Blog post

Tips Mengatur Keuangan untuk Kamu yang Jadi “Generasi Sandwich”

11/03/2022Arifa Dwiratri

Halo Klobbers! Pernah mendengar istilah “Generasi Sandwich”? Fenomena generasi sandwich tidak sedikit kita temui di lingkungan sekitar, atau mungkin saat ini ada yang sedang mengalaminya juga? Generasi sandwich adalah sebutan yang diberikan kepada individu yang harus mencukupi kebutuhan fisik, ekonomi, maupun psikologis banyak orang dalam waktu yang bersamaan. Mencakup diri sendiri, keluarga inti, dan orang tua.

Generasi Sandwich memiliki tantangan tersendiri dalam mengatur keuangan karena harus memenuhi kebutuhan banyak orang. Beberapa diantaranya adalah meningkatnya pengeluaran dan tekanan keuangan dari dua generasi yang bergantung, tertundanya perencanaan personal maupun profesional dalam kehidupan, dan banyak beberapa tantangan lainnya. Bagi mereka yang menjadi generasi sandwich, perencanaan keuangan sangat diperlukan dalam menjalani kehidupan. Yuk, simak tips mengatur keuangan berikut untuk kamu yang jadi generasi sandwich!

Mencatat Cashflow

Untuk Gen Z dan Millennials yang menjadi generasi sandwich namun belum terbiasa mengelola keuangan, kalian bisa memulainya dengan langkah sederhana yakni mencatat pengeluaran dan pemasukan sehari-hari. Dengan mencatatnya, kalian bisa tahu jumlah aset yang dimiliki, hutang (jika ada), dan dapat menjaga cashflow agar tetap positif dan kalian dapat mengetahui keberadaan uang kalian. Dengan mencatat cashflow, kalian bisa mengetahui uang kalian digunakan untuk apa dan bisa melakukan evaluasi apakah cashflow kalian perlu diperbaiki atau tidak.

Selektif dalam Melakukan Pengeluaran

Setelah melakukan pencatatan, kalian bisa mengetahui jumlah uang yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari. Sebagai generasi sandwich yang pengeluarannya bisa dikatakan double, sangat diperlukan kebijakan dalam penggunaan uang. Urutkan kebutuhan berdasarkan prioritas kepentingan, sehingga kalian bisa lebih selektif dalam mengeluarkan dan mengatur keuangan.

Mencari Side Hustle

Setelah mengetahui kebutuhan yang perlu dipenuhi oleh dua generasi, untuk memenuhi perencanaan-perencanaan lain yang bersifat personal dan membutuhkan dana biaya tambahan, Gen Z dan Millennials bisa mencari pendapatan tambahan di luar pendapatan pokok. Kalian bisa memanfaat hobi-hobi yang disukai untuk mencari uang tambahan. Untuk yang masih bingung dalam mencari side hustle, kalian bisa mencari informasi di jenis pekerjaan yang bisa berangkat dari hobimu sebagai refrensi untuk mencari keuntungan lain.

Nah, kalian Gen Z dan Millennials yang menjadi generasi sandwich, bisa mulai menerapkan tips-tips di atas untuk dapat mengatur keuangan dengan baik dan optimal. Menjadi generasi sandwich memang mungkin bukan hal yang mudah, namun tetap perlu dijalani dengan bijaksana agar keuangan kalian terjaga dan kehidupan bisa berjalan optimal. Semoga tips-tips diatas bisa membantu kalian dalam mengatur keuangan ya!

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.