Blog post

Ketahui, Pertimbangan Perusahaan Memberikan Gaji!

13/11/2022Rahmat S

Hi, Klobbers! Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang hal-hal apa saja yang perlu kamu lakukan dalam menentukan gaji yang kamu peroleh. Nah pada artikel ini pokok pembahasannya hampir mirip yaitu faktor-faktor yang dipertimbangakan dalam menentukan gaji yang diperoleh, namun dari sudut pandang perusahaan. Kamu perlu tahu hal ini sebagai bahan pertimbangan juga ketika kamu melakukan negosiasi gaji. 

Pengalaman

Tingkat pengalaman adalah faktor utama dalam menentukan gaji yang kamu peroleh. Seringkali, perusahaan akan membuat daftar kisaran gaji dan menentukan berapa banyak yang harus dibayar berdasarkan latar belakang dan tingkat pengalaman yang dimiliki oleh seseorang. Misalnya, jika gaji untuk posisi human resource sebesar Rp5.000.000 sampai Rp7.000.000 per bulan, individu dengan lima tahun pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut dapat menerima gaji pada kisaran ujung atas, sedangkan individu dengan pengalaman dibawah lima tahun masuk dalam kategori gaji pada kisaran ujung bawah.

Posisi Pekerjaan

Posisi pekerjaan dengan sistem tingkatan seperti junior, senior, Head of, dan seterusnya merupakan faktor yang dipertimbangkan perusahaan saat menawarkan gaji kepada seseorang. Saat kamu melamar posisi pada tingkat senior, kamu cenderung menghasilkan lebih banyak daripada jika kamu bekerja di posisi pada tingkat junior. Hal ini karena ketika bekerja di peran tingkat yang lebih tinggi, kamu memiliki lebih banyak tanggung jawab. 

Level Perusahaan

Besaran gaji yang kamu peroleh juga bisa bergantung pada perusahaan tempat kamu bekerja. Jika kamu bekerja untuk perusahaan dengan tingkat perkembangan yang tinggi, hal ini memungkinkan kamu menghasilkan lebih banyak uang daripada bekerja untuk organisasi nirlaba. Sementara perusahaan cenderung mengikuti permintaan pasar dan gaji rata-rata yang berlaku di wilayah tersebut, keputusan ini pada akhirnya berada pada perusahaan. Ketika perusahaan ingin mencoba untuk mempekerjakan individu dengan bakat terbaik, perusahaan mungkin dapat menawarkan gaji yang lebih kompetitif.

Lokasi

Lokasi dimana kamu bekerja adalah faktor besar dalam gaji yang dapat ditawarkan oleh perusahaan. Karena biasanya biaya hidup yang dikeluarkan untuk tinggal di kota-kota besar lebih mahal, perusahaan di wilayah metropolitan akan membayar lebih banyak kepada karyawan mereka. Mempertimbangkan gaji yang kamu peroleh serta lokasi adalah bagian penting dalam menghitung biaya hidupmu. Semakin banyak pengeluaran seperti uang sewa kontrakan, bahan makanan dan biaya transportasi, semakin tinggi gaji yang mungkin kamu butuhkan.

Sumber  

Berikan Komentar

Your email address will not be published.