Blog post

4 Tips Mudah dalam Menetapkan Tujuan Magang!

18/03/2022Arifa Dwiratri

Magang, atau bisa disebut juga dengan internship, merupakan pengalaman ‘mencicipi’ dunia kerja yang biasanya diberikan kepada mahasiswa atau fresh graduates guna mendapatkan ilmu serta pengalaman dalam bekerja. Program magang biasanya dibuka oleh perusahaan atau instansi pemerintah untuk menggaet para pekerja muda yang masih fresh dan memberikan kesempatan untuk berkembang di perusahaan masing-masing, tak jarang juga mereka memberikan kontrak lanjutan sebagai pegawai tetap atau kontrak yang berawal dari magang.

Pengalaman magang menjadi aspek penting, terutama untuk Gen Z dan Millennials yang banyak berusia awal dua puluh tahun-an dan baru memasuki dunia kerja. Hal ini biasanya dikarenakan banyak perusahaan yang menginginkan orang yang sudah memiliki pengalaman bekerja dalam merekrut karyawan baru. Pentingnya pengalaman magang membuat kita harus bersungguh-sungguh dalam menjalaninya, tak kalah penting pula penetapan goals atau tujuan magang perlu dilakukan agar pengalaman magangmu jadi lebih berarti. Yuk, simak artikel ini agar kamu bisa menetapkan tujuan magangmu dengan mudah!

Pikirkan Tujuan Kecilmu

Sebelum memulai magang, ada baiknya kamu memikirkan apa saja yang ingin kamu pelajari lebih lanjut selama proses magang. Hal ini akan mempermudahmu untuk mendapatkan pengalaman kerja dan ilmu yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang kamu inginkan.

Tetapkan Tujuan Besarmu

Setelah mengetahui apa saja yang diinginkan, saatnya kamu menetapkan tujuan besarmu saat mengikuti magang. Misalnya, kamu memiliki tujuan besar sebagai seorang software developer, maka sebaiknya kamu memilih tempat magang yang sesuai dengan keinginanmu agar kamu bisa menambah pengetahuan dan skill-skill baru terkait pekerjaan impianmu.

Tentukan Tujuan yang Bisa Diukur

Ketika sudah menetapkan goals besar terkait magang, maka kamu bisa mulai membuat sasaran dari tujuan yang kamu miliki dan cara untuk mengukur apakah tujuanmu sudah tercapai atau belum. Kamu bisa memecahnya menjadi sasaran-sasaran kecil yang bisa kamu capai setiap minggu atau setiap bulannya. Sehingga, kamu bisa mengukur dan mengevaluasi kinerjamu selama proses magang berlangsung.

Tuliskan Tujuan yang Sudah Dibuat

Ketika sudah melakukan tiga langkah sebelumnya, kamu dapat menuliskan tiap sasaran secara terperinci menggunakan checkbox agar kamu terus mengingat dan menjalankan apa yang ingin kamu lakukan untuk mencapai tujuan magangmu. Jika sudah dilakukan, maka kamu bisa memberikan checklist untuk rincian yang sudah kamu buat.

Empat langkah di atas bisa dimanfaatkan untuk kamu yang sedang mencari atau yang sedang menjalani program magang. Jangan lupa untuk membuat rincian sasaran agar tujuan magangmu bisa tercapai dan kamu bisa tampil maksimal di dunia kerja nanti. Jika kamu ingin mengetahui informasi mengenai lowongan magang yang tersedia di Klob, kamu bisa mengunjungi Klob.id untuk mendapatkan informasi terkait magang dan memulai perjalananmu di dunia kerja. Manfaatkan pengalaman magangmu dengan baik ya!

Sumber:

How to Set Internship Goals

Berikan Komentar

Your email address will not be published.