Blog post

Tips Untuk Meningkatkan Self-Organized

25/09/2022Sandy Patricia

Hai Klobbers! 

Pernahkah kamu merasa kesulitan mencari barang sendiri? Kamar yang berantakan, meja yang tidak rapi sampai kamu malas kedatangan tamu karena kondisi tersebut. Terkadang, file di laptop juga sulit untuk diorganisir, dan membutuhkan waktu lebih untuk mencari berkas penting. 

Kalau sudah mengalami hal tersebut, kamu jadi berandai-andai “kenapa ya aku kok orangnya berantakan?” “kapan aku bisa menjadi orang yang lebih terorganisir?

Di artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana Klobbers membangun karakteristik dari organized people. Klobbers juga akan mempelajari langkah-langkah agar menjadi orang yang lebih terorganisir. 

Pilih Fokus Area-Mu!

Keinginan untuk berubah menjadi lebih baik terkadang memaksa kita melakukan everything  at once. Nah, Klobbers jangan tergesa-gesa dulu ya. Kita lebih baik memilih salah satu target untuk dilakukan secara berkala agar terciptalah kebiasaan atau habit. 

Pilihlah kegiatan yang menurut kita dapat terkontrol, dan ketahuilah batas kemampuan dirimu. 

Setelah berhasil melakukannya, kamu dapat melanjutkan fokus area lainnya dan terbiasa menjadi orang yang ter-organized. Semakin kamu berlatih, semakin kamu menjadi expert dalam hal ini. 

To-Do List 

Penelitian di tahun 2016 mengatakan bahwa memiliki to do list dapat meningkatkan produktivitas. Dengan menuangkan tulisan ke dalam bentuk bullet points, kamu dapat meringankan beban pikiran, dan memperjelas tujuan dari apa yang ingin kamu kerjakan. [1

Mulailah menulis hal-hal kecil, agar kamu tidak mudah lupa, dan lebih teratur dalam mengerjakan pekerjaanmu. Jika kamu sering mengadakan diskusi mendadak, atau ingin menuliskan pemikiranmu secara cepat, kamu dapat memakai notes, reminder, atau aplikasi terkait to do list di handphone kamu.

Membiasakan diri dengan mencatat to do list, juga dapat memperjelas apa yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Walaupun kamu merasa akan tetap mengingatnya, atau tidak terlalu urgent, tetapi jika dibutuhkan, kebiasaan tersebut akan sangat membantu kamu. 

Tetapkan Goals-Mu

Menuliskan goals atau tujuan kamu, dapat membantu memperjelas urgensi. Namun, cobalah untuk memecah langkah-langkah yang dilakukan demi mencapai tujuan. Sebagai contoh, jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan, kamu dapat memulainya dari:

  1. Membuat atau memperbaiki CV terlebih dahulu
  2. Menuliskan daftar perusahaan impian
  3. Membuat follow-up emails

Ketika kamu memecah langkah demi langkah seperti di atas, kamu akan lebih mudah untuk melihat proses keberhasilanmu.

Menyingkirkan Hal yang Tidak Penting

Ketika kita menumpuk sampah, kita akan menciptakan suasana yang kurang enak dan bau yang tidak sedap. Sampah juga bisa berbentuk digital loh Klobbers, hal ini sering disebut sebagai digital clutter. Kamu bisa memulai untuk menghapus sampah digital mu, dengan cara menghapus aplikasi yang tidak terpakai di handphone kamu. Selain itu, kamu juga bisa memilih dokumen berupa foto atau video yang ingin kamu simpan dan yang ingin kamu pindahkan. 

Selain menghapus data yang tidak penting, kamu juga dapat menghapus data sensitif seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), passport, dan data lainnya, agar privacy mu tetap terjaga. 

Kembalikan Sesuatu Pada Tempatnya

Sering gak sih ngerasa udah beresin kamar, tapi lama kelamaan kamar tersebut kotor dan berantakan lagi. Nah, untuk kasus ini, Klobbers bisa mencoba hal yang sangat kecil namun sangat membantu kamu, yaitu mengembalikan barang pada tempatnya. 

Hal ini dapat membantu kamu menemukan barang mu sendiri, dan memudahkan kedepannya untuk kamu mencari barang tersebut saat membutuhkannya. 

Dengan menaruh barang pada tempatnya, kamu juga dapat mudah mengurangi kehilangan barang secara tiba-tiba. 

Menjadi terorganisasi, dapat mengatur kebersihan dan kerapihan storage mu. Hal tersebut juga membantu kamu lebih produktif, dan fokus ketika bekerja. Self organized dapat dilakukan demi menjaga kesehatan mental kamu juga loh Klobbers. Diantaranya, kamu dapat meredakan stres dan mengurangi kecemasan atau anxiety terhadap pekerjaan. 

Mulailah melakukan dari hal-hal kecil, agar kamu lebih disiplin dan menjadi potensi kebiasaan yang baik. Selamat mencoba tips ini ya Klobbers. Good Luck. 

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.