Blog post

Apakah Pengalaman Magang Diperlukan untuk Sukses?

13/06/2022Nadine K

Hi Klobbers!

Apakah kamu berada di tahap akhir kuliah dan mulai serius memikirkan masa depan dan kariermu? Pada tahap hidup ini pasti banyak teman-temanmu yang mulai mencari peluang untuk memulai karier mereka. Cara paling umum untuk melakukan ini bagi para anak muda adalah melalui magang.

Magang atau internship adalah program yang ditawarkan oleh perusahaan untuk melatih, mendidik, dan memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa atau lulusan baru. Selama program ini, para intern diberikan tugas dan proyek untuk diikuti serta supervisor untuk memantau kemajuan mereka. Tujuan utama dari kebanyakan magang adalah untuk mempersiapkan pekerja magang untuk dunia kerja. Bukan hal yang aneh bagi pekerja magang untuk bertransisi menjadi karyawan di perusahaan magang mereka setelah menyelesaikan program atau lulus dari universitas. Beberapa universitas bahkan mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti program magang sebagai salah satu prasyarat kelulusan. 

Tetapi apakah kamu benar-benar membutuhkan magang untuk meraih sukses dalam kariermu? Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari pengalaman magang.

Belajar Skill Baru 

kamu pasti akan mendapatkan banyak pengetahuan teknis dan hard-skills tentang industri tempat kamu bekerja dan posisi yang ingin kamu pegang. Belajar langsung dari para profesional yang berpengalaman di bidangnya akan membekali kamu dengan ilmu yang bisa kamu terapkan saat menjadi karyawan tetap. Selain itu, kamu juga akan mempelajari berbagai keterampilan sosial sepanjang jalan. Ini termasuk: bagaimana berinteraksi dengan rekan kerja dan atasanmu dalam lingkungan profesional, cara berbicara dengan klien, bagaimana menampilkan diri, dan banyak lainnya. 

Networking

Program magang memungkinkan kamu untuk memulai membangun jaringan profesional lebih awal. Dari atasan langsung, senior, hingga para intern lainnya, program magang dapat memperkenalkan kamu kepada banyak orang baru dalam lingkungan profesional. Network yang kamu bangun di awal karier akan sangat membantumu dalam banyak hal. Mereka dapat menawarkan bantuan dalam proyek di masa depan, memberikan surat referensi, atau bahkan secara langsung memberikan kepada kamu beberapa peluang menarik. 

Keunggulan Kompetitif

Mencari kerja itu susah. Dengan begitu banyak orang yang bersaing untuk posisi yang sama, penting bagi kamu untuk bisa menonjol. Salah satu cara untuk menonjol adalah dengan membuktikan kompetensi dan pengalamanmu. Magang dapat menunjukkan bahwa kamu siap bekerja, memiliki keterampilan dasar, dan ambisius. Selain itu, dengan semakin banyak lulusan baru yang punya pengalaman magang, tidak memiliki pengalaman yang setara dapat merugikan kamu.

Kesuksesanmu di masa depan tidak akan tergantung kepada magang, tetapi pengalaman ini dapat sangat membantu di awal kariermu. Kamu dapat belajar banyak hal dari magang dan bertemu banyak orang baru. Periode hidup kamu saat ini adalah waktu yang aman untuk mencoba berbagai pekerjaan dan karir, siapa tahu mingkin kamu belajar bahwa suatu pekerjaan yang kamu impikan bukan yang cocok denganmu. 

Namun, magang bukan satu-satunya cara untuk belajar. Cara lain untuk mendapatkan pengalaman diantara lainnya: menjadi sukarelawan, mengambil kursus khusus, atau mengerjakan proyek pribadi yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang kamu minati. Ada banyak jalan menuju kesuksesan dan setiap orang berjalan dengan kecepatannya masing-masing. Tetap optimis, Klobbers! 

 

sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.