Blog post

Intip Cara Membuat Resolusi 2023 agar Cepat Terwujud

02/01/2023Rahmat S

Hi, Klobbers! Selamat Tahun Baru 2023. Apakah kamu memiliki resolusi di tahun 2023 ini? Tak dipungkiri, resolusi kerap kali menjadi penyemangat dalam menghadapi hari-hari ke depan. Namun, bagaimana membuat resolusi yang baik agar cepat terwujud? Mungkin kamu butuh tips di bawah ini untuk mulai menyusun sederet resolusimu agar tahun ini menjadi tahun penuh warna dengan beragam pencapaian yang kamu inginkan. Yuk! Intip cara membuat resolusi 2023 agar cepat tercapai.

Tentukan Tujuan yang Spesifik

Tips yang pertama adalah tentukan tujuan yang spesifik dari resolusimu. Apakah kamu pernah memiliki resolusi yang gagal di tahun sebelumnya? Sebagian orang kerap gagal karena mereka tidak menentukan tujuan resolusi yang spesifik, sehingga menghambat pencapaian yang diinginkan. Padahal, menentukan tujuan yang spesifik dapat membantumu lebih mudah untuk mewujudkan resolusi yang telah kamu buat sebelumnya. 

Batasi Jumlah Resolusi

Tips berikutnya, batasi jumlah resolusi yang kamu buat. Ini akan mempermudah kamu fokus pada sebuah resolusi yang besar dan tidak hanya berekspektasi pada banyak hal. Cara ini sangat membantumu untuk mempercepat resolusi yang kamu buat cepat tercapai.

Buat Rencana untuk Mewujudkan Resolusi

Setelah menentukan tujuan yang spesifik, kemudian membatasi jumlah resolusi, kamu juga perlu mulai mengeksekusi resolusi yang telah kamu buat. Kamu bisa memulai dengan membuat langkah-langkah strategis untuk mewujudkan resolusi tersebut. Siapkan rencana awal dalam mencapai tujuanmu. Perlahan tapi pasti, sambil kamu menjalani aktivitas rutin.

Gunakan Metode SMART

Klobbers, tahukah kamu tentang metode SMART? Ya, SMART merupakan singkatan dari Spesific, Measurable, Achievable, Relevant dan Time Bound. Dalam membuat sebuah resolusi, kamu tidak hanya harus menentukan tujuan yang spesifik, tetapi juga memperhatikan bahwa resolusimu sesuatu yang dapat kamu ukur dengan angka atau sesuai dengan kemampuanmu. Buat resolusi serealistis mungkin agar resolusimu mudah terpenuhi. Ingat! Buatlah resolusi berdasarkan kebutuhanmu saat ini sesuai dengan keadaaan. Relevansi tersebut akan mempermudah kamu mencapai resolusimu.

Evaluasi Resolusi Sebelumnya

Tak ada salahnya jika kamu melihat kembali resolusi sebelumnya. Cara merefleksikan resolusi di tahun sebelumnya akan membantumu menganalisa setiap kegagalan sebagai sebuah pembelajaran, sehingga kamu tidak akan mengulanginya di kemudian hari. Ini juga dapat kamu gunakan untuk referensi resolusi yang belum terwujud. 

Beri Self Reward jika Resolusi Tercapai

Salah satu tips agar kamu semangat mencapai resolusimu adalah dengan memberikan reward kepada dirimu sendiri. Penghargaan yang kamu berikan kepada dirimu merupakan bentuk terima kasih karena telah berjuang mencapai tujuan yang kamu inginkan. Semakin kamu menghargai dirimu, semakin bernilai sebuah usahamu untuk mencapai tujuan.

Nah, itulah tips membuat resolusi tahun 2023 yang dapat kamu coba terapkan agar resolusimu cepat terwujud dengan baik. Selamat mencoba, Klobbers.

Berikan Komentar

Your email address will not be published.