Blog post

Metode SMART untuk Menentukan Tujuan Bisnismu!

16/12/2022Rahmat S

Hi, Klobbers! 

Dalam membangun bisnis yang baik tentunya kamu perlu rancangan bisnis yang efektif, terarah, dan terukur sesuai dengan target pasarmu. Untuk itu kamu perlu mengetahui apa yang ingin dicapai, langkah-langkah yang perlu dilakukan, dan waktu yang dibutuhkan. Semua ide ini perlu kamu susun dengan baik dan jelas sebelum kamu memulai bisnismu. Nah pada artikel ini, akan dibahas salah satu metode yang dapat kamu gunakan dalam menyusun tujuan bisnismu, yuk disimak ya!

Metode SMART 

SMART merupakan metode yang digunakan untuk menetapkan tujuan yang tepat yang didasarkan pada lima unsur, yaitu specific (memiliki goal yang terarah dan jelas untuk bisnismu), measurable (adanya tolak ukur keberhasilan bisnis), attainable (gambaran proses pencapaian tujuan bisnismu), relevant (keterkaitan tiap unsur secara keseluruhan), dan time based (patokan waktu untuk setiap langkah). Menggunakan metode SMART dapat membantu kamu menetapkan target yang spesifik dengan tolak ukur dan waktu pencapaian yang realistis, sehingga tingkat keberhasilan bisnismu lebih tinggi. Yuk Klobbers, simak penjelasan setiap langkah dalam metode SMART untuk menetapkan tujuan bisnis yang efektif.  

1. Specific 

Semakin khusus tujuan bisnis yang ingin kamu capai maka semakin terarah langkah yang perlu kamu lakukan. Saran untuk kamu, dalam menetapkan tujuan bisnis kamu perlu membuat tujuan dari umum ke khusus atau goal utama dan sub goal.  Hal ini bertujuan untuk memudahkan dirimu menentukan prioritas yang perlu dilakukan diawal sampai tujuan utama berhasil dicapai dan sebagai gambaran tolak ukur keberhasilan. Dalam menentukan target yang spesifik, kamu dapat menggunakan rumus 5W+1H. Sebagai contoh, bisnis atau industri apa yang ingin kamu mulai?; siapa target pasar bisnismu dan siapa-siapa saja yang terlibat dalam proses pengembangan bisnismu?; kapan kamu ingin memulai bisnismu?; dimana kamu akan memulai bisnismu?; mengapa kamu ingin memulai bisnis tersebut?; dan bagaimana cara kamu untuk memulai bisnis tersebut?. 

2. Measurable 

Perlu kamu ingat bahwa dalam menentukan tujuan bisnis yang baik, kamu harus bisa menentukan faktor-faktor apa yang menjadi tolak ukur keberhasilan dalam perjalanan bisnismu. faktor -faktor tersebut menjadi patokan buat dirimu untuk menilai apakah tujuan bisnismu berjalan dengan baik, terhambat, atau ada yang perlu dievaluasi. Umumnya faktor-faktor ini terwujud dalam bentuk subgoal yang  merupakan bagian dari goal utama. Sebagai pengingat buatmu, kamu perlu memberikan reward setiap subgoal mencapai keberhasilan untuk meningkatkan rasa pencapaian sehingga kamu dan anggota tim dapat lebih produktif. 

3. Attainable 

Pernahkah Klobbers mendengar “bermimpilah setinggi langit, jika engkau jatuh, engkau akan jatuh diantara bintang-bintang”. Memang slogan ini tidaklah salah, namun dalam proses membangun bisnis kamu perlu punya kesadaran diri untuk menetapkan tujuan bisnismu sesuai dengan sumber daya yang kamu miliki dan besar kecil peluang pasar untuk bisnismu. Tujuan bisnismu harus dapat membuatmu termotivasi namun tidak terlalu sulit untuk dicapai.  Kamu perlu untuk melakukan analisis SWOT untuk mengetahui kelebihan, kekurangan, peluang, dan ancaman dalam perkembangan bisnismu. Sehingga kamu menemukan cara untuk mempertahankan kelebihan, memperbesar peluang, serta memperkecil kelemahan dan ancaman yang ada. 

4. Relevant

Membangun sebuah bisnis, tentunya kamu ingin bisnis tersebut bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Bagaimana cara mengetahuinya? Kamu perlu menilai apakah tujuan bisnismu selaras dengan nilai dan keinginan yang ingin kamu wujudkan di masa depan. Cobalah untuk mengambil waktu sendiri untuk merenung, apakah tujuan bisnismu sangat penting untuk direalisasikan? Seberapa besar manfaat yang akan kamu dan orang lain dapatkan dari tujuan bisnis tersebut? Apakah ini waktu siap buat memulai bisnis? Atau bahkan kamu perlu untuk menanyakan pada diri sendiri apakah kamu adalah orang sesuai untuk menjalankan rencana bisnis tersebut. Kamu harus tahu jawaban dari semua pertanyaan itu, sebelum memulainya. 

5. Time based

Penetapan tujuan bisnis tidak akan jauh dari waktu yang diperlukan. Tujuan tanpa waktu yang jelas hanya akan tertunda terus-menerus. Kamu perlu untuk menetapkan tenggat waktu untuk setiap tujuan bisnis yang ingin kamu capai. Memang terdengar sepele, namun hal ini sangat penting, dengan tenggat waktu kamu dapat membuat skala prioritas untuk pencapaian setiap tugas. Tenggat waktu yang efektif perlu ditinjau secara realistis, pertimbangkan seberapa besar upaya yang diperlukan dalam menyelesaikan setiap tugas. Selain itu jangan lupa selalu berikan waktu tambahan untuk mengantisipasi hal-hal terduga dan lakukan evaluasi setiap penyelesain tugas untuk mengetahui apa yang perlu diperbaiki, dipertahankan, ataupun ditingkatkan. 

Sumber  

Berikan Komentar

Your email address will not be published.