungkin sekarang akan lebih baik kalau kamu menghentikan atau mengurangi pengeluarn untuk hal-hal tersebut.

Kamu juga bisa mengurangi pengeluran yang biasanya kamu gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Mulai dari makanan hingga transportasi, kamu bisa berhemat dengan cara yang akan dijelaskan di bagian selanjutnya.

Membuat Makanan Sendiri

Mungkin kamu terbiasa membeli makanan melalui aplikasi online, atau datang ke restoran. Tapi saat kamu sedang minim pemasukan karena tidak bekerja, akan lebih baik jika kamu membuat makananmu sendiri.

Meskipun membuat makanan sendiri bukan berarti kamu langsung terbebas dari pengeluaran di bagian konsumsi, membeli bahan mentah dan memasaknya sendiri akan menjadi lebih murah dibandingkan dengan membeli makanan jadi. Tidak menutup kemungkinan juga untuk kamu jadi menemukan kesenangan atau bahkan potensi baru dalam memasak!

Gunakan Sepeda atau Transportasi Umum

Tadinya mungkin kamu selalu berpergian menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, atau menggunakan transportasi online. Tapi saat pemasukan kamu minim karena tidak bekerja, pengeluaran transportasi bisa sangat berarti untuk keuanganmu.

Untuk menghadapi masalah tersebut, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan moda transportasi lain, seperti commuting dengan transportasi umum, ataupun menggunakan sepeda. Selain menghemat, kamu juga berkontribusi mengurangi kemacetan lho Klobbers!

Buat Catatan Keuangan

Seringkali kita lupa darimana saja kita mendapatkan pemasukan, dan untuk apa saja kita melakukan pengeluaran. Bentuk lupa ini bisa membuat kita menjadi lebih boros. Hal ini menjadi lebih berbahaya lagi ketika kita sedang tidak bekerja dan minim pemasukan.

Dengan adanya catatan keuangan, kamu bisa memantau pemasukan yang kamu punya, untuk apa saja kamu melakukan pengeluaran, hingga sisa uang yang kamu miliki. Catatan tersebut akan membantumu untuk lebih berhemat, bahkan bisa membuatmu untuk membuat perencanaan jangka panjang dan juga budgeting.

Melakukan Budgeting

Jika kamu masih memiliki sumber pemasukan seperti uang saku, tidak ada salahnya kamu melakukan budgeting juga. Dengan melakukan budgeting, kamu bisa lebih mengontrol pengalokasian uang yang kamu miliki, dan mengatur cashflow-mu selagi mencari kerja.

Kamu juga bisa melakukan budgeting dengan menerapkan konsep 70/20/10 yang pernah dijelaskan di artikel sebelumnya. Metode ini menggunakan pendekatan spend-save-share, konsep pengelolaan keuangan yang mudah dipahami dan cukup fleksibel. Intinya, dari keuangan yang kamu miliki, kamu bisa menghabiskan 70% untuk kebutuhanmu, 20% untuk ditabung, dan 10% bisa kamu gunakan untuk berinvestasi atau berdonasi. Metode ini juga tidak bersifat mutlak, jadi kamu bisa mengatur persentase dari budgeting itu sendiri.

Melakukan Investasi

Melanjutkan poin di atas, kamu bisa menyisihkan uang yang kamu miliki untuk berinvestasi. Dengan menginvestasikan uangmu, kamu bisa memastikan uang tersebut tidak terpakai untuk hal-hal lain, dan bahkan berpotensi untuk melipatgandakan uang yang kamu miliki.

Ada banyak bentuk investasi yang bisa kamu lakukan, mulai dari reksa dana, saham, hingga emas. Tentunya pastikan kamu mempelajari bentuk investasi yang mau kamu lakukan terlebih dahulu ya! Pastikan juga kamu masih memiliki tabungan sebelum berinvestasi.

Minimnya pemasukan karena kamu sudah resign memang bukanlah hal yang baik. Tapi tentunya kamu bisa mengantisipasi hal tersebut dengan mengatur keuanganmu selagi mencari kerja atau mengisi kekosongan waktumu. Tentunya, kamu juga bisa menggunakan Klob untuk membantumu dalam mencari pekerjaan lho. Dengan Klob, kamu bisa mengenali potensi dalam dirimu, dan mencari pekerjaan yang cocok dengan kamu. Yuk, cari kerja klob dengan Klob!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.