Blog post

6 Kemahiran yang Diperlukan agar Sukses di Era VUCA

02/01/2023Rahmat S

Hi, Klobbers! Apakah kamu pernah mendengar istilah VUCA? VUCA adalah singkatan dari volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity. VUCA merupakan sebuah kondisi masa depan dunia kerja yang mengedepankan kemahiran dari berbagai aspek. Hal ini karena seorang pekerja di era VUCA dituntut untuk beradaptasi dengan cepat dan efisien dalam sebuah perubahan yang cepat. Apakah kamu sudah siap menghadapi era VUCA mendatang? Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk menguasai kompetensi 6C yang sangat berguna di masa depan dalam dunia kerja.

Complex Problem Solving

Keterampilan ini merupakan hal dasar yang harus kamu kuasai di dunia kerja. Seiring berkembangnya zaman, kamu akan menghadapi berbagai situasi yang tidak selalu sesuai dengan harapan yang kamu inginkan. Tidak ada hal yang spesifik yang harus kamu lakukan untuk menguasai kemampuan ini. Namun, dengan terbiasa menghadapi masalah hingga selesai akan membuatmu menjadi pribadi yang mampu berpikir panjang dan menemukan solusi yang tepat. 

Critical thinking (berpikir kritis)

Individu dengan keterampilan ini sangat membantu mengimplementasikan ide-ide inovatif dalam menyelesaikan sebuah masalah. Kemahiran ini mengedepankan analisa berpikir jernih dan mendalam tentang suatu masalah. Kemampuan ini tentu akan membantumu memberikan penilaian yang logis atau rasional. 

Creativity (kreatif)

Klobbers, di Era VUCA banyak hasil tangan manusia diganti dengan mesin. Mesin memang memiliki kelebihan dalam hal kecepatan dan efisiensi, tetapi mesin tidak bisa berkreasi seperti manusia. Ini menjadi alasan bahwa kamu harus memiliki kemampuan yang kreatif untuk menciptakan ide-ide baru bagi perusahaan. Sebagai contoh, kamu harus bisa menggunakan cara-cara yang kreatif mengubah data menjadi sebuah informasi yang menarik. 

Communication (komunikasi)

Tahukah, kamu? Perusahaan yang berhasil tak lepas dari peran serta sebuah tim yang memiliki komunikasi yang baik. Ini akan sangat membantu perusahaan meningkatkan performa perusahaan. Belajarlah berkomunikasi dengan semua tim yang ada di perusahaan agar dapat menjalankan visi misi perusahaan dengan baik dan hasil kerja yang memuaskan. 

Collaboration (kolaborasi)

Tak hanya memiliki komunikasi yang baik, kamu juga perlu berkolaborasi dengan semua pihak dalam mencapai tujuanmu. Keterampilan ini juga memerlukan negosiasi yang baik. Dalam menguasai keterampilan ini, kamu perlu kejelasan dan arah tujuan pencapaianmu. Kemampuan ini akan tumbuh seiring dengan pengalaman, intensitas pertemuan antaranggota, dan diskusi yang dibangun. 

Cognitive Flexibility

Menjadi seseorang yang fleksibel memang tidak mudah, tetapi kamu dapat mencoba menantang dirimu keluar dari zona nyaman dengan bertemu dan menangani setiap orang yang berbeda. Kamu harus belajar beradaptasi dengan lingkungan baru dan orang baru di tempat-tempat yang berbeda. Ini akan membantumu menemukan ide, pendapat, dan emosi dari orang yang berbeda. Ingat! Setiap orang itu unik, dan kamu tidak bisa menyamakan perlakuanmu kepada semua orang. 

Itulah enam keterampilan yang kamu harus coba agar siap menghadapi dunia kerja di era VUCA mendatang. Selamat mencoba, Klobbers. 

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.