Blog post

Pet Peeves Bekerja WFH : Apa Pendapat Mereka?

10/09/2022Sandy Patricia

Hi Klobbers!

Seringkali mendengar kata pet peeves di kalangan milenial, bikin jadi bertanya-tanya sama arti dari kata tersebut. Apa sih pet peeves itu? Pet peeves pada umumnya adalah sesuatu yang dapat membuat orang kesal atau menjengkelkan. 

..my biggest pet peeves is poor communication..” nah ini salah satu contohnya. 

Kalau gitu pasti setiap orang punya pet peeves nya masing-masing dong? Tentu saja! Kali ini kita akan membahas pet peeves saat bekerja terutama ketika Work From Home (WFH). Walaupun kegiatan WFH banyak memiliki keuntungan, tetapi ternyata gak sedikit loh yang merasa bahwa WFH juga menyulitkan kegiatan bekerja mereka. 

Menurut Premierinn.com terdapat 61% pekerja yang beranggapan bahwa perilaku menyebalkan mengarah pada “slow response”, 60% suara berisik ketika meeting, dan 59% pada perilaku makan ketika virtual meeting

Image Source: PremierInn Study 

Untuk merangkum dari apa yang ada pada gambar, yuk lihat lebih lanjut mengenai pet peeves yang sering terjadi saat Working From Home:

Rekan Kerja

Masalah yang sering terjadi bersama rekan kerja salah satunya adalah ketika mereka tidak melakukan pekerjaannya. Menjadi bagian dari suatu tim kerja, pekerjaan seharusnya lebih mudah dan tidak memakan waktu yang banyak. Namun, apa yang terjadi jika tim kamu malah gak ngerjain pekerjaannya? Wah, pastinya kamu bakal kewalahan, bahkan bekerja sendirian agar gak dimarahin sama bos. Pet peeves ini sering terjadi dan sulit sekali dikontrol di situasi WFH ini. Selain tidak mengerjakan pekerjaannya, hal menyebalkan yang terjadi di tim kerja yaitu ketika mereka suka meng-gossip dan menebar kebencian. Hal ini dapat mengganggu pekerjaan, dan malah gak fokus pada situasi bekerja di rumah. Selain mengganggu, tentunya menyebarkan hal yang belum tentu, akan berdampak pada sosialisasi di lingkungan kerja.

Ghosting

Berkaitan dengan poin pertama, kesulitan mengatur rekan kerja untuk mengerjakan pekerjaan sebelum deadline adalah – karena mereka seringkali menghilang atau biasa kita sebut dengan ghosting. Ghosting tidak hanya terjadi pada saat PDKT aja ya, Klobbers. Pada kasus bekerja, seringkali kita juga di ghosting dengan rekan kerja kita sendiri. Kalau bekerja secara langsung, tentu akan lebih mudah menegur dan mencari mereka ketika kita membutuhkannya dibanding ketika bekerja secara online.

Teknologi

Adanya wi-fi dan teknologi lainnya, tentu membantu kita untuk lebih mudah bekerja secara online. Selain mendekatkan yang jauh, teknologi juga membantu pekerjaan kita lebih cepat selesai. Namun, teknologi yang belum di update atau bermasalah, seringkali membuat kinerja kita menjadi lambat dan malah menambah kerjaan baru lagi. 

Bagaimana mengatasi pet peeves tersebut?

  1. Komunikasikan dengan rekan kerja dan atasan ketika sedang melakukan meeting atau evaluasi. 
  2. Berbicara secara private dengan anggota kerja kamu jika dirasa perlu. 
  3. Jujur dengan situasi yang menurut kamu annoying.
  4. Mempersiapkan tools kerja kamu dengan baik, dan cek apa saja yang masih kurang.
  5. Dokumentasi visual, mempersiapkan link, instruksi, dan sebagainya kepada tim kerja kamu.
  6. Diskusi secara langsung jika diperlukan, agar kesalahan di tim kerja tidak terulang ketika bekerja secara online.

Pekerjaan yang sempurna memang tidak ada, rekan kerja juga terkadang mengalami hari yang buruk dan dapat berdampak pada pekerjaan. Tidak ada salahnya jika kita menanyakan apa yang terjadi kepada rekan kerja kita, dan memberikan evaluasi kerja. Jangan lupa untuk mempersiapkan tools kerja kamu, dan siapkan “ruang” untuk kamu bekerja agar tidak ada gangguan dari luar. Good Luck!

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.