Blog post

Tips Menentukan Gaji yang Sesuai denganmu

13/11/2022Rahmat S

Hi, Klobbers! 

Apakah kamu masih kebingungan untuk menentukan besaran gaji yang sesuai dengan kemampuanmu? Besaran gaji yang didapatkan tentunya harus disesuaikan dengan tingkat pengalaman kerja, pendidikan, posisi kerja serta tugas yang diberikan. Kamu perlu tahu seberapa besar nilai dirimu dan manfaat yang dapat kamu berikan kepada perusahaan tempat kamu nantinya bekerja, sehingga kamu bisa menegosiasikan besaran gaji yang dapat kamu peroleh.

Yuk ikuti beberapa tips di bawah untuk menentukan besaran gaji yang dapat kamu peroleh  saat menerima tawaran pekerjaan.

Tinjau Tingkat Kemampuanmu

Pada saat menentukan gaji, harap baca deskripsi pekerjaan dengan cermat. Bandingkan dan cocokkan kemampuan yang kamu miliki dengan apa yang diharapkan oleh perusahaan. Jika kamu menemukan bahwa kamu memiliki semua atau salah satu kualifikasi yang tercantum, ini dapat menjadi tolak ukur kamu untuk menegosiasikan besaran gaji yang kamu terima nantinya.

Bandingkan dengan Gaji Rata-Rata pada Posisi yang Sama 

Kamu dapat mencari informasi terkait gaji rata-rata untuk posisi kamu baik secara online ataupun melalui pembicaraan dengan sesama rekan kerja pada posisi yang sama. Selain itu kamu juga dapat menggunakan standar nasional atau upah minimum regional yang berlaku di tempat kamu nantinya akan bekerja. Dengan mencari ini, kamu dapat menentukan kisaran gaji yang kamu dapatkan dari posisi tersebut.

Renungkan Keadaanmu Saat Ini

Sebelum mulai menegosiasikan gaji, kamu perlu memikirkan seberapa besar pengaruh yang kamu miliki. Jika mengambil pekerjaan ini adalah satu-satunya pilihan untuk kamu, mungkin kamu perlu sedikit lebih fleksibel dengan besaran gaji yang kamu terima. Sedangkan jika kamu memiliki beberapa tawaran pekerjaan lain untuk dipertimbangkan, maka kamu mungkin memiliki lebih banyak ruang untuk mendapatkan gaji yang lebih besar.

Pastikan kamu memikirkan gaji minimum yang dapat kamu terima, seiring dengan mempertimbangkan tingkat pengalaman yang kamu miliki serta biaya hidupmu. Memastikan gaji yang kamu terima nantinya dapat menutupi semua pengeluaranmu adalah prioritas utama saat menerima tawaran pekerjaan. 

Pertimbangkan Manfaat Lain

Kamu perlu untuk memahami informasi tentang manfaat lain yang ditawarkan oleh perusahaan dan syaratnya. Manfaat yang ditawarkan perusahaan juga dapat memiliki nilai moneter. Perusahaan dapat mengimbangi gaji yang lebih rendah dengan hal-hal seperti peningkatan liburan berbayar, makan siang dengan katering, dan acara khusus perusahaan. Meskipun tunjangan dapat menghemat cukup banyak uang, kamu perlu mempertimbangkan mana yang lebih penting, antara  tunjangan atau gaji yang kamu dapatkan. 

Jika kamu tidak dapat menegosiasikan gaji yang kamu inginkan, kamu mungkin dapat meminta tunjangan yang lebih baik. Selain itu kamu perlu mempertimbangkan kapasitas perusahaan tempat kamu bekerja nantinya, kamu dapat mengharapkan gaji yang lebih tinggi di perusahaan yang sudah mapan, sementara pemilik usaha kecil mungkin tidak dapat membayar kamu sebanyak itu.

Cari Informasi Melalui Rekan Kerja

Melalui pembicaraan dengan teman dekat dan koneksi yang kamu miliki, kamu dapat melihat besaran gaji dan manfaat seperti apa yang mereka peroleh pada posisi yang serupa. Pembicaraan terkait gaji mungkin masih dapat diterima oleh beberapa orang, namun  perlu diingat juga bahwa beberapa orang lainnya lebih suka merahasiakan informasi ini. Saat memulai percakapan, beri tahu mereka bahwa kamu hanya melakukan analisis untuk posisi pekerjaanmu nantinya. Hormatilah jika mereka memilih untuk menghindari pembicaraan terkait gaji mereka.

Gunakan Fitur untuk menghitung Besaran Gaji

Selain hal diatas, kamu dapat menggunakan fitur tertentu untuk menentukan besaran gaji untuk posisi tertentu. Di Klob kamu dapat melihat kisaran gaji yang dapat kamu peroleh, melalui fitur skala gaji. Kamu hanya perlu  memasukkan informasi tentang sektor industri yang kamu minati, area karier, posisi pekerjaan, dan pengalaman kamu bekerja. Setelah itu Kisaran gaji minimal sampai maksimal untuk posisi tertentu akan muncul. Ini dapat kamu gunakan sebagai acuan untuk menentukan besaran gaji yang kamu peroleh. 

Nah, itulah beberapa hal yang dapat kamu gunakan untuk menentukan besaran gaji yang kamu peroleh. Semoga membantu Klobbers!

Sumber  

Berikan Komentar

Your email address will not be published.