Blog post

Part 2: Keterampilan Digital yang Berguna dalam Dunia Kerja 

18/12/2022Rahmat S

Hi, Klobbers! Setelah memahami serangkaikan keterampilan digital yang berguna untuk dunia kerja, kamu juga perlu memahami hal-hal di bawah ini agar memperluas pengetahuan dan meningkatkan keterampilanmu di era industri digital. 

Yuk! Intip keterampilan digital apa lagi yang diperlukan dalam dunia kerja. 

Manajemen Proyek Digital

Banyaknya industri yang beralih ke digitalisasi dalam sistem kerja yang diterapkan di perusahaan, pengetahuan tentang manajemen proyek digital menjadi penting untuk dipelajari. Kemampuan ini akan membantu menyelesaikan masalah dan mengatur ulang proses penyelesaian proyek secara maksimal. Nah, kamu bisa menggunakan metodologi agile dan waterfall dalam mengawasi tim dan proses kolaboratif yang menggunakan sistem digital. 

Pay-Per-Click Marketing (PPC)

Pay-per-click marketing adalah salah satu metode marketing berbayar yang menggabungkan keterampilan menulis dengan pemahaman psikologi pengguna untuk menarik konsumen mengklik iklan. Dalam metode PPC Pemasang iklan hanya akan membayar setiap iklan yang diklik audiens. Tahukah kamu? Metode PPC juga melibatkan analisis data untuk menentukan penggunaan ruang iklan yang paling efektif di situs web, lho. Metode PPC ini dapat berkontribusi pada keberhasilan kampanye pemasaran digital dan analitik data. Hal ini karena algoritma tidak memengaruhi PPC, kemudian kamu akan lebih mudah mendapatkan hasil dari produk yang kamu iklankan dalam waktu yang relatif cepat, sehingga kamu bisa mendapatkan visitor yang lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat, Klobbers. Menariknya, metode PPC dapat disesuaikan dengan budget yang kamu miliki. 

 Konferensi video

Perubahan digitalisasi dalam bentuk konferensi video juga kini menjadi trend yang mampu memberikan efektifitas dalam menyelenggarakan rapat. Keterampilan ini perlu dikuasai oleh para karyawan di tempat kerja. Peralihan tatap muka ke konferensi video ini menjadi salah satu sarana untuk tetap terhubung dan berbagi informasi. Banyak perusahaan kini menggunakan konferensi video untuk menyelenggarakan acara sosial, atau melakukan wawancara dengan kandidat karyawan potensial. Namun, kamu juga mungkin perlu memfasilitasi sesi pembelajaran dan berbagi presentasi melalui perangkat lunak konferensi video ini, Klobbers. Paling tidak, kamu mengetahui fungsi kontrol dasar dalam platform konferensi video agar terhubung ke anggota tim dan calon pemberi kerja di tempat kerja.

E-niaga

Peningkatan industri ritel online bagi konsumen telah menyebabkan kebutuhan akan lebih banyak profesional yang terampil dalam teknik e-commerce. Situs web e-niaga merupakan model bisnis yang melibatkan penjualan produk dan barang melalui e-commerce. Arti kata lain, setiap toko online tempat kamu membeli produk adalah platform e-niaga. Bagi kamu yang tertarik di dunia bisnis seperti ini, transaksi bisnis online menjadi kemampuan yang wajib kamu miliki baik itu dalam mendesain, pengalaman pengguna, pemasaran, dan layanan pelanggan. Tahukah kamu? E-commerce juga telah menjadi bagian penting dari industri keuangan dengan peningkatan aplikasi teknologi untuk perbankan online dan layanan investasi, Klobbers.

Desain pengalaman pengguna (UX)

UX merupakan bagian penting dari aspek digital. Dimana aspek ini memuat kepuasan pengguna atau pelanggan yang menyangkut interaksi konsumen dengan produk digital. UX berfokus pada kegunaan, fungsi, dan tampilan antarmuka digital. Keahlian dalam desain pengalaman pengguna dapat menjadi alat yang berharga untuk meningkatkan pengalaman digital pelanggan dengan hampir semua produk atau layanan yang digunakan. Desainer UX bekerja untuk menciptakan lingkungan yang memberi kesan baik pada konsumen menggunakan keterampilan desain umum seperti tata letak atau warna dan pilihan font. Mereka juga memahami fungsi komputer seperti tautan interaktif dan halaman arahan.

Pemrograman Komputer Dasar

Pengetahuan dasar tentang bahasa pengkodean komputer atau coding adalah keterampilan yang dibutuhkan banyak pemberi kerja. Mempelajari kode untuk aplikasi web dan pemrograman komputer dapat membantu kamu menemukan peluang di berbagai industri dan meningkatkan nilaimu sebagai calon pekerjaan, lho. Pengkodean juga merupakan bagian penting dari teknologi augmented reality, yaitu penggabungan secara  real-time terhadap digital konten yang dibuat di komputer dengan kehidupan nyata, Klobbers.

Kompetensi Berbasis Cloud

Cloud menjadi platform yang memungkinkan kamu mengumpulkan, menyimpan, dan berbagi data dalam jumlah besar. Kamu dapat menggunakan sistem perangkat lunak berbasis cloud untuk berkolaborasi dari jarak jauh. Tidak hanya itu, mengembangkan kompetensi untuk menggunakan platform cloud adalah kemampuan penting di tempat kerja di berbagai industri. 

Sumber 

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.