Blog post

Yuk, Ketahui Peran Product Management!

22/12/2023Dwi

Hi Klobbers!

Siapa nih Klobbers yang memiliki minat untuk menangani produk dalam suatu bisnis? Produk merupakan hal yang krusial dalam suatu bisnis karena menjadi “barang” yang dipasarkan pada masyarakat. Nah, urusan yang berkaitan dengan produk dari suatu organisasi biasanya ditangani oleh bagian product management. Apakah Klobbers familiar dengan peran ini? Yuk, simak informasi berikut ini!

Apa itu Product Management?

Product management merupakan bagian dari organisasi yang berperan untuk menangani produk perusahaan dengan tugasnya mencakup perencanaan dan pengembangan produk baru, produksi, penetapan harga, hingga pemasaran. Product management juga memiliki peran untuk mengembangkan produk yang lebih lebih baik atau bahkan berbeda dari produk yang sudah diciptakan oleh perusahaan saat ini. Bukan hanya merancang atau mengembangkan produk, namun juga perlu memastikan bahwa produk tersebut bernilai atau sesuai dengan kebutuhan target market-nya.

Jika dapat dirangkum, product management berperan untuk mengoordinasikan semua tugas yang diperlukan agar bisa membawa sebuah produk dari tahap konsepsi hingga meluncur ke pasar. Agar dapat mewujudkan hal tersebut, tidak jarang mereka melakukan analisis kebutuhan pasar, permintaan pelanggan, dan analisis produk kompetitor. Kemudian apa saja sih sebenarnya peran project management? Nah, beberapa peran atau tanggung jawabnya antara lain yaitu:

  • Melakukan market research untuk memahami pelanggan dan produk yang ditawarkan oleh kompetitor
  • Mengembangkan strategi untuk membuat produk baru sesuai dengan goals dari perusahaan, kebutuhan pelanggan, dan pengaruh eksternal lainnya
  • Membuat rencana produk dan mengomunikasikannya pada para pemangku kepentingan, termasuk tim pengembangan produk dan jajaran eksekutif perusahaan
  • Memastikan bahwa rencana (roadmap) dari suatu produk sudah berjalan sebagaimana mestinya atau direvisi sesuai dengan kebutuhan
  • Melakukan koordinasi proses pengembangan produk kepada berbagai tim yang terkait

Apa Skill yang Diperlukan agar Product Management Berjalan Efektif?

Nah, berikut ini beberapa skill yang diperlukan agar bisa menjalankan peran product management secara efektif, antara lain:

  • Komunikasi menjadi salah stau skill yang penting karena product management bertugas untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak lain yang terlibat dalam proses pembuatan dan pengembangan produk. Bukan hanya mampu berkomunikasi secara efektif, namun juga harus mampu menerapkan active listening, public speaking, dan memiliki kemampuan menulis yang baik.
  • Kepemimpinan (leadership). Kepemimpinan diperlukan agar bisa memberikan arahan, mendorong terjadinya kolaborasi antar tim, dan memfasilitasi komunikasi lintas divisi secara efektif. Misalnya, tim sales, marketing, engineer, dan berbagai divisi lain yang berkaitan dengan proses pengembangan produk.
  • Problem-solving. Dalam setiap tugas terkadang bisa ada masalah tidak terduga atau tantangan yang muncul dan harus segera diatasi, termasuk dalam proses pengembangan produk. Masalah yang terjadi pun bisa beragam, mungkin masalah internal ataupun eksternal. Terlepas dari masalah apa yang terjadi, kemampuan problem solving diperlukan agar semua kendala tersebut bisa diselesaikan dengan cara yang efektif.
  • Kreativitas. Zaman semakin berkembang dan teknologi semakin maju sehingga akan memunculkan berbagai produk baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Terlebih lagi mungkin sudah ada kompetitor yang menyaingi produk dari suatu bisnis. Sementara itu, product management juga memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan produk yang sudah ada atau bahkan mengembangkan produk baru dari suatu perusahaan. Dengan demikian, kreativitas juga diperlukan agar bisa meluncurkan atau mengembangkan produk namun masih tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat terkini. Tidak hanya terbatas pada inovasi terkait produk, namun kreativitas juga bermanfaat dalam memikirkan berbagai strategi untuk menyelesaikan segala tantangan yang muncul dalam prosesnya. Atau bahkan mungkin juga terkait strategi marketing yang akan digunakan dalam memasarkan produk tersebut nantinya.

Nah Klobbers, demikian informasi seputar product management, mulai dari tanggung jawab atau tugasnya hingga skill yang diperlukan. Bagaimana, apakah kamu tertarik dengan proses mengembangkan produk dari suatu perusahaan? Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Stay safe and healthy, Klobbers!

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.