Blog post

Manfaat Event Marketing untuk Mengembangkan Bisnis

09/02/2024Dwi

Halo Klobbers!

Setelah merancang dan mengembangkan suatu produk, ini saatnya kamu memperkenalkan produk tersebut kepada masyarakat. Strateginya pun bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu online maupun offline. Meskipun banyak hal atau kegiatan yang dilakukan secara online saat ini, namun kegiatan offline juga masih cukup banyak digemari, salah satunya ialah event marketing yang dapat digunakan untuk B2B dan B2C. Kemudian, apa saja sebenarnya manfaat event marketing untuk bisnis?

Meningkatkan Brand Awareness

Mengikuti event bisa menjadi kesempatan agar brand kamu lebih dikenal oleh banyak orang. Semakin besar event yang diikuti, maka semakin besar kemungkinan pengunjung yang akan datang. Dengan demikian, semakin besar kemungkinan bahwa brand kamu akan dikenal lebih banyak orang.

Cara ini bisa kamu lakukan apabila baru saja merintis bisnis dan ingin produk kamu mulai dikenal oleh masyarakat. Bahkan jika sudah merintis bisnis dalam kurun waktu tertentu pun, mengikuti event bisa menjadi strategi untuk meningkatkan brand awareness masyarakat. Selain mendengar atau membaca nama brand dalam event, mungkin masyarakat juga akan melihat-lihat atau bahkan mencari tahu lebih dalam mengenai brand dan produk yang dihasilkan.

Kesempatan Mendapat Customer Baru dan Menjaga Relasi dengan Customer Lama

Manfaat berikutnya ialah tentu saja untuk mencari customer yang potensial. Mengikuti event menjadi kesempatan bagi bisnis untuk meningkatkan brand awareness dan menjaring customer baru yang potensial.

Kamu memiliki kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dan lebih dekat dengan masyarakat. Mulai dari memperlihatkan produk yang dihasilkan, menjelaskan produk atau layanan yang diberikan, hingga menjalin relasi sosial dengan calon customer menjadi cara untuk meningkatkan hubungan dengan para pelanggan.

Bagi calon customer baru, mereka akan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Melihat perwakilan dari brand secara langsung dan berinteraksi dengan mereka pun bisa meningkatkan kepercayaan terhadap brand tersebut. Dengan demikian, kemungkinan mendapat customer baru pun akan semakin meningkat. Atau dengan kata lain, dapat mendorong angka penjualan.

Bukan hanya menjaring customer baru, mengikuti event juga bisa menjadi cara untuk terhubung dan memelihara relasi dengan customer lama. Memelihara relasi sosial bisa meningkatkan kemungkinan customer tersebut akan tetap kembali (loyal) pada brand. Kamu juga bisa memberikan penawaran menarik pada customer loyal dan menanyakan feedback mereka untuk meningkatkan produk atau jasa yang diberikan. Dengan demikian, mereka akan merasa lebih puas karena diapresiasi sebagai customer loyal.

Analisis Kompetitor

Selain menjadi salah satu strategi marketing, mengikuti event menjadi kesempatan bagi kamu untuk bertemu dengan kompetitor yang menawarkan produk dan jasa serupa. Kamu bisa menjalin relasi untuk meningkatkan keuntungan bisnis, mengamati bagaimana kualitas produk dan layanan yang diberikan oleh kompetitor, dan mendapatkan insight mengenai bisnis yang dijalankan.

Mungkinkah ada yang perlu kamu tingkatkan lagi, misalnya dari kualitas produk, layanan, dan lain sebagainya? Mungkinkah kamu mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai target customer dari kompetitor dan strategi yang diterapkan? Dengan demikian, kamu bisa mengkaji kembali mengenai target customer dari bisnis kamu sendiri dan bagaimana strategi yang dijalankan hingga saat ini, apakah sudah sesuai atau belum dengan tujuan yang diharapkan.

Pada intinya, melakukan analisis kompetitor bisa memberikan manfaat dalam mempertahankan dan meningkatkan bisnis. Kamu bisa mengevaluasi produk atau jasa yang ditawarkan untuk meningkatkan kualitas serta mendapatkan wawasan agar tetap bisa relevan dengan situasi terkini dan mempertahankan eksistensi di masyarakat.

Nah Klobbers, demikian beberapa manfaat event marketing untuk mengembangkan bisnis. Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Good luck, Klobbers!

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.