Blog post

Manfaatkan Gaji Pertama dengan 3 hal ini

10/03/2022Nadine K

Salah satu momen paling berkesan dalam kehidupan para fresh-graduate adalah rasanya menerima gaji pertama. Akhirnya memiliki uang yang diperoleh dari kerja keras sendiri terasa begitu menyenangkan, namun dibalik itu pasti juga ada rasa kewalahan dengan apa yang harus dilakukan dengan gaji pertama kita. Haruskah kita menabung semuanya atau bolehkah kita checkout semua barang belanjaan yang ada di keranjang online shopping sekarang juga?

Gaji pertama hanyalah satu dari banyak yang akan kamu raih semasa perjalanan profesionalmu. Tapi yang paling penting, kamu bisa memastikan gaji pertama ini dipergunakan dengan bijak dan tidak disia-siakan.

1. Mulai Menabung

Kamu mungkin tergoda untuk menghabiskan seluruh gaji pertama dengan berbagai keinginanmu, tetapi ingat, selalu bijaksana untuk menabung sebagian dari gajimu. Mulailah dengan membuat rekening tabungan dan mentransfer persentase pendapatanmu ke dalamnya, berapa banyak yang kamu pilih untuk ditabung sepenuhnya terserah kamu, tetapi menyisihkan sebagian uang akan sangat bermanfaat dalam jangka panjang. 

Saat kamu menabung, pastikan juga untuk membuat rencana budgeting. Ini akan menjadi peganganmu yang bisa kamu pertahankan sepanjang hidup. Tentukan dari awal persentase yang akan ditabung, persentase untuk pengeluaran, dan persentase untuk hal-hal lainnya.

2. Melunasi Utang

Jika kamu memiliki utang sedikit apa pun, sebaiknya dengan masuk gaji pertama kamu mulai memikirkan bagaimana cara paling baik untuk mengatasi utang itu. Utang yang dimaksud dapat mencakup skema pay-later di platform online dan juga cicilan apa pun yang masih perlu dibayar. Semakin lama kamu menunggu untuk melunasi utang, semakin banyak utang akan menumpuk. 

Sebagian dari gajimu sebaiknya dialokasikan untuk melunasi utang-utang ini. Ingatlah untuk tidak menghabiskan semua uangmu sekaligus untuk membayar utang, karena pastinya ada kebutuhan dasar lainnya yang harus kamu tanggung baik untuk diri sendiri dan juga untuk mereka yang bergantung padamu secara finansial.

3. Traktir Diri Sendiri dan/atau Keluarga dan Teman

Tentu menabung dan melunasi utang itu penting untuk dilakukan, tetapi sama juga pentingnya untuk menikmati hasil dari kerja kerasmu sendiri. Tradisi yang sudah dialami kebanyakan fresh-graduate di Indonesia adalah mentraktir makan keluarga dan teman-teman dengan gaji pertama. Baik untuk menandakan langkah pertamamu ke dalam dunia kerja atau juga untuk berterima kasih kepada semua orang yang telah mendukungmu dalam perjalanan sampai ke titik ini, jangan lupa untuk merayakan pencapaianmu dengan orang-orang terdekat. Pastikan juga kamu memberi dirimu hadiah atas kerja kerasmu selama ini.

Ingatlah untuk tetap mengamati pengeluaranmu di acara-acara ini, karena sebesar keinginanmu untuk ingin mentraktir semua orang, kamu masih harus tetap disiplin dengan budget yang telah kamu rancang untuk diri sendiri. 

Apa yang kamu lakukan dengan gaji pertama tentunya terserah kamu. Pastinya semua orang mempunyai situasi finansial yang berbeda-beda, tetapi menabung, melunasi utang, dan merayakan pencapaian semua merupakan pilihan pintar dan valid. Bagi semua orang yang baru saja mulai menghasilkan uang sendiri, selamat! Semoga ini bisa menjadi langkah pertamamu menuju kemandirian finansial.

Berikan Komentar

Your email address will not be published.