Blog post

Yuk, Bangun Networking agar Karier Melejit!

09/01/2023Arifa Dwiratri

Halo Klobbers!

Berkarier di dunia profesional tidak semerta-merta hanya mengandalkan kemampuan hard skill mu saja. Melainkan, kamu juga perlu memiliki relasi yang baik atau dikenal dengan sebutan networkingDilansir dari Columbia Universitynetworking adalah proses membangun suatu koneksi dan hubungan dengan orang lain. Hubungan ini lah yang bisa memengaruhi perjalanan kariermu kelak. 

Networking pastinya memiliki banyak manfaat yang bisa berdampak baik untuk perjalanan kariermu. Untuk lebih jelasnya, yuk simak artikel berikut mengenai manfaat membangun networking di dunia profesional!

Bertukar Ide, Informasi, serta Pengalaman

Dalam meniti karier, kita pasti akan terus mempelajari hal-hal baru. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah dengan menjalin relasi yang baik kepada rekan kerja dan atasan. Dengan networking, kamu bisa bertukar ide, informasi, serta pengalaman dari rekan kerjamu yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pembelajaran untuk kedepannya. 

Melatih Keberanian

Kemudian, manfaat networking lainnya dalam dunia kerja adalah mampu menumbuhkan rasa percaya diri dalam dirimu. Dilansir dari Forbes, semakin efektif networking yang kamu bangun, maka semakin kuat rasa percaya diri yang muncul dari waktu ke waktu. Kepercayaan diri yang tinggi tentunya bermanfaat baik di dunia kerja dan akan membantumu dalam melakukan presentasi, interview, serta komunikasi lainnya. 

Membuka Peluang Baru

Selanjutnya, salah satu manfaat lainnya adalah kamu bisa memperoleh banyak peluang baru dengan berelasi. Dengan berbincang-bincang, bertukar ide, serta berinteraksi lainnya, orang lain bisa mengetahui keterampilanmu dan memberikan kesempatan baru untuk kamu berkembang. Hal yang sama pun bisa kamu lakukan, dengan memberikan peluang atau kesempatan baru ke orang lain melalui networking

Nah Klobbers, tiga hal di atas adalah beberapa contoh manfaat networking di dunia kerja yang bisa mulai kamu terapkan. Untuk tahu manfaat lainnya, kamu bisa membaca artikel berikut ini ya!

Sources: Networking: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membangunnya

Berikan Komentar

Your email address will not be published.