Blog post

Ragam Warna untuk Meningkatkan Produktivitas! (2)

08/12/2023Dwi

Halo Klobbers!

Apakah kamu pernah memikirkan bagaimana pengaruh warna terhadap produktivitas kerja? Mungkin kamu sudah menyesuaikan desain ruang kerja dengan kebutuhan atau preferensi kamu, termasuk dari segi warnanya. Atau mungkin juga ada Klobbers yang tidak terlalu mementingkan desain ruang kerja, begitu juga dengan sentuhan warnanya.

Sebenarnya, menciptakan ruang kerja yang nyaman dapat membantu kamu untuk bekerja dengan lebih efektif dan efisien sehingga meningga meningkatkan produktivitas. Selain itu, pemilihan warna juga dapat memengaruhi bagaimana suasana hati kamu saat bekerja, lho. Dengan demikian, pemilihan warna dalam ruang kerja beserta dengan aksesorinya menjadi salah satu faktor yang dapat dipertimbangkan untuk mendukung produktivitas yang optimal.

Sebelumnya kita sudah membahas beberapa warna untuk membuat ruang kerja menjadi lebih menarik dan meningkatkan motivasi bekerja. Nah, dalam artikel ini kita akan lanjut membahas beberapa warna lainnya. Yuk, simak informasi berikut ini!

Ungu

Siapa nih Klobbers yang suka warna ungu? Warna ungu di area kerja dapat membangkitkan rasa percaya diri, lho. Kemudian, bisa juga meningkatkan inovasi dan kemampuan individu dalam mengambil keputusan dengan meningkatkan kreativitas dan kemampuan artisitik. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa warna ungu mungkin akan memberikan manfaat bagi kamu yang bekerja di bidang kreatif, marketing, dan desain.

Jika tertarik, kamu bisa memasukkan warna ungu di area kerja dengan menambahkan karpet berwarna ungu gelap. Atau mungkin memilih berbagai karya seni bernuansa ungu sebagai tambahan detail di ruang kerja. Terlebih lagi jika bisnis yang kamu jalankan juga terkait atau bersinggungan dengan seni, maka pemilihan karya seni yang selaras dapat berfungsi untuk menunjang tampilan ruang kerja dan memberikan manfaat dalam branding bisnis.

Abu-Abu

Warna abu-abu termasuk warna yang netral dan cukup banyak digunakan dalam setting profesional. Warna ini juga dapat membangkitkan semangat atau motivasi serta dapat dipadukan dengan warna lainnya. Warna abu-abu juga bisa digunakan untuk memberikan kesan modern di ruang kantor maupun ruang rapat.

Jika ingin memasukkan warna abu-abu di lingkungan kerja, kamu bisa memilih furnitur bernuansa abu-abu, seperti meja kantor ataupun meja kopi. Atau mungkin kamu ingin lebih banyak membawa nuansa abu-abu di ruang kerja? Silakan pertimbangkan pemilihan warna abu-abu terang sebagai warna dinding ruang kerja kamu, ya. Namun harap diingat bahwa pemilihan warna dinding perlu dilakukan dengan hati-hati ya, Klobbers. Jangan sampai kamu salah memilih shade warna sehingga menyebabkan mata cepat lelah atau malah menurunkan produktivitas nantinya.

Putih

Mungkin sebagian Klobbers sudah tahu bahwa pada umumnya warna putih digunakan untuk area kerja yang perlu menyediakan lingkungan yang bersih atau klinis, seperti rumah sakit atau klinik. Meskipun demikian, ada manfaat lain dari penggunaan warna putih, lho.

Apakah kamu memiliki kantor dengan ukuran kecil? Jika demikian, warna putih dapat memberikan kesan ruangan yang lebih lapang sehingga cocok digunakan untuk kantor dengan ukuran yang lebih kecil. Selain itu, kelebihan lain dari warna putih ialah dapat dikombinasikan dengan warna-warna lainnya sehingga dapat menjadikan ruangan kerja menjadi lebih menarik sesuai dengan keinginan atau kebutuhan kamu. Dengan begitu, kamu juga bisa merasa lebih nyaman serta meningkatkan motivasi dan produktivitas kerja.

Oranye

Warna oranye merupakan kombinasi dari merah dan kuning sehingga dapat mendorong peningkatan aktivitas dan ketahanan fisik seperti warna merah. Kemudian, dapat juga meningkatkan suasana hati, seperti layaknya warna kuning. Manfaat lainnya ialah dapat mencegah rasa bosan pada pegawai sehingga mereka dapat fokus lebih lama dalam menyelesaikan berbagai tugas yang ada.

Jika tertarik, kamu dapat menggunakan warna oranye pada lantai area kerja, seperti penggunaan karpet dengan sentuhan oranye. Selain itu, bisa juga menambahkan hiasan dengan aksen oranye di meja kerja atau menempatkan tanaman bernuansa oranye di ruang kerja.

Demikian pembahasan seputar pilihan warna yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan produtivitas. Jangan lupa bahwa kenyamanan tempat kerja juga menjadi salah satu faktor pendukung kamu agar mampu bekerja secara optimal, termasuk dari pemilihan warnanya. Hal ini bisa dilakukan baik untuk kamu yang bekerja secara mandiri atau ingin membangun bisnis dan sedang mempertimbangkan penataan ruang kerja untuk para pegawai.

Sebenarnya, ada banyak sekali shade dari satu warna sehingga bisa menampilkan berbagai pilihan warna yang berbeda. Jika merasa ragu mana warna yang paling tepat untuk kamu gunakan, silakan berkonsultasi kepada ahlinya agar kamu dapat menciptakan ruang kerja yang nyaman sesuai dengan kebutuhan sehingga memaksimalkan produktivitas. Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Good luck, Klobbers!

Referensi:

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.