Blog post

Cara Mengatur Uang Saat Tanggal Tua

26/07/2022Nadine K

Banyak first-jobbers dan anak muda yang baru melangkah masuk dunia kerja merasa dibebaskan dengan kemampuan mereka untuk mencari uang sendiri. Namun, di masa-masa awal kariermu ini, memang lebih susah untuk menabung dan tidak aneh jika anak muda di posisimu hidup paycheck-to-paycheck. Memang sebaiknya kamu mempelajari dan menyiapkan rencana pengeluaran atau budget sebelum datangnya tanggal tua. Namun, jika kamu mengalami masalah finansial seperti situasi yang disebut, berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu mengatur uang terakhir kamu sebelum hari gajian berikutnya. 

1. Batasi pengeluaran

Ini mungkin tampak jelas, tetapi ketika kamu kekurangan uang pastikan untuk menetapkan batas pengeluaran kamu. Beberapa cara untuk melakukannya termasuk memasak lebih banyak daripada makan di luar atau delivery dan juga mencari alternatif untuk bergaul dengan teman-teman kamu yang tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Kamu juga dapat mencoba membatasi penggunaan data/internet kamu untuk memperpanjang penggunaannya paket data kamu. Ini semua, tentu saja, adalah cobaan untuk kontrol dan disiplin. 

2. Buatlah daftar prioritas 

Mengatur dan mengelola uang bukan berarti kamu tidak boleh mengeluarkan uang. Pastikan untuk melacak pengeluaran dan tagihan kamu dengan membuat daftar prioritas. Tagihan dan pengeluaran mana yang paling penting dan perlu dibayar dalam waktu cepat, mana yang benar-benar kamu perlukan untuk hidup sehari-hari, dan mana yang dapat kurangi untuk waktu yang singkat. Dengan membuat daftar ini, kamu akan menjadi lebih sadar akan kebiasaan pengeluaran kamu dan mulai belajar mengelola uang kamu dengan lebih baik.

3. Pastikan masih ada uang untuk ditabung

Jika kamu belum memisahkan uang pengeluaran dan uang tabungan kamu, segera melakukannya. Ini adalah langkah pertama kamu menuju kemandirian finansial dan membangun tabungan untuk masa depanmu. Sebisa mungkin usahakan untuk menyisihkan sebagian uangmu, meskipun jumlahnya kecil, untuk ditabung sebelum menerima gaji berikutnya. 

4. Jangan mengambil pinjaman yang kamu tidak yakin dapat kamu bayar kembali

Meskipun sering muncul godaan pinjaman uang untuk menutupi pengeluaran atau tagihan yang saat ini belum kamu mampu tutup, sebisa mungkin pastikan jumlah yang kamu pinjam masih masuk akal dan dapat kamu dengan mudah membayarnya kembali. Semakin banyak anak muda mulai kenal dengan kemudahan dan aksesibilitas aneka jasa pinjaman online (pinjol). Banyak dari anak-anak muda ini terjebak dalam hutang besar-besaran, karena mereka mengambil pinjaman yang tidak dapat mereka bayar kembali dan berusaha menutupinya dengan mengambil lebih banyak pinjaman.  

5. Mulailah membuat budget untuk gaji kamu berikutnya

Secara keseluruhan, cara terbaik untuk menghindari stres keuangan kamu di tanggal tua adalah dengan menyiapkan budget yang dapat kamu pertahankan untuk gaji kamu berikutnya dan semua gaji setelahnya. Tidak harus terlalu rumit, mulailah dengan memantau pengeluaranmu dan mengalokasikan sejumlah uang untuk setiap pengeluaran sekaligus menyisihkan sebagian untuk tabungan dan dana darurat kamu.

Pastikan untuk kelola uangmu dengan bijak, Klobbers!

sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.