Blog post

Tips Liburan Menyenangkan Tapi Tetap Irit

15/06/2022Dwi

Halo Klobbers!

Siapa nih Klobbers yang sudah punya rencana liburan atau traveling, namun tertunda karena situasi pandemi Covid-19 yang terjadi sejak tahun 2020 lalu? Melihat kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia yang terus membaik, pemerintah memberikan kelonggaran terhadap mobilitas domestik dan karantina pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) sehingga kesempatan untuk bisa mewujudkan rencana liburan impian semakin terbuka.  

Selain memperhatikan aspek regulasi yang mengatur kebijakan bepergian, ada hal penting lain yang jangan sampai Klobbers lupakan nih, yaitu budget untuk liburan. Jangan sampai kamu over budget saat berlibur, sehingga terpaksa menggunakan dana dari pos anggaran lain yang telah kamu persiapkan. Yuk, simak beberapa tips berikut ini untuk mempersiapkan liburan yang menyenangkan tapi tetap irit.

1. Memilih Wisata Domestik

Bepergian ke luar negeri merupakan hal yang menyenangkan dan terdengar keren bagi sebagian orang. Namun, destinasi wisata di Indonesia juga tidak kalah menarik lho, Klobbers! Bahkan, ada beberapa alasan mengapa wisata domestik juga bisa menjadi hal yang kamu prioritaskan

  • Indonesia memiliki berbagai destinasi wisata yang bahkan mampu memukau para wisatawan asing karena keindahannya. Beberapa destinasi yang paling populer ialah Bali, Lombok, Raja Ampat, dll. Atau, kamu juga bisa mengulik destinasi wisata menarik lainnya yang belum terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan. Jika ingin lebih menghemat budget transportasi, kamu juga bisa mencari tahu berbagai destinasi wisata terdekat dari tempat tinggal kamu. Nah, siap-siap untuk menemukan keindahan dari berbagai daerah di Indonesia ya, Klobbbers!
  • Kelebihan lain dari memilih wisata domestik ialah kamu tidak perlu mengurus dokumen administrasi seperti paspor dan visa yang dibutuhkan untuk perjalanan ke luar negeri, serta menukarkan mata uang. Dengan demikian, kamu dapat menghemat waktu dan tenaga karena berwisata di dalam negeri tidak membutuhkan hal-hal tersebut.
  • Selain itu, kamu juga berkontribusi untuk membantu perekonomian masyarakat daerah setempat lho, Klobbers! Saat mengunjungi objek wisata ke daerah tertentu, biasanya para wisatawan juga akan membeli berbagai oleh-oleh serta mencicipi berbagai kuliner lokal khas dari tempat tersebut. Dengan demikian, kamu bisa menikmati keindahan alam dan budaya Indonesia sembari memberikan kontribusi baik untuk kesejahteraan ekonomi penduduk setempat.

2. Mengatur Jumlah Peserta dan Waktu dengan Baik

Apabila kamu pergi liburan dengan teman-teman, biaya liburannya bisa menjadi lebih hemat. Pengeluaran yang tadinya harus dibayar satu orang, dapat dibagi ke beberapa peserta sekaligus. Biaya yang bisa dibagi antara lain saat memesan kamar hotel, penyewaan transportasi, atau jasa tour guide. Selain itu, perlu juga untuk mengatur waktu atau rencana perjalanan dengan tepat agar liburan bisa dinikmati dengan lebih efisien dan efektif. Apabila kamu banyak menunggu ataupun mengganti-ganti jadwal, bisa membuang-buang waktu dan berujung kepada pengeluaran yang tidak perlu.

3. Membuat Pembagian Anggaran Dana Liburan

Dilansir dari Finansialku.com, kamu bisa membagi budget liburan menjadi beberapa bagian, antara lain sebagai berikut:

  • Transportasi: 25%

Kamu perlu mempersiapkan 25% dari budget liburan untuk transportasi, seperti tiket pulang-pergi, serta perkiraan penggunaan transportasi selama di destinasi wisata. Jangan lupa untuk sering mengecek berbagai promo yang disediakan oleh travel agent atau travel fair agar kamu bisa membeli tiket lebih murah.

  • Akomodasi: 20%

Biasanya, akomodasi akan memakan 40% dari budget liburan. Namun, kamu bisa mencari waktu liburan dimana harga akomodasi menjadi lebih murah, seperti pada hari kerja ataupun off-season. Oleh karena itu, kamu harus cermat dalam memilih waktu berlibur yang tepat dan melakukan pemesanan hotel dari jauh-jauh hari agar bisa mendapatkan harga terbaik!

  • Makan dan minum: 20%

Kamu harus menghitung baik-baik dana untuk makan dan minum selama liburan dengan sebaik mungkin. Kamu juga bisa bertanya kepada penduduk lokal, apakah ada rekomendasi makanan yang patut kamu coba, namun harganya tetap ramah di kantong.

  • Oleh-Oleh: 20%

Jika membeli merchandise seperti kaus, tas, atau tumbler harganya terlalu mahal, kamu bisa mencari alternatif oleh-oleh yang harganya murah namun jumlahnya banyak. Apabila memungkinkan, kamu bisa membeli makanan khas daerah tersebut. Namun, harus dipastikan bahwa makanan tersebut bisa bertahan dalam waktu lama. Jika membeli dalam jumlah besar, kamu bisa mengemas ulang dengan rapi sebelum membagikannya kepada orang lain agar tetap terlihat bagus dan keren.

  • Dana Cadangan: 15%

Dana cadangan merupakan hal yang sangat penting karena menjadi penyelamat saat terjadi hal tak terduga selama liburan. Apabila tidak terpakai, kamu juga bisa menjadikannya sebagai uang tambahan atau bahkan sebagai tabungan.

Demikian beberapa tips agar kamu bisa berlibur dengan menyenangkan tapi tetap irit. Meskipun peraturan saat ini sudah semakin longgar, jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan tetap mematuhi protokol kesehatan ya Klobbers!

Comments (1)

  • Acid

    16/06/2022 at 12:43 am

    Info yang menarik, Jadi pengen hiling

Berikan Komentar

Your email address will not be published.