Blog post

Atur Finansial Goalsmu Sejak Dini dengan Cara-Cara ini

09/03/2022Nadine K

Bagi seorang fresh graduate dan pencari kerja yang memiliki sedikit pengalaman dan penghasilan, ketika diberikan pertanyaan “Apa financial goal-mu?,” hal ini mungkin akan sulit untuk dijawab. Namun demikian, menetapkan financial goals merupakan langkah penting menuju finansial yang aman dan sebaiknya dilakukan lebih cepat daripada ditunda. Namun, dari mana kita bisa memulainya?

Pertama-tama, yuk kenali dulu tiga kategori financial goal yang ada, yaitu: Tujuan Keuangan Jangka Pendek, Tujuan Keuangan Jangka Menengah, dan Tujuan Keuangan Jangka Panjang. Ketiganya adalah tujuan sensitif waktu yang dapat membantu dalam menentukan prioritas dan perencanaan finansial-mu. 

1. Tujuan Jangka Pendek (Short-Term Goals)

Ini adalah tujuan yang idealnya dapat dicapai dalam waktu kurang dari satu tahun dan dapat mencakup hal-hal seperti membeli gadget baru, perbaikan rumah, liburan dan melunasi utang-utang kecil. Sasaran jangka pendek memiliki cakupan yang sempit dan dapat digunakan sebagai indikator yang baik untuk melatih disiplin dan kemampuanmu dalam mengelola keuangan. Mencapai tujuan-tujuan ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri saat menetapkan tujuan jangka menengah dan panjang. 

2. Tujuan Jangka Menengah (Mid-Term Goals)

Ini adalah tujuan yang akan memakan waktu lebih dari satu tahun tetapi kurang dari lima tahun untuk dicapai. Kategori ini dapat mencakup hal-hal seperti memulai bisnis, merencanakan pernikahan, atau melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Tujuan jangka menengah membutuhkan lebih banyak strategi dan disiplin untuk dicapai dan bisa sulit dicapai tanpa sistem budgeting yang tepat. 

3. Tujuan Jangka Panjang (Long-Term Goals)

Ini adalah tujuan yang membutuhkan waktu lebih dari lima tahun untuk dicapai dan merupakan pembelian atau tabungan terbesar di hidupmu. Yang termasuk dalam kategori ini antara lain adalah tabungan untuk membeli rumah, tabungan untuk pendidikan anak-anak di masa depan, terutama dana pensiun. Rencana baik untuk mencapai tujuan-tujuan ini adalah mulai menabung dari sekarang juga beriringan dengan menabung untuk tujuan jangka menengah dan pendek, karena semakin lama kamu menabung semakin banyak bunga yang dapat kamu kumpulkan.

Selain mengenal tiga tipe tujuan finansial, ada lagi beberapa hal yang dapat kamu lakukan dalam upaya mencapai tujuan keuangan, diantaranya:

  • Pikirkan tentang personal goals-mu. Kehidupan seperti apa yang kamu ingin di masa depan? Karir seperti apa yang diinginkan? Apa hal yang paling penting bagimu saat ini?
  • Tulislah tujuan-tujuanmu dan pastikan untuk melacak kemajuan setidaknya sekali setahun.
  • Kembangkan keterampilanmu dan pelajari cara berinvestasi karena itu berpotensi menjadi sumber pendapatan tambahan bagimu.
  • Jika diperlukan, kamu juga bisa mencari asisten keuangan profesional yang bisa membantu mengelola keuangan.

Tidak semua rencana sempurna, kemajuan mungkin tidak selalu lurus, dan tujuan yang telah kamu tetapkan di awal ini dapat berubah seiring waktu, tetapi jika kamu tetap disiplin dan mulai menabung mulai hari ini, pasti kamu akan berada pada posisi lebih nyaman secara finansial hanya dalam jangka waktu beberapa tahun.

Berikan Komentar

Your email address will not be published.