Blog post

Ini Dia Beberapa Manfaat Cuti Bagi Pekerja

15/07/2022Gregorius Yudhistira

Hi Klobbers!

Kamu pasti mendengar soal cuti. Menurut KBBI, cuti adalah meninggalkan pekerjaan beberapa waktu secara resmi untuk beristirahat dan sebagainya. Cuti pun memiliki beberapa jenis. Namun apa saja manfaat cuti yang kamu ketahui sejauh ini? Bagi seorang karyawan, jatah cuti atau waktu akhir pekan bisa dimanfaatkan untuk berlibur saja. Hal ini bisa berdampak lebih positif terhadap karir kerja di masa depan. Adanya beban kerja yang berat bisa memicu kelelahan psikologis maupun fisik. Tidak mengherankan jika karyawan yang mengambil pelarian mereka dengan cara pergi ke bioskop ataupun karaoke. Hanya sekadar untuk mencari hiburan selain kesibukan pekerjaannya di kantor.

Selain berencana untuk mencari hiburan singkat, kemungkinan besar karyawan juga membutuhkan sesuatu yang lebih, misalnya istirahat total dari rutinitas sehari-hari. Tujuannya adalah untuk menyegarkan pikiran saja. Adapun memang sudah terdapat enam manfaat berkaitan dengan cuti ini yang tentunya dapat dirasakan apabila melakukannya dengan rutin berlibur pada jangka waktu tertentu.

Nah, kali ini kita akan membahas beberapa manfaat cuti yang bisa ditemui oleh seorang pekerja. Yuk kita intip!

Mengurangi Tingkat Stres

Cuti dapat membantu tingkat stres menjadi lebih menurun. Karyawan dapat memanfaatkan waktu cutinya dengan berlibur atau melakukan hobi mereka. Menjaga tingkat stres tetap normal juga dapat membantu mengurangi risiko kesehatan.

Kesempatan Belajar Hal Baru

Karyawan bisa memanfaatkan waktu cutinya dengan belajar hal baru yang mungkin tidak sempat dilakukan pada aktivitas harian. Karyawan dapat meningkatkan kemampuan kognitif maupun soft skill dengan aktivitas sederhana saat cuti seperti mengikuti seminar, membaca buku, dan bertemu dengan banyak orang yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi.

Meningkatkan Loyalitas Pekerja

Dengan memanfaatkan waktu cuti bersama teman satu kantor secara tidak langsung juga dapat meningkatkan kerja sama antar anggota dalam perusahaan. Melakukan aktivitas menyenangkan saat cuti bersama rekan kerja dapat meningkatkan rasa toleransi dan menghargai satu sama lain.

Meningkatkan Produktivitas

Sejumlah penelitian menunjukkan liburan bisa meningkatkan produktivitas pekerjaan. Setelah mengambil manfaat cuti kerja untuk berlibur, kamu bisa menjadi lebih fokus dan bersemangat untuk bekerja.

Selain itu, bekerja setelah liburan membuatmu lebih berenergi. Sehingga pada akhirnya bisa memberikan hasil pekerjaan yang lebih baik dan produktif.

Me Time yang Dapat Digunakan Untuk Mengenal Diri

Cuti kerja punya manfaat untuk lebih bisa mengenal kepribadian yang kamu miliki. Mengenal kepribadian diri dengan lebih baik dapat membantu kamu menyiasati kekurangan serta menonjolkan kelebihan.

Meningkatkan Interaksi Sosial

Berlibur saat cuti kerja juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan sosial serta kerja sama. Berlibur ke tempat baru memungkinkan kamu bertemu dengan banyak orang. Sehingga kamu bisa membiasakan diri berinteraksi dengan berbagai karakter dan latar belakang orang.

Menjernihkan Pikiran

Burnout bisa terjadi ketika seseorang merasakan stres kronis akibat pekerjaannya. Konsekuensinya, tentu kreativitas menurun, daya ingat tak lagi tajam, hingga muncul masalah-masalah lainnya. Nah, cuti bisa membuat pikiran lebih jernih serta kreatif. Bukan hanya soal pekerjaan, juga dalam aspek lainnya.

Itu dia beberapa manfaat cuti, Klobbers! Intinya cuti memang sangat dibutuhkan oleh seorang pekerja. Karena selain bermanfaat bagi karyawan itu sendiri, ada manfaat juga bagi perusahaan atau organisasi juga. Meningkatkan produktivitas dan loyalitas pekerja adalah beberapa contohnya. Namun pastikan bahwa tugas kamu sudah selesai atau ada orang yang bisa menjadi delegasi sebelum mengambil cuti ya!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.