Blog post

Part 1: Yuk, Belajar! Apa itu UX Design?

08/12/2022Rahmat S

Hi Klobbers! 

UX design merupakan hal yang tidak asing apabila membahas tentang desain di situs web, aplikasi atau media online lainnya. Bekerja di bidang UX design menjadi salah satu pilihan yang perlu kamu pertimbangkan, mengingat pesatnya perkembangan era digitalisasi. Bahkan, perlu kamu ketahui saat ini bekerja sebagai UX designer menjadi salah satu profesi yang banyak diminati oleh kalangan muda. Apakah Klobbers tertarik untuk mencobanya? Sebelum itu, kamu perlu tau apa itu UX design dan tugas seorang UX designer, disini! 

Apa itu UX Desain

UX desain mengacu pada keseluruhan proses merancang pengalaman yang ramah bagi pengguna selama menggunakan produk atau layanan di situs web, aplikasi, dan berbagai bentuk media online lainnya. UX desain mencakup semua elemen visual, fitur interaktif, arsitektur informasi, kegunaan, serta keseluruhan proses antarmuka antara pengguna dan platform digital yang digunakan. 

Pekerjaan UX designer menjadi bagian penting yang integral dari siklus hidup suatu produk. Membuat desain yang efektif untuk meningkatkan kenyamanan pengguna menjadi tujuan penting UX Designer.  Tentunya desain yang efektif adalah situs web yang menampilkan produk atau layanan dengan navigasi yang mudah, tautan ke informasi penting, FAQ yang menjelaskan produk atau layanan, dan kotak obrolan untuk bantuan.

Mengapa UX Desain Penting?

Pengguna ingin mengunjungi situs web dan aplikasi yang menarik secara estetika, informatif, dan dapat menjadi solusi untuk apa yang mereka cari. Apakah pengguna ingin meneliti produk, melacak aktivitas, atau melakukan pembelian, tentunya pengguna ingin mendapatkan solusi dengan mudah. UX desain hadir menjadi jawaban untuk apa yang diinginkan oleh pengguna ketika menggunakan produk atau layanan.  

UX desain mempertimbangkan sudut pandang pengguna di semua tahap pengembangan untuk mempromosikan keanggotaan, kepercayaan pelanggan, loyalitas, dan pembelian. UX Designer menggunakan penelitian, pengujian, dan umpan balik untuk menentukan fitur, fungsi, dan kualitas estetika mana yang menurut pengguna paling menarik dan meningkatkan produktivitas produk atau layanan. 

Apa Tugas UX Designer?

UX designer bertanggung jawab untuk membuat produk, layanan, dan teknologi yang akan dikembangkan dapat menciptakan kenyamanan bagi pengguna. Untuk itu adapun beberapa hal yang dilakukan oleh seorang UX designer untuk mewujudkan tujuan tersebut, yaitu: 

Melakukan evaluasi sistem

Jika ada sistem yang sudah dirancang atau digunakan, UX designer akan melakukan evaluasi untuk menentukan apakah tujuan sistem baru atau yang diperbarui sesuai dengan target yang disasar.

Pengujian A-B

UX designer menguji dua sistem yang berbeda satu sama lain atau dapat dikatakan menguji dua versi berbeda dari sistem yang sedang dikembangkan satu sama lain untuk menentukan mana yang berfungsi lebih baik atau mendapatkan respons pengguna yang lebih baik.

Survei tingkat kepuasaan pengguna

Dalam tahap proses pengembangan, UX designer juga melakukan survei kepada pengguna untuk mengumpulkan informasi tentang preferensi mereka.

Wireframing

Membuat sketsa halaman web atau aplikasi untuk merepresentasikan struktur, organisasi, dan navigasi secara visual sebelum membuat pilihan warna, tipografi, dan gambar.

Membuat prototipe

Untuk membantu menunjukkan bagaimana suatu produk akan terlihat secara nyata, UX  designer membuat model kerja produk baru atau revisi produk.

Membuat alur pengguna

UX designer menunjukkan bagaimana pengguna berpindah melalui sistem atau prosesnya seperti bagaimana pengguna dapat masuk dan melakukan navigasi di situs web untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Merancang pola

Dalam menganalisis banyak pengguna dan tindakan mereka, UX designer perlu mengidentifikasi pola penggunaan yang dapat mereka buat sebagai template sehingga menjadi solusi berulang untuk proyek mendatang.

Mengembangkan persona

Membuat persona pengguna untuk mengidentifikasi dan menganalisis kelemahan untuk membuat solusi desain.

Membuat inventaris konten

Membuat inventaris konten dalam daftar halaman situs atau aplikasi merupakan tugas UX designer yang membantu menentukan struktur dan organisasi produk.

Menerapkan panduan gaya

UX designer harus mengikuti panduan gaya produk untuk memastikan semua tetap pada alurnya saat meningkatkan produk yang ada atau membuat yang baru.

Melakukan analisis

Keputusan yang dibuat oleh UX designer didasarkan pada data, bukan opini. UX Designer menggunakan perangkat lunak analitik digital untuk melacak kunjungan pengguna, waktu keluar, waktu yang dihabiskan, navigasi, urutan penggunaan, pembelian, dan tindakan penting lainnya terkait dengan produk atau layanan.

Membuat laporan

UX designer perlu membuat laporan untuk berbagi terkait hasil analisis penggunaan produk atau layanan, memprediksi tingkat penggunaan dan membantu mengatur data pengguna.

Mengkomunikasikan spesifikasi

Spesifikasi adalah daftar persyaratan yang menjelaskan fungsi detail yang diperlukan dari suatu produk dan membantu transisi produk dari desain ke pengembangan.

Nah, gimana Klobbers apakah tertarik bekerja sebagai UX designer? 


Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.