Blog post

5 Jenis Strategi Promosi, untuk Tingkatkan Penjualan

20/02/2023Rahmat S

Hai, Klobbers! Apakah kamu sedang merintis usaha barang dan jasa? Jika ya, maka kamu perlu sebuah strategi promosi yang tepat untuk meningkatkan penjualanmu. Klobbers, tahukah kamu? Ada beragam jenis promosi yang biasanya digunakan oleh pelaku usaha dalam memasarkan produk mereka. 

Kegiatan promosi ini bertujuan agar calon pembeli tertarik dengan produk yang kamu tawarkan. Tidak hanya itu, promosi juga membantumu untuk menjangkau konsumen baru, atau bahkan membuat pelanggan lamamu selalu setia dengan beragam inovasi produk yang kamu tawarkan.  Promosi menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam membentuk citra produk sutau brand. Berikut lima jenis strategi promosi yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan penjualan usahamu.

Buy One Get One Free

Strategi promosi Buy One Get One Free ini kerap diminati oleh para pembeli, lho. Kamu bisa memengaruhi pelanggan dengan menawarkan beberapa produk yang tersedia dan pembeli akan mendapatkan satu produk gratis yang telah disiapkan. Baik itu produk serupa atau produk yang setara. Pembeli hanya perlu membayar satu produk dari 2 produk yang didapatkan. 

Giveaway

Kamu mungkin tidak asing dengan istilah giveaway. Seseorang mungkin mengira strategi ini dibuat cuma-cuma untuk memberikan hadiah gratis. Namun, faktanya giveaway secara tidak langsung membuat penerimanya mengenal produk kamu dan memberikan pengalaman menarik terhadap produk maupun usahamu. Hal ini juga dapat meningkatkan engagement  produkmu, lho. 

Kamu bisa membuat sejumlah aturan yang berlaku untuk memenangkan giveaway ini. Jangan lupa untuk libatkan platform digital yang potensial. Tentu ini akan sangat berhasil dalam memasarkan produkmu. Terutama semakin banyak yang akan mengklik media sosial usahamu.  

Sampel Produk

Selain kedua hal di atas, strategi selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah dengan menyediakan produk sampel. Beberapa orang terkadang ragu untuk membeli karena tidak memiliki pengalaman dalam menggunakan atau mencoba produkmu. Adanya strategi ini akan membantu pembeli untuk mendapatkan pengalaman tersebut. Strategi ini juga diklaim dapat membuat calon pembeli mengakui keunggulan produkmu dibanding produk serupa yang di jual di pasaran. 

Diskon

Siapa yang tak suka diskon? Banyak orang tertarik membeli suatu produk karena harganya yang relatif murah setelah mendapatkan diskon atau potongan harga. Strategi ini adalah bentuk kegiatan promosi yang paling umum digunakan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu mencoba jenis strategi ini untuk meningkatkan penjualanmu.

Promo (Tunjangan Gratis)

Selain diskon, kamu juga bisa memberikan promo berupa tunjangan gratis, seperti gartis ongkos kirim suatu produk yang telah dibeli atau fasilitas penunjang lainnya. Strategi ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki usaha online. Kamu bisa menerapkan syarat dan ketentuan yang berlaku agar pembeli dapat menggunakan promo yang telah disediakan. Buatlah pembelimu terkesan dan selalu ingin kembali berbelanja kepadamu.

Nah, Klobbers! Itulah lima jenis promosi konsumen yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan penjualanmu. Berikan kesan yang baik terhadap citra produkmu agar selalu diingat oleh pelanggamu. Selamat mencoba! 

 

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.