Blog post

Kenali 4 Strategi Problem Solving untuk Atasi Masalah

20/02/2023Rahmat S

Hai, Klobbers! Tahukah kamu? Di dunia kerja kemampuan problem solving sangat dibutuhkan, lho. Terutama bagi seorang pemimpin atau manajer. Kemampuan ini sangat berguna apabila kamu didesak untuk mengambil sebuah keputusan bagi keberlangsungan perusahaan yang kamu pimpin. 

Pada dasarnya problem solving merupakan kegiatan mengidentifikasi suatu masalah untuk menemukan solusi yang efektif dalam mengatasi permasalahan tersebut. Ada beberapa teknik problem solving yang dapat kamu gunakan. Yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Analisis Masalah

Strategi paling sederhana yang dapat kamu gunakan dalam memecahkan masalah adalah dengan menganalisa masalah yang muncul. Kegiatan ini berguna untuk mengidentifikasi setiap bagian masalah sebagai upaya menemukan akar permasalahannya, sehingga kamu akan mudah menyelesai permasalahan tersebut satu per satu bagian dari submasalah. Solusi yang didapat dari tiap submasalah akan memberikan solusi secara keseluruhan dari masalah yang dihadapi.

Working Backward (Bekerja Mundur)

Strategi selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah working backward, yaitu sebuah strategi yang merujuk pada peristiwa lampau. Kegiatan ini dapat membantu, jika kamu perlu mengingat kembali peristiwa yang terjadi untuk menemukan akar permasalahan. Sama halnya dengan rujukan sebab-akibat. 

Pemikiran Analogis

Strategi problem solving yang satu ini mengutamakan pengetahuan dan atau pengalaman yang kamu miliki dengan struktur atau permasalahan yang serupa. Strategi ini umumnya digunakan dalam memecahkan masalah yang lebih sederhana dan mendasar.

Gunakan Metode Trial and Error approach

Klobbers, tak ada salahnya jika kamu menggunakan strategi ini untuk memecahkan masalahmu. Dengan mencoba berbagai alternatif solusi, pendekatan trial-and-error sangat berguna. Kamu dapat menggunakan seluruh informasi yang kamu dapatkan dari hasil pendekatan ini untuk menentukan solusi yang paling efektif digunakan.

Itulah 4 strategi problem solving yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah pekerjaanmu. Selamat mencoba, Klobbers!

 

Sumber

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.