Blog post

Tips Cara Mengembangkan Self-Confidence Kamu

25/09/2022Rahmat S

Hi, Klobbers!

Tahukah kamu bahwa kepercayaan atau keyakinan yang kamu miliki terhadap diri sendiri mempengaruhi performa kamu dalam bekerja? Sikap percaya diri sangat dibutuhkan dalam dunia kerja dengan iklim persaingan yang ketat. Kepercayaan diri dalam dunia kerja tentu tidak serta-merta muncul dalam diri sendiri tanpa adanya motivasi. Hal ini dipengaruhi oleh respon kritik dari lingkungan sosial, kemampuan belajar, serta pengambilan keputusan. Yuk! Intip tips mengembangkan kepercayaan dirimu, di sini!

1. Buat Rencana dan Target

Seberapa penting kamu harus membuat rencana dan target? Ya, tentu penting. Hal ini akan membuat kamu terbiasa menjadi individu yang terorganisir dan termotivasi untuk menjadi lebih baik. Tahukah kamu? Keyakinan dibangun di atas pencapaian. Kamu dapat memulainya dengan membuat rencana dan target harian. Jika target harianmu berhasil, kemungkinan kamu akan termotivasi untuk memulai memenuhi tujuan mingguan dan bulanan, yang akan membuatmu terus menjangkau target tahunan. Ingatlah! Kemajuan itu sifatnya bertahap, dan perubahan besar tidak terjadi hanya dalam semalam. Ketika kamu mampu membuat rencana dan mencapai target yang ingin kamu capai, kamu akan percaya diri dalam mengambil keputusan besar lainnya karena kamu ambisius dan yakin dapat memenuhinya. Cobalah untuk memulai membuat rencana dan targetmu sendiri.

2. Pantau Kemajuanmu

Kamu dapat mengetahui perkembanganmu dengan cara mengukur pencapaianmu. Hal ini dapat dilakukan dengan memantau apa yang sudah kamu lewati dalam mencapai tujuanmu. Sebagai contoh, kamu ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, atau kamu mencoba menerapkan pola hidup yang sehat? Kamu dapat mengukur pencapaianmu dengan melihat seberapa banyak lamaran yang kamu ajukan ke perusahaan, atau seberapa banyak kamu berolahraga, mengonsumsi makanan sehat. Kegiatan memantau pencapaianmu akan membantu kamu tetap fokus pada tujuanmu, dan kamu akan membangun kepercayaan diri saat melihat kemajuan yang kamu buat secara real time.  

3. Menentukan Tindakan yang tepat

Dalam mengambil tindakan, pertimbangan terhadap nilai yang kamu miliki menjadi hal penting yang harus kamu lakukan. Pertimbangan yang didasarkan pada nilai pribadi, membuat kamu lebih bangga dengan diri sendiri. Bahkan dalam situasi yang sulit dan kurang mendukung untuk kondisimu sekarang, kamu harus tetap berpegang teguh dengan nilai yang kamu miliki, demi kepentinganmu di masa depan.

4. Rajin berolahraga

Selain bermanfaat bagi kesehatan, olahraga dapat meningkatkan aspek kehidupanmu. Hal ini karena olahraga merupakan aktivitas yang akan membantumu meretensi memori, meningkatkan fokus, membantu mengelola stres dan mencegah depresi. Kamu akan memaksimalkan energimu untuk sesuatu yang lebih bermanfaat. Yuk! Mulailah aktif berolahraga dan ciptakan waktumu sendiri.

5. Jangan Takut dengan Kegagalan

Setiap orang sukses pada dasarnya memiliki rasa takut, namun mereka tetap memilih bekerja dan mengambil risiko. Hal ini karena mereka menempatkan capaian mereka di atas ketakutan yang mereka miliki. Mereka akan menganggap bahwa pencapaian tersebut adalah hal yang mendesak, sehingga harus segera diselesaikan. Besarnya keinginan kamu untuk mencapai tujuanmu akan menyingkirkan rasa takutmu terhadap kegagalan. Mulailah mengumpulkan keberanian yang kamu miliki dan teruslah berjalan.  

6. Berdiri Untuk Diri Sendiri

Ketika kamu sedang berproses menjadi lebih baik, tentu akan banyak rintangan yang menghampirimu. Salah satunya, pendapat orang lain tentang apa yang kamu lakukan. Kamu hanya perlu meyakini dirimu, bahwa pikiran mereka terhadapmu salah. Yakinkanlah mereka bahwa kamu percaya pada tujuan yang hendak kamu capai. Seorang aktor film 10 Things I Hate About You Heath Ledger mengatakan, “Jangan biarkan siapa pun, pernah membuatmu merasa seperti kamu tidak pantas mendapatkan apa yang kamu inginkan.” Yuk! Mulailah berdiri di atas keyakinanmu sendiri.

7. Jangan jadi Pengikut

Kamu berharga dengan segala yang kamu punya. Orang-orang akan menghormatimu ketika kamu mampu melakukan suatu pekerjaan yang sama dengan mereka dengan caramu sendiri. Hal ini akan membuatmu lebih mudah membangun kepercayaan dirimu sendiri karena kamu tahu bahwa kamu tidak takut dengan pekerjaan itu. Tindakanmu adalah manifestasi dari pikiranmu. Yuk perkuat rasa bangga dengan kualitas dirimu.

8. Berpikir Jangka Panjang

Sadarkah kamu? Tujuan besar membutuhkan pengorbanan yang juga besar. Ketika kamu berusaha untuk mencapai tujuanmu, maka kamu harus bersedia mengorbankan banyak hal untuk kepentingan pencapaianmu. Arti kata lain, kamu harus benar-benar mendisiplinkan dirimu. Percayalah pengorbananmu akan terbayar, dan kamu akan menuai kebaikan dari apa yang kamu tanam. Mulailah berpikir tujuan jangka panjang untuk kebahagiaanmu di masa depan dibandingkan kamu membuat keputusan yang akan membawamu kepada kebahagiaan jangka pendek.

9. Jangan Peduli Apa Yang Orang Lain Pikirkan

Ada orang yang akan hadir mengacaukan pikiranmu ketika kamu sedang berproses mencapai tujuanmu. Sebagai contoh penolakan dari atasan, sekolah, atau hanya umpan balik negatif dari teman atau keluarga. Sebagian orang mungkin akan meremehkan tujuan besarmu karena kamu dianggap tidak mampu melampauinya. Namun, kamu dapat mengantisipasinya dengan memberikan batasan dan ketegasan kepada mereka tentang tujuanmu. Percayalah waktu terus berjalan, dan roda kehidupan berputar, tidak ada hal yang tidak mungkin di dunia ini. Ingatlah! Tindakan manifestasi dari pikiran. Jika kamu pikir kamu bisa melakukannya, maka hal itu akan terjadi. Jangan dengarkan mereka, percaya pada diri sendiri dan terus berjalan.

10. Lakukan Lebih Banyak Hal yang Membuat Kamu Bahagia

Apa yang lebih penting dari kebahagiaanmu sendiri? Tentu menyenangkan jika kamu mampu mengambil waktumu sendiri. Ciptakanlah ruang untuk dirimu berbahagia dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai untuk kualitas hidup yang lebih baik.

Nah, Klobbers itulah 10 tips untuk kamu yang mau memulai membangun kepercayaan dirimu di dunia kerja. Selamat mencoba!

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.