Blog post

4 Tips Agar Aman dari Penyakit Maag saat Berpuasa

25/03/2023Rahmat S

Hi, Klobbers! Mulai memasuki awal Ramadan, penting bagimu untuk memperhatikan kondisi kesehatan. Hal ini bertujuan agar kamu tetap produktif dan efektif dalam bekerja, terutama bagi kamu yang memiliki penyakit GERD atau maag.

Berikut ini Klobbudies rangkuman sejumlah tips agar kamu aman dan lancar selama menjalankan puasa di tempat kerja.

Jangan Melewatkan Waktu Sahur

Tips yang pertama bagi pekerja yang menderita GERD adalah wajib untuk sahur. Jangan sesekali kamu melewatkan waktu sahur ya, Klobbers. Hal ini karena melewatkan waktu sahur dapat meningkatkan asam lambungmu naik yang disebabkan oleh kondisi perut yang kosong terlalu lama. 

Jangan Menunda Berbuka Puasa

Selain tidak diperbolehkan melewatkan waktu sahur, bagi penderita GERD juga dianjurkan untuk segera berbuka puasa jika sudah waktunya. Sesibuk apapun kamu saat di tempat kerja, kamu harus menyisihkan waktumu untuk segera berbuka puasa. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyakit GERD-mu kambuh. Kamu bisa mengonsumsi makanan bertekstur lembut dan tidak pedas agar perutmu tidak kaget dan tetap rileks saat menerima makanan. Makanlah pelan-pelan.

Perhatikan Konsumsi Makanan dan Minuman

Hal yang tak kalah penting yang harus kamu perhatikan adalah atur konsumsi makan dan minuman yang masuk ke dalam perutmu. Hal ini berguna untuk memberikan asupan yang tepat bagi penderita GERD.  

Klobbers, tahukah kamu? Puasa secara alami tentu akan meningkatkan level asam lambung, sehingga penting bagimu memperhatikan asupan nutrisi saat berbuka dan sahur, seperti protein, karbohidrat yang baik dan cukup, kebutuhan mineral yang terpenuhi, serta serat yang dibutuhkan agar puasa kamu tetap aman dan sehat.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang harus kamu hindari untuk mencegah penyakit GERD-mu kambuh, seperti makanan yang digoreng, makanan pedas dan asam, minuman yang mengandung kafein, fast food, daging yang berlemak, minuman kemasan dan bersoda. Klobbudies sarankan, kamu minum air putih yang cukup. Hal ini akan membantu proses pencernaan lebih lancar dan menghindari perut kembung, lho. Kamu juga bisa menambah asupan vitamin untuk mencegah GERD agar tidak kambuh.

Jangan Langsung Tidur Setelah Makan

Klobbers, jangan membiasakan langsung tidur setelah dirimu makan atau berbuka puasa, ya. Hal ini untuk mencegah refluks asam lambung dan perut mual serta mulas. Tidurlah 2-3 jam usai makan. 

Itulah 4 tips yang bisa kamu lakukan agar ibadah puasamu lancar tanpa gangguan penyakit maag meski kamu harus tetap bekerja. Selamat mencoba, Klobbers!

 

Sumber

https://www.alinear.id/en/read/fasting-tips-for-gerd-patients-in-ramadan

Berikan Komentar

Your email address will not be published.