Blog post

4 Peranan Penting Kreativitas dalam Bisnis

06/04/2023Dwi

Halo Klobbers!

Pernahkah kamu berpikir, apa sih hal penting yang diperlukan saat menjalankan bisnis agar dapat terus bertahan? Selain menghasilkan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat, ternyata ada beberapa hal penting lainnya yang diperlukan demi mempertahankan keberlangsungan bisnis yang dijalankan. Salah satunya yaitu kreativitas, Klobbers.

Kreativitas menjadi salah satu modal penting dalam bisnis agar dapat mengembangkan ide-ide baru yang mungkin menjadi gebrakan di masyarakat. Kemudian, situasi yang terus berubah dan berkembang dengan cepat menjadi salah satu tantangan bagi para pebisnis. Mereka perlu memikirkan strategi apa yang paling tepat dan efektif untuk diterapkan dalam menghadapi berbagai kondisi yang terjadi. Oleh karena itu, dibutuhkan kreativitas dalam menjalani bisnis sehingga dapat menemukan solusi atas permasalahan atau tantangan yang dihadapi. Selain itu, apa saja sebenarnya peranan kreativitas dalam bisnis? Yuk, simak beberapa peranannya dalam informasi berikut ini!

1. Mendukung Munculnya Inovasi

Agar dapat dikatakan sebagai hal yang inovatif, ada dua syarat yang harus dipenuhi, yaitu sesuatu yang baru dan bermanfaat. Nah, berpikir kreatif memungkinkan kamu untuk melihat suatu hal dari berbagai sudut pandang yang berbeda sehingga dapat membuat suatu hal yang baru. Jika perusahaan dapat memperdalam ide yang muncul dan menjadikannya sebagai sesuatu yang bermanfaat, maka hal tersebut bisa menjadi sebuah inovasi yang layak untuk diperkenalkan kepada masyarakat. Nantinya, inovasi tersebut akan menjadi pembeda antara produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan dengan kompetitor lainnya.

2. Meningkatkan Produktivitas

Memanfaatkan kreativitas dalam bekerja memungkinkan kamu untuk bekerja cerdas, bukan bekerja keras. Kamu bisa bekerja dengan lebih efisien sehingga dapat menghemat energi dan waktu yang dimiliki namun memberikan hasil kerja terbaik. Dengan demikian, akan lebih banyak juga tanggung jawab atau tugas yang mampu diselesaikan sehingga produktivitas individu akan semakin meningkat.

3. Membantu Bisnis untuk Beradaptasi

Terkadang ada berbagai faktor yang mungkin terjadi dan tidak dapat diprediksi sebelumnya, namun dapat mengganggu kelangsungan bisnis atau mengubah struktur organisasi. Contoh yang baru saja kita alami ialah pandemi Covid-19 yang terjadi secara global. Dampaknya sangat masif dan memengaruhi berbagai sektor. Jika tidak mampu beradaptasi dengan kondisi yang baru, maka bisnis yang berjalan tidak akan sanggup bertahan.

Saat terjadi hal tidak terduga seperti itu, diperlukan kreativitas agar mampu menemukan solusi dari situasi yang dihadapi. Mungkin saja ada berbagai perubahan yang harus dilakukan, mulai dari kebijakan organisasi hingga mengembangkan atau mengubah produk bisnis yang dihasilkan agar dapat beradaptasi dengan situasi saat ini dan mempertahankan keberlangsungan bisnis. Bagaimanapun juga, perubahan merupakan hal yang pasti terjadi dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, solusi kreatif menjadi hal yang krusial untuk mampu beradaptasi.

4. Meningkatkan Kolaborasi

Dalam proses berpikir kreatif diperlukan pikiran yang terbuka (open-mindedness) dan fleksibilitas. Jika karyawan menerapkan berpikir kreatif dalam menjalani pekerjaannya, maka mereka akan lebih mau untuk mendengarkan dan mencoba ide yang diberikan oleh orang lain. Sementara itu, salah satu cara untuk mendorong kreativitas ialah dengan berdiskusi dan berkolaborasi dengan orang lain.

Semakin banyak orang yang memberikan pendapatnya saat sesi brainstorming, maka kemungkinan ide yang muncul akan semakin beragam. Berbagai ide tersebut bisa diseleksi kembali hingga mendapatkan opsi yang paling potensial untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Dengan demikian, dari kolaborasi yang dilakukan dapat mendorong munculnya berbagai ide atau solusi dengan kualitas yang lebih tinggi demi menjaga keberlangsungan bisnis. 

Nah Klobbers, demikian informasi seputar peranan penting kreativitas dalam menjalankan bisnis. Tidak hanya dalam bisnis, kreativitas juga diperlukan dalam berbagai aspek kehidupan, baik dalam kehidupan sehari-hari hingga bekerja. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu ingin berusaha meningkatkan kreativitas karena ini menjadi salah satu skill yang bisa diasah dan dikembangkan, lho!

Apakah kamu tertarik untuk mengembangkan kreativitas diri? Jika ya, ada beberapa tips yang bisa kamu coba dalam artikel berjudul “Ingin Meningkatkan Kreativitas? Ini Tipsnya!” Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Good luck, Klobbers!

Referensi:

Sumber 

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.