Blog post

Pentingnya Portofolio Sebelum Melamar Kerja!

22/01/2023Rahmat S

Hi Klobbers! 

Masih seputar persiapan sebelum melamar kerja, di minggu kemarin kita sudah membahas terkait website yang dapat kamu gunakan untuk membuat CV yang efektif. Nah, Klobbers ternyata selain CV, ada lagi loh media lain yang dapat kamu manfaatkan untuk menunjukkan kinerja dan pengalaman kerja yang kamu miliki. Ada yang tau?

Yap, Portofolio kerja. Portofolio singkatnya merupakan dokumen yang mencakup hasil karya dan potret pekerjaan yang pernah kamu lakukan.

Apa Sih Fungsi Portofolio?

– Potret dokumentasi dari berbagai pekerjaan yang pernah kamu lakukan

– Menjadi sumber informasi bagi recruiter terkait pengalaman kerja yang kamu miliki dengan hasil karya terbaik ataupun prestasi terbaik yang pernah dicapai

– Alat penilaian bagi recruiter yang berbasis kinerja. Biasanya recruiter akan menilai portofolio yang kamu miliki, apakah sesuai dengan fakta atau tidak, dan menjadi bahan pertimbangan penilaian. 

Jadi Seberapa Penting  Sih Portofolio?

Portofolio memiliki peran yang cukup krusial, dengan portofolio yang baik. Recruiter dapat melihat kemampuan dan keunggulan yang kamu miliki dibandingkan dengan kandidat lainnya.  

Nah, Selain Itu Apa Sih Manfaat Portofolio Untuk Diri Sendiri?

Meningkatkan Kredibilitas

Portofolio dapat kamu gunakan sebagai bukti atas apa yang kamu ucapkan terkait kinerja dan pencapaian hasil yang kamu miliki, kepada rekan kerja, klien, ataupun calon atasan. Skill dan kompetensi yang tertulis dalam portofolio akan memudahkan recruiter  untuk menemukan posisi yang tepat sesuai dengan skill dan kompetensi yang kamu miliki.  

Menunjukkan Perkembangan Karir yang Kamu Miliki 

Selain meningkatkan kredibilitas, Portofolio juga dapat kamu manfaatkan untuk menunjukkan perkembangan karir kamu loh.  Untuk itu, Klobbers perlu melakukan update portofolio setiap waktunya. Sehingga, recruiter, klien, ataupun calon atasan akan lebih mudah untuk menilai perkembangan kinerja dan juga bidang yang kamu minati. 

Nah, Klobbers buat kamu yang masih bingung dan gak mau ribet. Website https://epicareer.com/upload-resume mungkin bisa jadi pilihan buat kamu coba, kamu cukup isi data yang diperlukan, lalu sistem AI akan memberikan kamu portofolio yang terbaik. 

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.