Blog post

3 Hal Penting yang Harus Diingat saat Merantau

14/11/2022Dwi

Halo Klobbers!

Kesempatan menempuh pendidikan atau bekerja merantau mungkin menjadi hal yang diinginkan oleh sebagian orang, baik itu di luar kota bahkan hingga ke luar negeri. Tinggal di lingkungan yang baru, berkenalan dengan orang-orang baru, beradaptasi dengan bahasa atau budaya yang baru memang bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Meskipun demikian, merantau tentu memiliki tantangannya tersendiri. Jika kamu tidak memiliki sanak saudara di tempat perantauan atau tidak memiliki teman di sana, kamu akan dihadapkan pada situasi di mana kamu sendirian di lingkungan baru dan harus membangun koneksi sosial dengan orang-orang di sana.

Ini menjadi salah satu hal penting agar kamu bisa mendapatkan bantuan apabila terjadi masalah atau hal-hal yang tidak diinginkan di masa mendatang. Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang mungkin terlihat sepele, namun perlu diperhatikan agar kehidupan merantau kamu bisa lebih aman dan nyaman. Apa saja itu? Yuk, simak informasi berikut ini!

Menjaga Kesehatan

Apakah itu menempuh pendidikan atau bekerja, kamu akan menghadapi berbagai tugas atau aktivitas yang cukup menyita waktu. Biasanya, hal yang cukup sering terlewatkan karena berbagai kesibukan yang dijalani ialah pola makan yang sehat dan teratur. Padahal, ini menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan agar kamu bisa menjaga kesehatan dengan baik.

Mungkin kamu merasa malas untuk makan karena tidak adanya makanan yang tersedia sehingga perlu waktu dan usaha untuk membeli atau membuat makanan. Atau, makanan sudah tersedia, namun kamu memilih menunda makan hingga pekerjaan kamu selesai. Jika dibiarkan seperti itu, terlebih lagi dalam waktu yang lama, bisa-bisa mengganggu kesehatan kamu. Salah satu penyakit yang sering dikaitkan dengan terlambat makan ialah mag atau GERD.

Jika kamu lalai dalam menjaga kesehatan, dampaknya bukan hanya pada perkuliahan  atau pekerjaan, namun bisa mengganggu aktivitas kamu sehari-hari. Terlebih lagi di masa pandemi seperti ini, kamu perlu lebih waspada dan mematuhi protokol kesehatan.

Beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan antara lain dengan menjaga pola makan yang sehat dan teratur, rutin berolahraga, minum vitamin, dan istirahat yang cukup. Saat sedang merantau, kamu perlu lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam mengatur pola hidup serta berbagai aktivitas yang kamu lakukan. Sesuai dengan kata pepatah atau ungkapan yang sering kamu dengar, yaitu “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Oleh karena itu, jagalah kesehatan kamu dengan sebaik mungkin ya, Klobbers.

Bersosialisasi dengan Tetangga Sekitar

Ada berbagai pilihan tempat tinggal saat merantau, mulai dari tinggal di rumah sanak saudara, ngekos, sewa apartemen, hingga mengontrak rumah atau bahkan membeli hunian di lokasi perantauan. Apapun pilihan yang kamu ambil, hal yang jangan sampai terlewatkan ialah perlunya bersosialisasi dengan tetangga sekitar.

Beberapa pilihan tempat tinggal di atas, seperti kosan atau apartemen, mungkin lingkungannya akan sepi karena setiap orang punya kesibukan masing-masing sehingga jarang bertemu antara satu sama lain. Meskipun demikian, jangan sampai kamu tidak mengenal satu orang pun di lokasi sekitar kamu tinggal ya, Klobbers.

Jika baru pindah ke sana, sebaiknya kamu meluangkan waktu untuk berkenalan dengan tetangga sekitar. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui siapa saja tetangga terdekat dan mereka juga mengetahui bahwa kamu tinggal bersama mereka di lingkungan tersebut.

Mengapa penting? Hal ini dikarenakan tetangga sekitar merupakan salah satu orang terdekat yang bisa menolong kita jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja saat kamu jatuh sakit. Jika kamu memiliki teman-teman terdekat yang bisa dihubungi untuk dimintai bantuan, ini merupakan hal yang baik. Namun, terkadang teman-teman terdekat bisa saja tinggal di jarak yang cukup jauh dengan tempat tinggal kamu. Oleh karena itu, dalam keadaan genting atau dalam beberapa situasi lain, kamu bisa meminta bantuan kepada tetangga di sekitar kamu.

Mengelola Keuangan

Saat merantau, kamu dituntut untuk mandiri dan bisa mengelola keuangan dengan baik. Biasanya, saat menerima kiriman dari orang tua (untuk yang masih berkuliah) atau saat gajian merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu. Akan tetapi, mungkin ada banyak kebutuhan yang perlu dipenuhi dan berbagai keinginan yang ingin diwujudkan sehingga bisa membuat kamu lupa untuk mengelola keuangan dengan baik.

Nah, jangan sampai hal ini terjadi ya, Klobbers. Hidup bersama dengan keluarga akan jauh berbeda dengan kondisi di mana kamu harus hidup sendiri. Jika sebelumnya kamu tidak perlu mengkhawatirkan soal makan sehari-hari, tempat tinggal, dan lain sebagainya, maka saat memutuskan merantau dan hidup sendiri, semua hal tersebut menjadi tanggung jawab kamu. Jangan lupa juga menyiapkan dana darurat untuk mengantisipasi berbagai kejadian yang tidak terduga. Oleh karena itu, yuk atur keuangan kamu dengan baik, Klobbers!

Nah Klobbers, itulah beberapa hal penting yang perlu diingat saat kamu merantau. Menjalani hidup di perantauan menuntut kamu untuk lebih mandiri dan bertanggung jawab. Bukan hanya sekadar bertanggung jawab pada berbagai tugas maupun pekerjaan yang dimiliki, namun mampu bertanggung jawab untuk merawat diri sendiri, baik dari luar maupun dari dalam. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Klobbers. Stay safe and healthy!

Referensi:

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.