Blog post

Waktu Gajian: Tips Mengatur Keuangan

09/10/2022Rahmat S

Hi Klobbers!

Mengelola keuangan pribadi menjadi tantangan bagi sebagian besar orang, terutama saat hari gajian tiba, karena mengutamakan memenuhi keinginan untuk membeli sesuatu begitu menerima transfer gaji. Hal ini cenderung membuat kamu melupakan kebutuhan atau pengeluaran lain, dan terkadang membuat kamu mengabaikan bagian penting dimana kamu perlu menyimpan atau menginvestasikan sejumlah uang untuk masa yang akan datang. Sebagai akibatnya, kamu dapat mengalami stress karena tidak bisa mengontrol keuangan.

Eittsss … tapi jangan khawatir klobbers, berikut beberapa tips yang dapat kamu ikuti untuk membantu mengelola uang pas waktu gajian.

1. Ubah Kebiasaan Belanjamu

Mengelola uang di hari gajian menjadi rutinitas yang baik untuk kamu lakukan. Kamu perlu mengetahui pengeluaran apa saja yang kamu miliki saat ini dan apakah ada pengeluaran yang perlu diubah. Misalnya, jika kamu secara teratur menghabiskan setengah gajimu untuk membeli pakaian secara online segera setelah uang masuk ke rekeningmu, maka kamu mungkin perlu menilai kembali pengeluaran tersebut.

Kamu juga bisa mulai mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dengan melakukan kegiatan yang berbeda dan lebih murah, atau aktivitas yang kamu sukai yang tidak akan menguras tabunganmu. Awalnya mungkin tidak terbiasa, tapi lambat laun akan menjadi kebiasaan. Misalnya, jika kamu selalu membeli kopi dari kafe, kamu bisa mulai untuk membuat kopi sendiri di rumah. Uang yang terkumpul dari pengurangan pengeluaran yang tidak perlu dapat dimasukan kedalam tabungan. Jika kamu memiliki tabungan, hidup akan lebih nyaman. Tabungan juga dapat membantu kamu saat keadaan darurat atau mendesak.

2. Tentukan Skala Prioritas 

Membuat prioritas pengeluaranmu menjadi hal penting yang perlu kamu lakukan pada saat hari gajian. Ingat, jika kamu ingin mengelola uang dengan lebih cerdas, dan tidak terjebak dengan berbagai tagihan yang akan datang, pastikan untuk membayar hal-hal penting terlebih dahulu seperti biaya listrik, wifi, rumah dll.

Kamu dapat melakukannya dengan memisahkan dana untuk kebutuhan dan dana untuk keinginan. Selain itu cara lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat rencana pengeluaran, kamu harus sudah tahu apa saja yang mau dibeli dengan gaji yang akan kamu dapatkan.

3. Siapkan Dana Darurat 

Waktu gajian bukan hanya tentang menabung atau berinvestasi, ini juga tentang memastikan kamu akan baik-baik saja jika sesuatu yang tidak terduga terjadi. Bagi banyak orang, ini berarti memiliki dana darurat. Berbicara tentang dana darurat, terkait berapa banyak yang kamu perlukan akan berbeda-beda setiap orang. Namun demikian, ada baiknya untuk menyisihkan sebagian dari gajimu untuk kejutan tak terduga seperti kematian dalam keluarga, keadaan darurat medis, atau pembayaran lainnya.

Sumber

Sumber

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.