Blog post

Mengatasi Perilaku Bullying di Tempat Kerja

29/11/2022Sandy Patricia

Hi Klobbers!

Bullying merupakan perilaku yang dapat merugikan orang lain. Bullying biasanya terjadi di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Tindakan bullying dapat berupa fisik maupun verbal. Bagi beberapa orang, mungkin bukan hal besar jika menerima kata-kata yang kurang baik. Namun, jika kamu tidak merasa nyaman dengan tindakan tersebut, bisa saja hal tersebut merupakan perilaku bullying. 

Salah satu tindakan bullying yang mungkin terjadi adalah di kantor. Tindakan ini dapat berupa pemberian beban kerja yang berlebih, menyebarkan gosip, atau memberi kritikan tanpa alasan yang jelas. 

Perilaku bullying bisa berdampak buruk bagi fisik dan juga kesehatan mental seseorang. Korban dari perilaku bullying merasa kepercayaan diri atau bahkan motivasi untuk bekerja berkurang. Selain itu, korban juga dapat mengalami stres, depresi dan gangguan kesehatan mental lainnya. 

Berikut merupakan tips untuk mengatasi perilaku bullying di tempat kerja. 

Catat dan Laporkan

Jika bullying bersifat verbal atau dilakukan melalui sosial media, kamu dapat menyimpan bukti tersebut agar bisa dilaporkan kepada pihak yang berwenang. Selain itu, kamu juga bisa mencatat perilaku bullying yang diberikan kepada kamu atau ketika kamu melihat orang lain mengalami perilaku bullying. 

Berbagi Masalah

Ceritakanlah masalah yang kamu alami ke orang terdekat, dengan bercerita kamu dapat meringankan beban pikiranmu dan juga menambah dukungan di tempat kerja. Jika kamu ragu terhadap apa yang kamu alami, kamu dapat bertanya ke rekan kerja yang kamu percayai. Dengan bercerita dan berbagi masalah, rekan kerjamu juga dapat mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dan menjadi saksi ketika melaporkan perilaku bullying. 

Cari dan Pahami Kebijakan Perusahaan

Jika kamu mengalami perilaku bullying di tempat kerja atau mengetahui seseorang yang mengalaminya, segera pelajari kebijakan perusahaan dan pahami, agar kamu bisa melaporkan perilaku bullying dengan protokol yang benar. 

Jika perusahaan tempat kamu bekerja tidak memiliki kebijakan atau perlu diperbarui, bicarakan dengan manajer atau departemen SDM kamu tentang menerapkan kebijakan perusahaan baru untuk melindungi karyawan dari perilaku bullying dan semacamnya.

Berikut merupakan tips untuk mengurangi perilaku bullying di tempat kerja, kamu bisa menyebarkan ini ke orang terdekat kamu, agar meningkatkan awareness mereka terhadap perilaku tersebut. Good Luck, Klobbers!

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.