Blog post

5 Cara Menyusun Strategi MBO untuk Perusahaan

18/02/2023Rahmat S

Hai Klobbers! Apakah kamu pernah mendengar istilah Management of Objective (MBO)? Bagi kamu para pekerja tentu pernah merasa bahwa terkadang dirimu tidak sejalan dengan tujuan perusahaan. Begitu sebaliknya, padahal kesesuaian antara karyawan dengan perusahaan merupakan suatu hal yang penting. 

Ketidaksesuaian tersebut bisa diatasi dengan sebuah strategi yang disebut Management of Objective (MBO). Tahukah kamu? Strategi ini diklaim mampu meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja, sehingga membantumu mencapai kesesuaian tujuan perusahaan, lho

Management of Objective (MBO) merupakan suatu model strategi yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawan dengan berorientasi pada hasil yang dicapai. Dalam hal ini, karyawan dan pemangku kepentingan di perusahaan sepakat untuk menentukan dan menjalankan tujuan perusahaan secara objektif. Berikut langkah-langkah menyusun MBO untuk perusahaanmu agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Tentukan Tujuan Perusahaan

Klobbers, penting untukmu menentukan tujuan atau sasaran utama perusahaan. Hal ini akan membantumu mengambil langkah-langkah strategis dalam mencapai hasil yang diinginkan, sehingga perusahaan dapat terus melakukan inovasi, dan memiliki potensi kemajuan yang relevan sesuai dengan kemampuan perusahaan, sehingga perusahaan memiliki metrik untuk mengukur kontribusi setiap karyawannya.

Tentukan Tujuan Karyawan

Setelah menentukan tujuan perusahaan, penting sekali untuk menentukan tujuan setiap karyawan. Hal ini untuk menyelaraskan tujuan perusahaan yang nantinya akan dijalankan oleh setiap individu. Pemangku kepentingan dapat menjabarkan detail tugas atau peran setiap anggota dalam mencapai tujuan bersama. Kesepakatan ini tentu akan menghasilkan suatu formula yang baik, jika dikomunikasikan dengan baik. Arti kata lain, perencanaan dalam mencapai tujuan berfokus pada dua pihak yang saling terlibat dengan sama-sama secara objektif melihat potensi individu dan potensi perusahaan untuk berkembang sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Pantau Kinerja dan Perkembangan Karyawan

Setelah mengetahui tujuan perusahaan dan tujuan setiap karyawan. Penting untuk memantau kinerja dan perkembangan karyawan. Hal ini berguna untuk memberikan langkah-langkah alternatif yang dapat mempercepat tujuan perusahaan. Dalam proses yang berjalan akan terlihat adanya keselarasan antara tujuan perusahaan dengan capaian setiap individu. Dengan demikian, dapat diketahui apakah karyawan telah memenuhi sasaran dalam parameter yang ditetapkan perusahaan. Pemangku kepentingan dapat membuat rapat rutin untuk berdiskusi tentang hambatan dan capaian yang telah diraih.

Berikan Umpan Balik

Klobbers, tahukah kamu? Salah satu strategi MBO yang paling penting adalah dengan menerapkan sistem umpan balik antara pemangku kepentingan dan karyawan. Umpan balik dapat membantu setiap orang melihat kontribusi mereka dalam mencapai tujuan bersama tersebut. Hal ini juga membuat individu semakin termotivasi untuk mengembangkan kemampuan profesional mereka, lho

Evaluasi Kinerja Karyawan

Tidak kalah pentingnya dari memberikan umpan balik, yaitu evaluasi kinerja karyawan. Pemangku kepentingan dan karyawan harus membiasakan rapat rutin seminggu sekali untuk memeriksa perkembangan dari tujuan mereka. Evaluasi kinerja secara kontinu akan membantu perusahaan membuat metrik dalam mengukur kemajuan perusahaan di masa yang akan datang. 

Nah, itulah lima cara menyusun strategi MBO agar tujuan perusahaanmu cepat tercapai dan membantu meningkatkan kinerja karyawan. Selamat mencoba, Klobbers.

 

Sumber 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.