Blog post

Kenali Metode SMART Goals untuk Mencapai Tujuan

18/10/2022Dwi

Hi Klobbers!

Membuat tujuan atau goal merupakan bagian penting dari kehidupan, baik kehidupan sehari-hari maupun pekerjaan. Jika tidak ada goal, maka kamu tidak akan memiliki target untuk dicapai. Namun, bagaimana cara merancang goal yang efektif sehingga bisa fokus untuk mencapainya? Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan ialah dengan menerapkan metode SMART goals, Klobbers.  

Apa itu SMART Goals?

SMART merupakan singkatan dari Specific, Measureable, Achievable, Relevant, dan Time-based. Metode ini digunakan untuk memandu kamu dalam merancang goal dengan melibatkan seluruh kriteria tersebut agar bisa fokus mewujudkannya sehingga meningkatkan kemungkinan mencapainya. Lebih lanjut, kamu dapat merancang goal dengan lebih spesifik, memikirkan berbagai langkah dan sumber daya yang diperlukan untuk mencapainya hingga memantau progresnya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa metode ini bisa membantu kamu untuk mencapai goal dengan efektif dan efisien.

Melansir dari Indeed berikut ini merupakan detail dari SMART goals:

  • Specific (spesifik): Goal dirancang dengan definisi yang baik, jelas, dan tidak ambigu.
  • Measurable (terukur): Dilengkapi dengan kriteria yang dapat mengukur progres tercapainya
  • Achievable (dapat dicapai): Goal yang dibuat merupakan hal yang dapat dicapai dalam jangka waktu tertentu.
  • Relevant (relevan): Goal yang dibuat sejalan dengan nilai dan tujuan hidup kamu dalam jangka panjang.
  • Time-based (berdasarkan waktu): Timeline pencapaian goal dibuat dengan jelas dan realistis, mulai dari tanggal mulai hingga tenggat waktu (deadline) tercapainya target. Dengan demikian, bisa mendorong terciptanya urgensi untuk memotivasi kamu mencapai goal tersebut dengan tepat waktu.

Meskipun memiliki berbagai kelebihan, ada juga pendapat yang muncul terkait kekurangan dari metode ini. Bagi sebagian orang, strategi ini tidak efektif untuk merencanakan goal dalam jangka waktu yang panjang karena dinilai kurang fleksibel. Ada juga pendapat lainnya bahwa metode ini bisa membuat individu cenderung menjadi obsesi untuk mencapai goal demi goal secara berkelanjutan karena goal yang dibuat telah dirancang dengan sangat baik. Oleh karena itu, bagi sebagian orang, metode ini dapat mendorong individu untuk menjadi terlalu ambisius.

Bagaimana Cara Menerapkan SMART Goals?

Specific

Buatlah goal kamu dengan jelas dan spesifik agar memiliki peluang yang lebih besar untuk tercapai. Untuk membantu kamu, cobalah jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini saat merancangnya.

  • What (apa) : Apa yang ingin kamu capai?
  • Why (mengapa) : Mengapa goal ini penting untuk dicapai?
  • Where (di mana): Di mana (lokasi) goal ini tercapai?
  • When (kapan) : Kapan kamu ingin mencapai goal ini?
  • Who (siapa) : Siapa saja yang terlibat untuk mencapai goal ini?

Measurable

Sangat penting untuk memasukkan kriteria yang dapat mengukur progres kamu dalam mencapai goal. Dengan demikian, kamu bisa tetap fokus dalam memenuhi deadline yang dibuat serta memastikan bahwa kamu masih dalam jalur yang benar untuk mencapai goal tersebut. Untuk membantu kamu dalam membuat goal yang terukur, cobalah jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Seberapa banyak? (jumlah atau frekuensi sebagai kriteria tercapainya target)
  • Bagaimana cara mengetahui bahwa goal ini telah tercapai?

Achievable

Goal yang dibuat merupakan sesuatu yang harus bisa dicapai sehingga kamu dapat menemukan bagaimana cara mencapainya. Jika membuat goal yang achievable, kamu bisa mengidentifikasi peluang yang sebelumnya mungkin diabaikan atau sumber daya yang bisa membantu kamu mencapai goal tersebut. Lebih lanjut, sebuah goal yang dapat dicapai biasanya akan menjawab pertanyaan seperti berikut ini:

  • Bagaimana saya dapat mencapai goal ini?
  • Apakah saya memiliki sumber daya dan kapabilitas untuk mencapai goal ini? Jika tidak, mengapa?

Relevant

Saat merancang sebuah goal, coba pertimbangkan apakah goal tersebut relevan dengan nilai dan goal jangka panjang yang kamu miliki. Jika tidak, coba pertimbangkan kembali. Kamu bisa bertanya kepada diri sendiri mengapa goal ini penting untuk dicapai dan bagaimana kontribusinya terhadap tujuan jangka panjang kamu. Untuk membantu kamu mengetahui apakah goal tersebut relevan, cobalah jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Jika relevan, biasanya jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan ini adalah “ya”, Klobbers.

  • Apakah ini bermanfaat?
  • Apakah ini saat yang tepat untuk mencapai goal tersebut?
  • Apakah hal ini sesuai dengan kebutuhan yang lainnya?
  • Apakah saya orang yang sesuai untuk mencapai goal ini?

Time-based

Setiap goal perlu memiliki deadline sehingga kamu bisa mengatur prioritas dan fokus menyelesaikannya. Aturlah deadline setiap target dengan realistis, Klobbers. Pertimbangkan juga beban kerja lain serta sumber daya yang kamu miliki. Jika kamu tidak bisa mencapainya dengan tepat waktu, coba evaluasi lagi mengapa hal tersebut dapat terjadi. Mungkin saja disebabkan oleh rentang waktu yang kamu buat tidak realistis atau bahkan goal tersebut memang tidak bisa dicapai.   

Nah Klobbers, itulah informasi seputar SMART goals yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan profesional maupun sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Klobbers. Good luck!

Referensi:

Sumber 

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.