Blog post

Kenali USP untuk Tingkatkan Nilai Jual Produkmu

06/04/2023Rahmat S

Hi Klobbers! Tahukah kamu unique selling point merupakan indikator penting yang harus dimiliki oleh suatu brand. Proses penjualan yang tidak hanya tentang berapa banyak jumlah penjualan produk atau jasa yang ditawarkan. Namun bagaimana kita dapat menentukan nilai dari produk atau layanan yang kita tawarkan. 

Jadi Apa itu Unique Selling Point

Unique selling point atau sering disebut USP merupakan faktor-faktor pembeda yang menjadi alasan suatu produk atau layanan yang ditawarkan, lebih baik dari kompetitor lain. Untuk itu dalam strategi marketing, mengomunikasikan USP dari produk atau layanan jasa secara jelas dan efektif, menjadi salah satu kunci untuk mendapatkan calon pembeli dan meningkatkan tingkat penjualan. 

Apakah USP itu Penting? 

Mengomunikasikan USP dengan jelas dan efektif kepada calon pembeli memberikan kesan tersendiri yang melekat di hati dan menetapkan posisi bisnismu di sektor pasar tertentu. Menjadi inti dari bisnismu, nilai yang dapat kamu tawarkan dan masalah yang bisa kamu atasi. USP yang kuat dengan jelas mengartikulasikan manfaat spesifik yang dapat kamu tawarkan dan  tidak ditawarkan oleh pesaing lain. 

Apabila semua produk yang ditawarkan di pasar memiliki kesamaan, calon pembeli akan kebingungan untuk menentukan produk atau layanan yang tepat untuk mereka. Memiliki USP yang jelas dan efektif membantu mereka membedakan berbagai pilihan yang tersedia. USP adalah pembeda utama dan alasan kenapa pembeli perlu membeli dari kamu dan merupakan bagian penting dari strategi pemasaran untuk menarik pelanggan baru.

Bagaimana Cara Membuat USP yang Efektif? 

Setiap produk atau layanan memiliki USP masing-masing, tetapi itu tidak berarti tidak ada proses yang dapat kamu ikuti untuk membuat dan menyempurnakan USP produk atau layanan yang ingin kamu tawarkan. Berikut cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat USP produk sendiri!

  1. Buat daftar spesifik manfaat yang ditawarkan oleh produk pesaing dan apa yang ingin kamu tawarkan. Produk terobosan dan pesan pemasaran yang menarik bergantung pada ketepatan memecahkan masalah calon pembeli dan mengomunikasikan manfaat itu kepada pembeli dengan bahasa yang mudah untuk mereka pahami.
  2. Pahami kompetisi produk. Kenali siapa pesaing dan apa USP yang mereka tawarkan. Cari celah dimana kamu memiliki potensi memperkenalkan produkmu secara berbeda. Produk yang termasuk dalam kategori yang sama dapat pahami dengan cara yang sangat berbeda. Sebagai contoh produk sepatu, dapat menekankan pada gaya, kenyamanan, atau daya tahan.
  3. Sesuaikan sudut pandang yang kamu miliki dengan kebutuhan pasar. Apakah ada kebutuhan calon pembeli yang belum terpenuhi? Apakah kamu melihat titik lemah yang dapat kamu gunakan, yang tidak dimiliki oleh pesaing lainnya?
  4. Rangkum data yang kamu peroleh. Pilih informasi yang dapat kamu gunakan dan susun untuk membuat USP produkmu. 
  5. Pikirkan cara yang efektif untuk menerapkannya dalam bisnismu. Terapkan secara menyeluruh, mulai dari merek, hingga kebijakan bisnismu untuk memperkuat gagasan tersebut kepada calon pembeli

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.