Blog post

6 Ide Promosi Bisnismu saat Ramadan untuk Meningkatkan Penjualan

26/03/2023Rahmat S

Hi, Klobbers! Bagi kamu yang memiliki usaha atau bisnis, momen Ramadan ini bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualanmu, lho. Bagaimana caranya? Yuk simak tips ide promosi saat Ramadan untuk meningkatkan penjualan.

Flash Sale di Waktu Tertentu

Siapa yang tak suka Flash Sale? Tentu kebanyakan konsumen sangat menyukai produk-produk Flash Sale karena harga yang ditawarkan jauh lebih murah dari harga asli. Kamu bisa menggunakan waktu-waktu tertentu yang berkaitan dengan Ramadan, seperti saat sahur, ngabuburit, setelah salat tarawih, dan lain sebagainya.

Klobbudies sarankan agar kamu memilih waktu di luar jam ibadah. Pilih waktu-waktu yang luang agar kamu dapat menjangkau lebih banyak orang atau calon konsumen potensial. Durasi flash sale dapat kamu sesuaikan dengan memerhatikan kesediaan sumber daya yang kamu miliki. 

Kode Voucher Khusus Ramadan

Ide promosi selanjutnya adalah kode voucher yang bisa kamu bagikan kepada pelanggan atau konsumen. Kamu bisa menggunakan kode unik yang berkaitan dengan Ramadan, seperti ‘RAMADANHEMAT’, “PUAS4”, dan lain sebagainya. Semakin unik kodenya, orang lain akan semakin tertarik dengan beragam alternatif voucher yang kamu sediakan. 

Cashback Khusus Ramadan

Klobbers, tahukah kamu? memberi insentif atau cashback akan mendorong konsumen untuk terus melakukan pembelian, lho. Ide promosi cashback ini bisa jadi alternatif yang pas untuk meningkatkan penjualanmu. Kamu bisa menggunakan ide promosi ini kepada konsumen dengan menyesuaikan besaran cashback yang sesuai dengan tema Ramadan, seperti menggunakan tahun hijriah atau periode cashback yang dapat dilakukan sewaktu-waktu tertentu di bulan Ramadan.

Buy One Get One

Ide promosi yang satu ini selalu digunakan bahkan bukan hanya pada momen Ramadan saja, lho. Terbukti dengan adanya promosi ini penjualan akan lebih meningkat. Hal ini karena pembeli akan merasa beruntung membayar satu harga untuk dua atau tiga barang yang didapatkan. 

Potongan Harga Bertema Ramadan

Ide promosi lainnya, yaitu membuat potongan harga atau diskon bertema Ramadan. Salah satunya dengan memberikan besaran potongan, seperti potongan Rp30.000 (sama dengan 30 hari Ramadan), atau diskon Rp14.440, Rp144.400 (seperti tahun hijriah). Tidak hanya itu ide potongan lainnya yang bertema Ramadan juga bisa menggunakan diskon 23% (seperti tanggal dimulainya Ramadan, yaitu 23 Maret 2023). 

Klobbers, percayalah strategi semacam ini selalu menjadi daya tarik konsumen di berbagai bisnis atau usaha. Kamu juga bisa menggunakan bantuan selebgram atau influencer untuk mengoptimalkan target pemasaran dengan promosi ini. 

Paket Khusus Sahur atau Buka Puasa

Klobbers, strategi ide promosi yang satu ini bisa kamu coba terapkan, lho. Terutama bagi pemilik usaha food and beverages. Kamu dapat menawarkan harga khusus pada menu sahur atau buka puasa. Tahukah kamu? Konsumen atau pembeli akan merasa lebih hemat daripada membeli terpisah. Hal ini juga akan mempercepat mereka untuk memesan produk makanan milikmu tanpa harus berpikir lama. 

Itulah 6 inspirasi ide promosi yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan penjualanmu selama Ramadan. Selamat mencoba, Klobbers.

 

Sumber

 

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.