
Tips Manajemen Waktu Bekerja setelah Libur Panjang
Halo Klobbers! Bagaimana liburan panjang kalian kemarin? Semoga menyenangkan ya!
Liburan panjang yang sudah berlalu rasanya sulit untuk ditinggalkan, namun perlu diingat bahwa kita harus kembali produktif bekerja setelah liburan usai. Membuka laptop di Senin pagi mungkin terasa berat, terlebih ketika kita sudah terbiasa bangun di siang hari saat liburan berlangsung.
Fase hidup yang terasa lebih ‘santai’ kemarin menjadi sebuah kesulitan tersendiri ketika kita tiba-tiba harus kembali ke rutinitas awal dengan serangkaian kesibukkan yang terjadi. Jadwal meeting yang padat dan to-do-list yang penuh membuat kita harus pintar-pintar mengatur waktu agar tidak kewalahan dalam memulai hari.
Yuk, intip tips mengatur waktu bekerja setelah kamu mengalami liburan panjang di artikel berikut agar kesibukkanmu bisa berjalan dengan baik!
Riviu Jadwal di Malam Sebelumnya
Dilansir dari Kumparan.com, meluangkan waktu sebelum tidur untuk meriviu jadwal pekerjaan adalah hal yang tepat untuk dilakukan. Selain untuk menghemat waktu, persiapan kerja yang dilakukan di malam sebelumnya bisa membantumu agar tidak ‘kaget’ ketika menghadapi hari pertama bekerja setelah libur panjang.
Dengan kamu mempersiapkan semua hal sebelumnya, maka kamu sudah bisa membuat perkiraan mengenai workload mu di minggu ini dan kamu bisa mengatur prioritas pengerjaan tugas agar lebih efisien bekerja.
Bangun Lebih Awal
Setelah puas merasakan bangun siang saat liburan kemarin, sekarang kamu perlu bangun lebih awal untuk memulai hari. Hal ini dilakukan untuk membiasakan tubuhmu dalam memulai rutinitas sebelumnya ketika bekerja.
Bangun lebih pagi juga bisa membuatmu lebih santai dalam mempersiapkan jadwalmu di hari ini. Kamu tidak akan merasa tergesa-gesa dan meminimalisir kesalahan yang bisa terjadi ketika kamu melakukan suatu hal dengan terburu-buru. Misalnya, kamu bisa lebih santai ketika mempersiapkan materi meeting, outfit kerja, dan lainnya, sehingga kamu lebih siap dalam memulai hari.
Luangkan Waktu untuk Beristirahat
Hari pertama bekerja yang terasa padat bukan berarti kamu tidak boleh beristirahat. Luangkan waktu 10-15 menit ketika kamu merasa lelah saat bekerja agar pikiranmu bisa rehat sejenak dan kembali fokus nantinya.
Rasa jenuh yang dialami jika tidak beristirahat justru bisa mengganggu produktivitasmu saat bekerja. Jalan-jalan di area kantor sejenak atau coffee break selama beberapa menit mungkin bisa membantumu untuk kembali bersemangat menyelesaikan setumpuk dokumen yang ada. Kamu pun bisa lebih efisien dalam bekerja karena kamu bisa mengatur ritme bekerjamu dengan mengatur waktu yang ada. Kapan harus fokus dan kapan harus beristirahat.
Itulah tiga tips yang bisa membantumu untuk mengatur waktu agar lebih efisien ketika bekerja di hari pertama setelah libur panjang. Kamu perlu membiasakan tubuhmu perlahan untuk beradaptasi menjalani ritme aktivitas yang sudah dipenuhi oleh kesibukkan sehari-hari. Selain itu, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan agar tubuhmu bisa optimal bekerja ya, Klobbers!