Blog post

Tips Tetap Produktif Bekerja setelah Libur Panjang

30/04/2022Arifa Dwiratri

Halo Klobbers! Memasuki libur panjang atau cuti bersama yang diberikan pemerintah untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu. Terlebih dua tahun sebelumnya, cuti bersama ditiadakan mengingat kondisi pandemi yang masih sangat mengkhawatirkan.

Liburan panjang memang membuat kita memiliki banyak waktu untuk beristirahat dan ber-rekreasi, menghibur diri setelah sekian lama lelah bekerja.

Namun, liburan panjang pun juga ada ujungnya. Mungkin banyak dari kalian yang merasa turunnya produktivitas menjelang hari libur itu berakhir dan malas beraktivitas seperti biasanya. Hal ini bisa dikarenakan karena kalian merindukan rasa ‘bahagia’ ketika berlibur, tidur dengan waktu yang lama, dan sekian banyak aktivitas menyenangkan yang terjadi selama liburan. Hal ini bisa disebut sebagai Post-Holiday Blues.

Nah, kalian tetap perlu bersemangat untuk memulai hari setelah mengalami libur panjang yang lama agar produktivitas tidak menurun. Bagaimana caranya? Yuk, simak tips meningkatkan motivasi untuk bekerja setelah libur panjang berikut ini!

Luangkan Waktu untuk Persiapan Mulai Bekerja

Sebelum memasuki hari pertama kamu mulai bekerja, sebaiknya luangkan 1-2 hari sebelumnya untuk mempersiapkan semua pekerjaan yang ada. Misalnya, kamu bisa mulai me-review semua tugasmu di hari sebelum mulai bekerja atau membuat to-do list mengenai apa yang akan kamu lakukan ketika sudah masuk kerja nanti.

Kamu juga bisa mulai menyiapkan peralatan kantor seperti laptop, menyiapkan buku catatan, dan alat kerja lainnya yang biasanya kamu gunakan sehari-hari. Dengan mempersiapkan semua keperluan 1-2 hari sebelumnya, maka saat hari pertama masuk, kamu tidak akan ‘kaget’ dengan ritme aktivitas yang berbeda.

Ngobrol dengan Rekan Kerjamu

Selama liburan, pastinya kamu memiliki pengalaman menarik untuk diceritakan, begitu pun dengan rekan kerjamu. Kamu bisa meningkatkan suasana hangat di kantor dengan berbagi cerita bersama rekan-rekan kerjamu terkait libur panjang kemarin.

Hal ini bisa membuat suasana bekerja di kantor jadi lebih menyenangkan dan kamu bisa menguatkan bonding antar rekan kerja sehingga motivasi bekerja pun jadi lebih meningkat.

Take a Break

Produktivitas otak manusia bekerja akan menurun jika selalu mengerjakan hal yang sama dalam kurun waktu yang lama, terlebih setelah mengalami libur panjang. Untuk menghindari hal ini, beristirahat lah selama 5-10 menit agar otak kamu bisa ‘bernafas’ sejenak. Kamu juga bisa membagi waktumu kapan harus bekerja dan kapan harus beristirahat. Namun, pastikan pekerjaanmu tetap bisa selesai tepat waktu ya!

Itulah tiga tips yang bisa diberikan agar kamu tetap termotivasi memulai bekerja setelah libur panjang nanti. Pastikan kamu tetap semangat bekerja agar produktivitasmu juga tetap meningkat ya! Selamat libur panjang, Klobbers! Sampai bertemu lagi setelah waku liburan usai!

Sumber: 6 Tips to Recover Your Productivity After a Long Holiday

Berikan Komentar

Your email address will not be published.